Jika mengantuk isitirahatlah daripada harus memaksakan menyetir
Posisi tangan, posisi duduk dan posisi kaki yang baik dan benar akan membuat perjalanan Sahabat selalu aman

Pahami Posisi Berkendara yang Baik dan Benar

19 Jun 2019 | 11:32 WIB
BAGIKAN

Mengemudikan mobil, apalagi untuk jarak yang jauh maupun cukup lama adalah kegiatan yang melelahkan bukan ? Oleh karena itu alangkah baiknya jika Sahabat khususnya pengemudi terlebih dahulu menyesuaikan diri agar mendapatkan posisi berkendara yang nyaman. Mencari pengaturan posisi duduk yang ideal susah-susah gampang loh. Tidak semua mobil memiliki posisi yang pas dan sama dengan posisi ideal kamu, dibutuhkan proses penyesuaian lagi. 

Dengan menemukan posisi yang nyaman, sudah tentu Sahabat akan mengemudikan mobil dengan benar. 

Seperti yang dilansir oleh Nissan.co.id, pada dasarnya para pengemudi wajib memperoleh 3K dalam berkendara : Komunikasi, Kenyamanan dan Kontrol. Posisi duduk ketika mengemudi, jarak jangkauan tangan ke kemudi dan kaki terhadap pedal adalah kunci menentukan posisi mengemudi yang benar. Lalu bagaimanakah posisi mengemudi yang baik dan benar tersebut ? Mari simak penjelasan berikut ini :


Posisi Duduk yang Nyaman

Ketika Sahabat akan pergi mengemudi, kamu dapat mengatur penyesuaian yang nyaman dimulai dari mengatur jangkauan kaki terhadap pedal. Kaki harus dapat menjangkau pedal gas atau rem secara keseluruhan. Kemudian aturlah derajat sandaran punggung dengan meletakkan salah satu tangan di arah jam 12 kemudi dengan posisi yang lurus. Jika sandaran belum merata dengan punggung, aturlah hingga sandaran merata dengan punggung kamu. Ini adalah titik terjauh / maksimal di lingkaran kemudi yang harus dapat kita pegang, jika tidak Sahabat pasti tidak akan nyaman ketika bermanuver saat berkendara. Jika ada pengatur ketinggian kursi, jangan lupa untuk mengaturnya agar Sahabat mendapatkan pandangan visual yang maksimum ketika berkendara. 

Pahami Posisi Berkendara yang Baik dan Benar

Setelah itu kamu bisa mengatur penyesuaian pada ketinggian headrest sesuai dengan postur tinggi badan kamu, mengatur seluruh posisi kaca spion kiri kanan dan bagian dalam. Terakhir jangan lupa untuk mengenakan sabuk keselamatan sebelum berkendara.

Posisi Tangan yang Baik dan Benar

Untuk menjelaskan posisi tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan bahasa jam. Selalu ingat, posisi tangan berkendara yang benar adalah berada pada jam 9-3 atau 10-2. Sebenarnya posisi 10-2 tidak terlalu dianjurkan namun masih bisa ditoleransi, posisi 9-3 adalah yang paling benar. Kenapa ? Karena ketika Sahabat memposisikan tangan di 9-3, kamu memiliki kendali penuh atas kendaraan, selain itu konsol-konsol pada kemudi dapat dengan mudah kamu gunakan. Jangan pernah mengemudi dengan menggunakan satu tangan, kedua tangan berkumpul di dalam satu titik kemudi, menggunakan aksesoris di kemudi, dan memposisikan tangan di dalam lingkar kemudi.

Pahami Posisi Berkendara yang Baik dan Benar

Posisi Kaki.

Saat ini hampir seluruh mobil yang ada di pasaran merupakan mobil matic. Untuk menggunakan mobil matic, kaki kiri Sahabat diletakkan pada footrest yang sudah tersedia sehingga untuk mengoperasikan pedal gas dan rem hanya menggunakan kaki kanan saja. Posisi kaki kanan yang baik dan benar adalah tegak lurus di pedal rem dan sedikit miring ke arah kanan ketika menginjak pedal gas dengan tumit yang menempel dengan lantai mobil. Jangan pernah melakukan pengereman dengan kaki kiri kecuali Sahabat memang sudah terbiasa dengan itu seperti pembalap mobil pada umumnya.

Memposisikan tubuh secara baik dan benar akan membantu Sahabat dalam meningkatkan keamanan dalam mengendarai mobil. Akan lebih baik jika Sahabat mengemudi dengan nyaman di dalam mobil-mobil pilihan di Garasi.id. Mobil-mobil pilihan Garasi.id merupakan mobil-mobil yang telah melewati tahap inspeksi mendetail di 170 titik. Selain itu, kilometer yang rendah dan kondisi mobil yang prima akan memberikan ekstra kenyamanan selama berkendara. Kenyamanan Sahabat juga akan semakin sempurna dengan promo-promo menarik dan hadiah jutaan rupiah dari Garasi.id. 


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Jun 2019 | 18:32 WIB
BAGIKAN