Sekring Mobil
Warna Sekring Mobil

Nih.. Warna-Warni Sekring yang Perlu Sahabat Ketahui

16 Okt 2018 | 17:00 WIB

Garasi.id - Sahabat Garasi mungkin saat ini belum mengetahui peran penting dari perangkat kecil pada mobil yang ternyata memiliki fungsi yang vital bagi sebuah kendaraan, yakni Sekring. Pasalnya jika tidak sesuai, dapat berisiko menimbulkan korsleting hingga kebakaran.

Di setiap kendaraan, sekring dengan bahasa Inggris fuse ini punya fungsi sebagai pemutus arus listrik yang melewati sekring tersebut, jika terjadi hubungan arus pendek secara tiba-tiba. Coba sahabat bayangkan peran penting dari perangkat kecil tersebut!

Nih.. Warna-Warni Sekring yang Perlu Sahabat Ketahui

Sedikit menilik lebih dalam, sekring di desain dengan warna yang bervariasi layaknya sebuah pelangi atau permen anak-anak. Namun dengan fungsi yang juga beragam sebagai pengaman pada sistem kelistrikan kendaraan. Warna-warnanya pun sengaja di desain sedemikian rupa, agar lebih mudah dikenali terkait spesifikasinya.

Yunanto Prawiro, Kepala Mekanik Bengkel Sejahtera Motor Abadi menjelaskan, "Fungsi sekring itu beragam, karena jika sudah putus biasanya kendaraan atau sistem kelistrikan tertentu tidak akan mau berfungsi. Jadi mau tak mau harus membeli dan mengganti sekring tersebut. Barulah sistem kelistrikan akan berfungsi kembali," ungkapnya.

Baca Juga : Atasi Switch Lampu Yang Lagi "Ngambek"

Selain itu tambah Yunanto, sekring sendiri ditawarkan dengan banderol yang cukup terjangkau, yakni sekira ribuan hingga belasan ribu Rupiah. Namun Sahabat sebaiknya jangan asal beli dan asal tancap. Hal tersebut untuk menghindari korsleting, karena dampaknya pun beragam seperti Ampere atau muatan listrik yang berlebihan.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini redaksi Garasi.id mencoba untuk merangkum angka-angka dan perbedaan warna pada sekring: 

  • Oranye mewakili 5 Ampere (A).
  • Merah mewakili 7,5 A atau 10 A.
  • Biru untuk 15A.
  • Kuning untuk sekring 20 A.
  • Bening atau jingga untuk sekring 25 A.
  • Hijau untuk 30 A.

Alangkah baiknya jika Sahabat untuk selalu membawa sekring cadangan, khususnya saat bepergian jauh, dan selalu pastikan spesifikasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kendaraan Sahabat ya![DeF]

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:30 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipswarnasekringvoltkorsletingkebakaranamangarasiidotomotif