Muscle dan Pony Car
Muscle Car vs Pony Car

Muscle Car dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

15 Mar 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Istilah muscle car dan pony car kerap tertukar dalam percakapan para penggemar otomotif roda empat. Biar makin paham, Sahabat Garasi perlu simak artikel berikut yang membahas perbedaan muscle dan pony car. Mulai dari fakta-fakta historis hingga hal teknis yang membedakannya.

"Mobil impian saya itu muscle car, seperti Ford Mustang atau Chevrolet Camaro," ucap seorang kawan seperti melansir dari laman CintaMobil.com ketika ia diminta menyebutkan mobil terbaik versi dirinya. Mendengar tipe-tipe mobil yang ia sebut, dirinya terlihat memiliki perhatian besar terhadap dunia otomotif. Karena setidaknya tahu kehebatan mobil-mobil itu hingga bisa menempel di kepalanya. Walau bisa dibilang ia tak memiliki gambaran pasti akan perbedaan muscle car dan pony car.

Muscle Car dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

Pengertian Pony Car

Pertama-tama kita akan mencari tahu pengertian pony car. Untuk itu kami akan mengajak Sahabat kembali ke tahun 1964 ketika Ford Mustang generasi pertama lahir menggebrak ranah otomotif Amerika. Hadir dengan desain bodi ringkas dan mesin bertenaga, Mustang tak butuh waktu lama untuk menjadi mobil terbaik di mata anak muda di sana. Minat konsumen pun kian besar karena harga Ford Mustang yang relatif terjangkau saat itu.

Ford Mustang sukses menjadi pionir kelas Pony Car saat peradaban otomotif di Amerika mengagungkan muscle car dengan bodi dan mesin berkapasitas super besar.

Mustang sukses besar di pasar dan berhasil menjadi pioner untuk segmennya sendiri, yaitu pony car. Nama itu digunakan karena alasan yang amat sederhana; "Mustang" adalah "kuda" dan bentuknya tergolong kecil maka disebut pony. Nah, secara natural pabrikan lain juga ingin mencicipi manisnya kue segmen tersebut. Maka muncul kompetitor-kompetitornya semacam Chevrolet Camaro atau Playmouth Barracuda.

Kala itu semuanya membawa racikan formula serupa, meliputi mesin small block V8 atau bahkan V-6 dan dimensi body yang ringkas. Secara garis besar, itu bisa dijadikan batasan definisi pony car. Atau kalau boleh disimpulkan, pony car adalah Ford Mustang dan para kompetitor langsungnya. Sederhana, bukan? Lalu bagaimana dengan perbedaan muscle car dan pony car?

Baca juga: Bedakan Mobil Antik, Vintage, dan Retro

Pengertian Muscle Car

Di lain sisi, muscle car adalah mobil-mobil yang memiliki dimensi ekstrior jauh lebih besar dan menggunakan big block V8, semacam Dodge Charger, Ford Galaxie, atau Chevrolet Impala. Perancangan mobil-mobil ini sangat mengacu pada performa mesin, terutama tarikan di lintasan lurus. Brand seolah-olah berusaha menancapkan mesin paling bertenaga yang mereka punya ke dalam body sebuah coupe.

Sampai di sini mungkin sudah terlihat jelas perbedaan muscle car dan pony car. Menurut penilaian kami, kedua istilah ini sering tertukar karena memang penampilan muscle car dan pony car sekilas terbilang mirip.

Di era modern ini ada anggapan cukup menarik yang melihat pembagian kategori atau perbedaan muscle car dan pony car tak lagi relevan. Alasannya, mobil-mobil di segmen tersebut kini sudah "keluar" dari pakem-pakem dasarnya. Pengadopsian teknologi otomotif terkini membuatnya justru lebih pantas disebut sportscar.

Berikut 3 Mobil Muscle Terbaik Sepanjang Masa

1. 1967 Pontiac GTO

Mobil muscle yang satu ini mempunyai tenaga mesin yang besar dalam sebuah blok mesin kecil yang berukuran sekitar 400 kubik yang bisa menghasilkan 255 tenaga kuda. bobot beban mobil ini pun tidak terlalu berat di bandingkan dengan mobil-mobil muscle yang lain bahkan ada yang mengatakan bahwa mobil muscle yang satu ini mempunyai body yang besar tetapi bobot akan beratnya tidaklah sesuai dengan mobil tersebut bahkan bisa dikatan mobil ini termasuk mobil muscle enteng yang mempunyai badan besar.

2. 1968 Plymouth Road Runner Hemi

Plymouth RoadRunner dikembangkan sebagai mobil harga pertengahan dan ditempatkan antara satelit dan Belvedere Model berbaris. Dibangun pada platform B-tubuh. RoadRunner adalah cahaya dan menampilkan beberapa fasilitas. Hal ini tidak hanya mendorong harga kendaraan ke wilayah yang paling mampu, tapi itu memberi keuntungan lebih kendaraan berat. Bagian depan dan belakang kursi berdua bangku. Tidak ada radio, tidak ada AC, tidak ada cruise control, tidak ada trim, dan sangat sedikit pilihan warna. Sebagian besar pilihan yang tersedia kecepatan dan percepatan.

3. 1969 Ford Mustang Boss 429

The Boss 429 adalah mobil muscle hasil dari kerajinan tangan. dimaksudkan semata-mata untuk memenuhi aturan homologating NASCAR. Coupe ini lebih panjang dari model sebelumnya dan memakai cembung dari pada cekung sisi "garis". Ford juga memperkenalkan model Grande mewah dilengkapi dengan panel kayu interior, jam kuarsa, dan 351 cid mesin Windsor.

Hanya tersedia dari tahun 1969 dan 1970, Boss 429 datang standar dengan Mustang SportsRoof (nama perusahaan baru untuk Fastback) dan mobil muscle baru versi Mach 1 interior deluxe. Ini memakai tidak ada decals norak dan skema cat setiap harinya. Kap mesin dan atap 15 di (380 mm) roda dilengkapi dengan ban Goodyear "Polyglas", dengan tulisan kecil "BOSS 429" decal pada setiap fender depan.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 19 Mar 2019 | 08:45 WIB
BAGIKAN