Ganti Oli Mobil Secara Berkala
Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Oli Mesin Mobil Berkurang, Segera Cari Penyebabnya

26 Okt 2023 | 23:42 WIB

Ketika Sahabat berkendara dengan mobil kesayangan, hal penting yang harus kamu lakukan mengecek kondisi oli mobil secara rutin. Karena oli mobil berperan sebagai pelumas mesin agar tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen mesin. Efek buruk oli mobil yang telah kering bisa merusak komponen-komponen mobil dan bahkan akan mengganggu kenyamanan berkendara.


Hal ini tentu sangat membahayakan untuk keselamatan Sahabat. Dalam pemakaiannya, oli mobil akan mengalami penguapan sekitar 10 persen dari volume total. Apabila melebihi dari angka tersebut maka bisa dipastikan terdapat kerusakan.


Atasi Segera Oli Mobil Cepat Habis

Atasi Segera Jika Oli Mobil Cepat Habis


Bagaimana Sahabat, apakah kamu pernah bermasalah dengan oli yang cepat berkurang atau habis, padahal kamu rutin menggantinya? Kali ini kamu harus menemukan penyebabnya ya Sahabat, sehingga kamu tidak perlu lagi dipusingkan oleh masalah oli mesin berkurang. Apa saja penyebabnya? kamu bisa simak dibawah ini.


  • Cek Ring dan Piston Silinder 

Oli mesin mobil yang cepat habis biasanya disebabkan komponen seperti ring piston dan silinder yang sudah aus. Hal ini mengakibatkan oli mudah terbakar bersama bahan bakar di ruang bakar mesin.


Bila situasi ini berkelanjutan saat mesin mobil menyala, oli akan terus menyusut dan kemudian habis. Efek buruknya keluar asap berwarna putih yang diproduksi knalpot mobil yang merupakan tanda bahwa telah terjadi kebocoran oli dan masuk ke dalam piston.


Perhatikan Konisi Oli Mobil Sebelum Diganti

Perhatikan Kondisi Oli Mobil Sebelum Diganti


  • Sistem Pendingin Mesin Bermasalah

Salah satu penyebab oli mesin mobil cepat berkurang lainnya adalah terjadi kerusakan pada sistem pendingin mesin. Masalah pada sistem pendingin membuat mobil gagal meredam panas dengan baik. Suhu mesin yang terlalu panas menciptakan kondisi oli mudah menguap melalui lubang pernafasan mesin.


  • Seal dan Drain Plug Mesin Bocor

Sahabat juga harus rutin mengecek seal packing yang berada di antara sambungan mesin. Waktu pemakaian mobil yang sudah panjang bisa mengakibatkan bagian tersebut mengeras dan menyebabkan seal rentan sobek. 


Kebocoran pada seal berimbas pada kuantitas oli yang akan cepat berkurang saat mobil sedang digunakan. Kamu bisa mengetahui masalah ini dengan melihat sambungan mesin yang terlihat seal-nya. Jika terdapat rembesan oli, berarti penyebab oli mesin berkurang ada di bagian ini. 


Cara mengatasi kamu harus segera mengganti seal tersebut. Namun, jika masalah tetap berlanjut, ada kemungkinan bagian drain plug yang berfungsi untuk membuang oli mesin, yang mengalami kebocoran.


Untuk kondisi mendesak di tengah jalan, Sahabat bisa dilapisi selotip di bagian ulir blok mesin dengan drain plug sebagai langkah sementara untuk mencegah oli keluar. Tapi, tetap saja kamu harus segera membawa mobil kesayangan ke bengkel setelah sampai ke tujuan.


Hati-Hati Mesin Mobil mOgok di Jalan
Hati-Hati Mesin Panas, Mobil Mogok di Jalan

  • Ruang Bakar Mesin Bocor

Kebocoran pada ruang bakar mesin membuat oli bisa masuk ke dalam ruang bakar mesin. Jika Sahabat sedang memacu mobil dengan kecepatan tinggi, rembesan oli pun akan semakin banyak dan dalam waktu singkat oli mobil kesayangan kamu bisa habis.


  • Menggunakan Kualitas Oli yang Buruk

Saat membeli oli pastikan Sahabat memilih oli dengan kualitas nomor satu. Karena oli yang buruk cenderung tidak tahan terhadap panas dan dengan cepat akan memuai, terutama jika kamu melakukan perjalanan panjang non-stop.


Sederhananya, kamu juga harus jeli mengukur aktivitas harian mobil. Jika memang aktivitas pemakaian harian sudah cukup tinggi, jangan sekali-kali mencoba membeli oli dengan kualitas yang tidak jelas atau palsu. 


Gunakan Kualitas Oli Yang Asli

Gunakan Kualitas Oli Yang Asli


Ingat Sahabat, oli yang cepat berkurang dan habis akan berdampak pada kinerja seluruh mesin mobil kesayangan kamu. Jangan karena ingin berhemat sedikit tapi malah harus keluar banyak uang ke depannya. 


Penyebab oli mesin berkurang pun bisa datang dari perawatan di sembarang bengkel, karena bengkel yang terpercaya selalu menyediakan teknisi dan onderdil yang sesuai standar. Akhirnya, Sahabat akan menyesal karena harus mengeluarkan uang lebih lagi untuk memperbaiki mobil kesayangan kamu.


Oli Mesin Mobil Berkurang, Segera Cari Penyebabnya


Demi keamanan dan kenyamanan saat Sahabat berkendara, kamu harus rajin memeriksakan kondisi oli mobil kesayangan kamu di bengkel terpercaya yang ada di website www.Garasi.id. Sikat Promo Flash Sale Histeria dari Bengkel Bos yang berikan diskon hingga 10%. Nikmati jasa servis terbaik ganti oli, cuci mobil, jasa kuras matic, servis rem, spooring dan balancing biar mobil kesayangan Sahabat kembali optimal. Syarat dan ketentuan berlaku. Jika ada kendala, Tim Clara dari Garasi.id siap membantu.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Okt 2023 | 00:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifolimobilolimesinolibocorganti oliservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family