Transmisi mobil matik
Transmisi mobil matik

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

26 Agt 2021 | 11:00 WIB

Mobil yang dibekali sistem transmisi mobil otomatis atau yang biasa Sahabat sebut sebagai mobil matic semakin berkembang dari waktu ke waktu. Banyak sekali alasan yang menjadi dasar seseorang untuk memilih mobil bertransmisi otomatis ketimbang manual. 

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Tahukah kalian bahwa mobil transmisi otomatis atau transmisi matik merupakan perkembangan dari jenis transmisi manual, jadi secara teknologi, transmisi mobil matik lebih modern. Seperti dilansir Hyundaimobil.co.id, sistem transmisi otomatis pertama kali lahir di Amerika pada tahun 1904, Sturtevant bersaudara diminta merancang transmisi untuk sebuah mobil sangat sederhana yang dijuluki Horseless Carriage dan teknisi ini akhirnya menciptakan sebuah transmisi dua percepatan yang mampu berpindah sendiri.

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Pada zaman itu, penemuan transmisi mobil otomatis ini sangat spektakuler namun kurang dihargai. Pasalnya saat itu manusia masih dalam taraf belajar menjalankan mobil yang merupakan ciptaan baru, sehingga fokus pengemudi lebih kepada menjalankan mobil ini.

Namun siapa sangka, berangkat dari penemuan sederhana ini, transmisi mobil otomatis mengalami kemajuan sangat pesat dan menjadi begitu populer di muka bumi. Bahkan saat ini transmisi otomatis sudah mampu mengalahkan kemampuan manusia dalam kecepatan serta akurasi perpindahan gigi.

Gejala transmisi mobil matik bermasalah

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Tidak berbeda dari mobil dengan transmisi manual, transmisi mobil matik juga punya kendala yang bisa mengganggu perjalanan lho Sahabat. Masalah akan bertambah runyam apabila pemilik mobil tidak melakukan perawatan rutin. Performa kendaraan tentu tidak lagi maksimal bahkan bisa terjadi kerusakan. Oleh karena itu, Sahabat mesti mengetahui masalah-masalah yang sering terjadi pada mobil transmisi otomatis dan bagaimana cara mengatasinya.

Transmisi mobil kasar ketika perpindahan gigi

Masalah transmisi mobil kasar ketika perpindahan gigi bisa dideteksi oleh pengemudi dengan mudah. Saat memasukkan gigi atau menginjak pedal gas dalam-dalam, Sahabat tentu dapat merasakan hentakan ketika mobil melaju. Apabila sentakan tersebut kamu rasakan namun perpindahan tuas masih mulus, artinya mobil Sahabat masih dalam keadaan baik.

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Jika sentakan tersebut terasa kasar, bahkan terasa seperti ada yang mendorong mobil, Sahabat harus mulai cemas. Lebih baik Sahabat segera membawa mobil matik ke bengkel untuk pemeriksaan transmisi mobil lebih lanjut. Ingat, jangan pernah meremehkan rasa tidak wajar sekecil apa pun.

Getaran tidak wajar di mobil

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Sahabat perlu mengingat-ingat sensasi berkendara saat mobil Sahabat masih dalam keadaan prima. Ketika getaran ini menimbulkan efek seperti mobil merinding, Sahabat harus segera melakukan pemeriksaan. Getaran pada kendaraan adalah hal yang normal terjadi karena mesin mobil dalam keadaan bekerja. Namun, apabila getaran tersebut terasa mengganggu, bisa jadi ada masalah pada sistem transmisi mobil Sahabat. Getaran tidak wajar ini juga bisa disebabkan oleh gesekan pada kopling yang sudah mulai aus.

Sulit memindahkan tuas transmisi

Ada kalanya mobil matik Sahabat tidak mampu melakukan perpindahan gigi. Gagalnya perpindahan gigi bisa disebabkan oleh adanya kendala pada switch dari sistem transmisi mobil Sahabat. Hal ini membuat posisi tuas transmisi tersangkut dan sulit dipindahkan. Bisa jadi, setelah beberapa kali akhirnya gigi dapat dipindahkan. Namun, jika Sahabat tidak langsung menanggapi serius masalah ini, kondisi mobil akan semakin parah.

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Sahabat sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk segera dianalisis apakah transmisi mobil kamu harus di-overhaul atau tidak. Namun, kamu juga bisa memeriksa switch rem terlebih dulu. 

Gigi tidak mengikuti perpindahan mode transmisi mobil

Pernahkah Sahabat mengalami gejala ketika mengubah mode transmisi mobil tetapi gigi tidak ikut berpindah? Ya, tidak hanya tuas gigi yang bisa mengalami masalah. Gigi pada sistem transmisi juga bisa mengalami kendala seperti tidak bisa dipindah-pindahkan.

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Jika mengalami masalah tersebut, Sahabat harus memeriksa gearbox mobil. Bisa saja, kabel di dalamnya mengelupas atau bahkan putus. Apabila kabel gearbox mengalami kendala, lengan pada gearbox tidak ikut berpindah sehingga gigi gagal mengikuti tuas transmisi.

Sulit memundurkan mobil

Apabila mesin mobil Sahabat mengalami kerusakan yang cukup parah, masalah yang terjadi akan jauh lebih banyak dan kompleks. Salah satu kerusakan yang sering menimpa transmisi mobil matic adalah kesulitan menggunakan gigi mundur. Tentunya, masalah ini tidak boleh Sahabat remehkan begitu saja karena berpengaruh besar pada pengalaman berkendara kamu, khususnya saat harus parkir.

5 Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matik

Biasanya, kesulitan memundurkan mobil disebabkan oleh kerusakan pada sistem mekanik transmisi mobil otomatis. Untuk mencegahnya, Sahabat tentu wajib melakukan pemeriksaan berkala mobil matic kamu. Apabila kerusakan tersebut terlanjur terjadi, Sahabat sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel resmi.

Meski terkesan lebih praktis ketimbang transmisi mobil manual, mobil matic juga punya kendala yang bila tidak ditangani dengan tepat bisa merepotkan. Apabila Sahabat tidak mencermati kondisi mobil, performa kendaraan tidak lagi maksimal dan perjalanan justru akan terganggu.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Agt 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsbelimobilbarubekasperawatanmatikmanualtransmisipedalamanpolisigarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family