Mudik Tahun Ini Diprediksi Didominasi Oleh Kendaraan Pribadi
Mudik Tahun Ini Diprediksi Didominasi Oleh Kendaraan Pribadi

Mudik Tahun Ini Diprediksi Didominasi Oleh Kendaraan Pribadi

12 Apr 2022 | 11:00 WIB

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksi sekitar 40 juta orang akan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi. Survei potensi pemudik yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan juga menyebut bahwa pengguna kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor, akan mendominasi pergerakan mudik tahun ini.

 

Melihat informasi diatas, memang sih ya Sahabat kalau berkendara jauh itu paling enak naik kendaraan pribadi seperti mobil keluarga karena kita bisa merencanakan semuanya sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari berangkat malam, pagi, atau siang hari. Belum lagi kalau di tengah jalan mau berhenti sejenak ya tinggal menepi aja. 

 

Soal mudik pake kendaraan pribadi, Garasi.id punya rekomendasi mobil keluarga untuk mudik nih Sahabat.

 

5 Rekomendasi Mobil Keluarga untuk Mudik

 

1. All New Avanza

Pembuka daftar mobil keluarga murah yang menyenangkan untuk dibawa mudik adalah Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza. Mobil yang saat ini sering disebut sebagai All New Avanza setelah mendapatkan perubahan yang signifikan pada akhir tahun lalu.

Berbagai kelebihan dari segi kepraktisan dan kenyamanan, maka paling pas deh kalau all new Avanza jadi rekomendasi. 

 

Avanza terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist yang akan membantu berkendara di jalanan menanjak. Avanza yang saat ini mengandalkan mesin baru dan penggerak roda depan (FWD) lebih unggul dalam hal efisiensi dibandingkan model sebelumnya. All New Avanza saat ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 217 jutaan.

 

2. All New Xenia

Saudara kembar Avanza ini juga tak mau kalah dengan mendapatkan berbagai pembaruan di dalam maupun luar kendaraan. All New Xenia sama-sama mengenakan tampilan baru yang lebih maskulin serta berbagai peningkatan dalam hal performa mesin dan konsumsi bahan bakar, serta tambahan teknologi baru di dalam kabin.

 

Edisi terbaru dari Xenia menghadirkan head unit bergaya floating berukuran 9.0 inci dan tombol start/stop engine. Untuk kepraktisan, pengaturan kursi yang bisa dibuat rebah akan sangat membantu ketika harus berkendara jarak jauh. Bahkan Xenia terbaru sudah dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih milik Daihatsu, yaitu A.S.A, atau Advanced Safety Assist.

 

Nah buat Sahabat yang tertarik meminang All New Xenia, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 202 jutaan.


Mudik Tahun Ini Diprediksi Didominasi Oleh Kendaraan Pribadi

Suzuki Ertiga


 

3. Suzuki Ertiga

Kenyamanan merupakan keunggulan paling besar yang dirasakan oleh pemilik Suzuki Ertiga. Apalagi ruang di baris ketiga yang lega, sehingga membawa penumpang dewasa dalam perjalanan jauh tak membuat sakit pinggang. Membuatnya menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga terbaik untuk mudik tahun ini dengan segala keunggulannya.

 

Kelebihan Ertiga terlihat dari ruang kabin dan bagasi yang lega. Mobil ini mampu menampung berbagai barang yang akan dibawa pulang ke kampung halamanan atau kembali ke perantauan. Untuk masalah konsumsi bahan bakar, Ertiga pun tak kalah iritnya dibandingkan model MPV lainnya. Apalagi kekedapan dan suspensinya terasa menyenangkan pada saat menempuh jalanan bergelombang.

 

Harganya juga masih terjangkau di segmen Low MPV, bahkan lebih murah dibandingkan Avanza maupun Xenia terbaru. Banderol Rp 201 jutaan saja Sahabat bisa membawa pulang mobil ini. 

 

Mudik Tahun Ini Diprediksi Didominasi Oleh Kendaraan Pribadi

Toyota Calya


4. Toyota Calya

Satu lagi mobil Toyota yang bisa menjadi pilihan untuk sebuah mobil keluarga murah yang tak kalah enak ketika harus dibawa ke luar kota. Yang membuatnya menarik tentunya konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Jadi meski perjalanan jauh, biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar tidak begitu menguras kantong.

 

Ruang kabin yang terkesan ‘murah’ akibat banyaknya material plastik sebenarnya tak begitu mengganggu. Sedangkan ruang kabin cukup lega untuk menampung hingga tujuh orang. Walaupun untuk bangku baris ketiga lebih nyaman jika dihuni oleh penghuni anak-anak atau remaja. Akomodasinya cukup membantu, apalagi bagi pengemudi yang ingin membawa barang bawaan dengan jumlah yang besar.

 

Menghadapi jalanan menanjak memang bukan kekuatan terbesar mobil ini. Mengingat performanya lebih cocok ketika dibawa di jalanan perkotaan yang mulus. Tapi untuk perjalanan mudik yang tidak terlalu menantang, Calya masih cocok untuk menjadi alternatif pilihan. Harga mobil Calya baru saat ini mulai dari Rp 149 jutaan, membuatnya menjadi mobil termurah yang ada di daftar ini. 

 

5. Wuling Confero

Komitmen Wuling untuk mendobrak semua anggapan mengenai kekurangan mobil China patut diapresiasi. Termasuk ketika Wuling Motors memperkenalkan edisi terbaru Wuling Confero, MPV minimalis yang dipersiapkan untuk keluarga Indonesia. Meski secara popularitas masih tertinggal, performa dan kenyamanannya tak kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya asal Jepang maupun Korea Selatan.

 

Ketika dibawa berkendara, Confero yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter dan sistem penggerak roda belakang (RWD) mampu melibas tanjakan dengan mudah. Apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan Tire Monitoring System, sehingga bisa mengetahui kondisi tekanan ban agar berkendara jarak jauh semakin nyaman.

 

Dengan semua teknologi yang disematkan pada mobil ini, Wuling tetap mempertahankan harga yang terjangkau. Mengingat mobil ini sudah diproduksi di Indonesia, sehingga harganya bisa ditekan sedemikian rupa menjadi lebih murah. Harga Wuling Confero saat ini dibanderol mulai dari Rp 159 jutaan.

 

Itulah 5 rekomendasi mobil keluarga untuk mudik. Tapi perlu diingat ya Sahabat, apapun kendaraan pribadi yang digunakan mudik, Sahabat wajib banget melakukan pengecekan. Dan untuk urusan pengecekan kendaraan sebelum mudik, Sahabat bisa membeli voucher perawatan kendaraan di Garasi.id dengan klik link ini. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Apr 2022 | 10:20 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalamobilavanzatoyotaservismobil