Pilih Barang Sesuai Kebutuhan Mobil
Pilih Barang Sesuai Kebutuhan Mobil

Mulai Lengkapi Dari Sekarang, Barang Yang Wajib Ada Di Mobil!

10 Jun 2023 | 10:00 WIB

Barang yang wajib ada di mobil bukan sebatas ban cadangan atau dongkrak. Lebih dari itu, karena meliputi juga barang yang menjamin kenyamanan Sahabat selama berkendara. Salah satu cara untuk menikmati perjalanan berkendara baik jarak dekat atau jauh adalah dengan membuat suasana kabin mobil senyaman mungkin. Itu artinya kabin harus memiliki hal-hal yang Sahabat butuhkan.


Bukan berarti Sahabat mesti memasukkan dengan semua barang yang ada di rumah. Tapi cukup barang yang sifatnya esensial saja. Sebagian dari barang-barang ini akan diperlukan untuk membuat kabin selalu bersih, menjaga gadget Sahabat tak pernah kehabisan daya, dan sisanya akan berguna di situasi darurat.


Pilih Barang Sesuai Kebutuhan Mobil

Atur Barang Bawaan di Mobil


Mulai sekarang Sahabat bisa menjadikan daftar ini sebagai referensi melengkapi keperluan mobil kesayangan, baik dalam keadaan normal maupun sedang genting. Jika masih banyak barang yang belum dimiliki maka tak ada ruginya mulai mengusahakan keberadaannya satu per satu. Apa saja barang yang wajib ada di mobil? mari kita simak dibawah ini.


1. Kabel Jumper


Kabel jumper berguna ketika tiba-tiba mobil Sahabat mogok akibat masalah kelistrikan atau aki kehabisan tenaga listrik. Jika ada kabel jumper, kamu tidak perlu repot membuka aki. Sahabat bisa menggunakan teknik jumper hanya perlu menghubungkan kabel jumper dari aki mobil dengan aki mobil lain. Dengan begitu, mesin mobil akan menyala sehingga bisa memberi daya pada alternator untuk mengisi kembali energi pada aki.


Tidak Banyak Pengendara Mobil Simpan Kabel Jumper di Mobil

Tidak Banyak Pengendara Simpan Kabel Jumper di Mobil



2. Dongkrak, Ban Cadangan serta Kunci Roda


Selain ban, alat teknis yang harus dibawa dalam mobil adalah dongkrak dan kunci roda, Kedua alat ini sangat berguna dan membantu saat ingin mengganti ban.


Periksa Kelengkapan Dongkrak Mobil

Periksa Kelengkapan Dongkrak Mobil


3. Segitiga Pengaman


Barang yang wajib ada di mobil adalah safety triangle atau segitiga pengaman. Sahabat jangan khawatir, karena setiap mobil baru pasti akan mendapatkannya. Tapi bagi kamu yang belum memilikinya, barang ini bisa didapat dengan harga cukup terjangkau. Cara menggunakannya ialah dengan menaruh safety triangle setidaknya 3 meter di belakang mobil ketika sedang berhenti untuk situasi darurat.


Mulai Lengkapi Dari Sekarang, Barang Yang Wajib Ada Di Mobil!

Aturan Wajib Pakai Segitiga Pengaman Saat Kondisi Darurat


4. Charger Mobil USB


Pemilik kendaraan memang sebaiknya tidak bergantung pada listrik di mobil untuk mengisi daya baterai ponselnya. Hal itu dikarenakan arus listriknya yang bersifat naik turun. Tapi ada kalanya tak ada pilihan lain. Jika itu pilihan satu-satunya maka Sahabat membutuhkan adapter guna menghubungkan kabel USB ke power socket yang tersedia di dashbord. Beberapa model yang beredar memiliki output dua buah lubang kabel USB sehingga memungkinkan kamu melakukan pengisian daya beberapa gadget sekaligus.


Jangan Lakukan Pengisian Baterai HP di Mobil Terlalu Lama

Jangan Lakukan Pengisian Baterai HP di Mobil Terlalu Lama


5. Perlengkapan P3K


Faktanya keberadaan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sesuatu yang wajib sebab telah diatur dalam undang-undang. Lebih tepatnya Pasal 57 butir 3 huruf G Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Dalam peraturan tersebut fungsi P3K lebih ditekankan sebagai alat pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Itu berarti Sahabat mesti mengisinya dengan obat merah, kain kasa, plester, gunting dan sebagainya. Tapi selain itu kamu juga sebenarnya bisa mengisi kotak P3K dengan obat-obatan pribadi.


Cek Kelengkapan Kotak P3K

Cek Kelengkapan Kotak P3K


Sebenarnya masih banyak barang yang wajib dilengkapi, meskipun barang di mobil masih beberapanya saja tetapi peralatan ini wajib yang harus ada saat berkendara. Namun faktanya, masih banyak sekali orang-orang yang menyepelekan keberadaannya. Alasan yang paling umum karena membuat mobil menjadi lebih sempit dan malas mengeluarkan budget lebih. Sahabat tidak pernah tahu kapan keadaan darurat yang tidak diinginkan datang menimpa, saat tiba-tiba mogok dijalan dan jauh dari bengkel.


Jadi memiliki kendaraan yang nyaman harus selalu dibarengi dengan keamanan saat berkendara. Selamat berkendara Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Jun 2023 | 21:56 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifbarangmobilkabeljumperdongkrakSegitigapengamanchargerhpperlengkapanp3k
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family