Sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang penting
Airbag merupakan fitur keselamatan saat kecelakaan

Padahal Mobil Baru, Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang

13 Agt 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN

Fitur airbag pada mobil merupakan salah satu komponen keselamatan pasif yang berguna meminimalisir cedera pada tubuh pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Namun tahukah kamu Sahabat, airbag tidak akan bekerja jika kamu tidak menggunakan sabuk pengaman. Walaupun begitu, jarang sekali ditemui kasus sebuah airbag mobil yang tidak mengembang. 

Meskipun begitu, terkadang ditemui kasus dimana airbag mobil tidak mengembang saat terjadi kecelakaan. Padahal, teknologi airbag adalah teknologi keamanan paling canggih yang akan berfungsi saat tabrakan, khususnya tabrakan frontal dari depan. Lalu, ko bisa teknologi keselamatan canggih itu tidak berfungsi ?

Padahal Mobil Baru, Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, patut diketahui bahwa sistem airbag mobil modern saat ini sudah dirancang terintegrasi dengan dengan sistem kelistrikan mobil. Sehingga, cara kerjanya pun secara elektronis. Jadi, kantung udara akan mengembang karena adanya sinyal listrik. Sinyal listrik ini sendiri didapat dari beberapa sensor yang bertugas memantau benturan di beberapa bagian bodi mobil. Biasanya penempatan sensor tersebut ada di bagian dalam bumper kiri dan kanan, serta ada di bawah dashboard. Dari ketiga sensor airbag di depan tersebut, kantung udara akan mengembang jika salah satu sensor membaca terjadinya benturan. Biasanya, airbag mobil baru akan mengembang pada kecepatan di atas 40 km/jam.


Baca juga: Tahu tidak bukan airbag jsutru seatbelt fitur keselamatan paling penting di mobil


Meski begitu ada beberapa catatan mengenai kondisi tabrakan seperti apa yang bisa mengakibatkan kantung udara mengembang. Satu contoh, jika benturan pada tidak terlalu pas dengan arah sensor, maka membutuhkan kecepatan lebih tinggi agar kantung udara bisa mengembang. Alasannya karena energi benturan akan terserap terlebih dahulu sebelum mencapai sensor.

Padahal Mobil Baru, Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang

Lalu bagaimana jika terjadi tabrakan dari sisi samping? Nah, mobil-mobil sekarang sudah dibekali curtain side airbag yang memungkinkan airbag di bagian sisi kabin penumpang mengembang ketika terjadi benturan dari samping. Nah, agar airbag mobil kamu selalu bekerja sesuai dengan fungsinya, hindari 2 hal dibawah ini.

Jangan mengubah sistem kelistrikan tanpa orang yang ahli

Mengutak atik sistem kelistrikan mobil karena ada sesuatu yang eror, mengganti atau memodifikasi audio hingga memasang aksesoris lampu tambahan bisa membuat airbag kamu tidak aktif lho Sahabat. Oleh karena itu, jika kamu menghadapi kerusakan pada masalah kelistrikan mobil, segera bawa ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi yang tepat.

Mengganti Setir

Mengganti setir merupakan hal yang sah-sah saja. Bisa saja setir yang lama sudah kusam sehingga kamu harus menggantinya untuk estetika dan kenyamanan. Tetapi jangan lupa saat melakukan perbaikan dan penggantian stir harus dilakukan secara hati-hati dan teknisi yang profesional.

Padahal Mobil Baru, Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang

Pastikan kabel-kabel yang terkoneksi pada setir dilepas secara perlahan dan ditandai sesuai tempatnya. Selain itu, pastikan mekanik melepas aki mobil terlebih dahulu agar selama penggantian stir atau perbaikan pada sistem kemudi tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan airbag tidak berfungsi.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 13 Agt 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN