Model mobil di Indonesia yang undur diri
Model mobil di Indonesia yang undur diri

Pamit! 7 Model Mobil Ini Undur Diri Dari Pasar Otomotif Indonesia

21 Mar 2022 | 11:00 WIB

Penjualan mobil di Indonesia memiliki persaingan yang sangat ketat, saking ketatnya awal tahun 2022 banyak berbagai model mobil akhirnya tumbang. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari penjualan yang terus menurun hingga krisis semikonduktor.

3 model mobil yang resmi mengundurkan diri dari persaingan di pasar otomotif Indonesia merupakan model-model SUV yang sejatinya punya prospek cerah untuk terus bersaing. Tetapi pada kenyataanya, penjualan ketiga mobil itu justru tak menggembirakan dan kalah bersaing dengan pemain lainnya. Lantas, apa saja 3 model mobil yang resmi pamit di awal 2022 itu? Berikut lengkapnya.

Mitsubishi Eclipse Cross

Mobil pertama yang resmi pamit dari pasar Indonesia pada 2022 ini, yaitu Mitsubishi Eclipse Cross. Berdasarkan pengumuman yang diberikan oleh PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), penjualan dan keran impor Eclipse Cross resmi dihentikan sejak awal Maret 2022.

Faktor krisis semikonduktor yang masih terjadi di industri otomotif global, disebutkan Mitsubishi jadi penyebabnya.

"Terhitung sejak Maret 2022 MMKSI telah menghentikan impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk Pasar Indonesia dikarenakan berbagai macam kondisi dan pertimbangan," jelas President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura yang dilansir dari kumparan.

Tidak hanya itu, bila melihat data penjualannya, memang penjualan Eclipse Cross terus mengalami penurunan sejak awal meluncur pada 2019. Tercatat sejak pertama kali meluncur hingga resmi pamit, SUV kompak itu hanya membukukan penjualan 1.519 unit.

Toyota C-HR bensin

Selanjutnya ada SUV kompak lainnya, yaitu Toyota C-HR. Sama seperti Eclipse Cross, penyetopan penjualan C-HR bensin diprediksi sudah terjadi sejak awal Maret 2022.

Penyetopan penjualan C-HR bensin ini memang terbilang wajar. Sebab bila melihat data penjualannya, penjualan C-HR bensin terus mengalami penurunan sejak hadirnya varian hybrid pada 2019.

Ya, sejak 2019 hingga 2021, Toyota C-HR bensin hanya mampu terjual sebanyak 196 unit. Angka itu jelas lebih kecil bila dibandingkan C-HR hybrid yang mampu membukukan angka penjualan hingga 603 unit.

Toyota Corolla Cross bensin

Menyusul C-HR bensin, Toyota rupanya juga ikut menghentikan penjualan Corolla Cross bermesin bensin. Lagi-lagi, faktor penjualannya yang kurang begitu baik dibandingkan versi hybrid-nya, jadi alasan distopnya penjualan Corolla Cross bensin.

Bicara soal angka penjualannya, Corolla Cross bensin hanya mampu mencatatkan angka penjualan sejak meluncur pada 2020 hingga 2022 sebanyak 664 unit. Ini jelas jauh lebih sedikit dibandingkan model hybridnya yang mampu menorehkan 1.980 unit.


Sebelumnya pada tahun 2021 sudah ada juga beberapa model mobil di Indonesia yang pamit. Sebagai pengingat mari kita bahas juga model mobil yang sudah pamit lebih dulu di tahun 2021.


1. Mitsubishi Outlander Sport

Bila kita mencari di situs resmi Mitsubishi-motors.co.id, Outlander Sport tidak lagi tercantum dalam lini produk mobil Mitsubishi di tanah air pada bulan Februari 2021. Memang di negara tetangga Malaysia, Outlander Sport sudah mendapatkan facelift sejak tahun 2020 lalu.

Sedangkan terakhir dipasarkan di Indonesia, Outlander Sport masih merupakan versi terdahulu yang belum mendapatkan penyegaran. Selain itu, sosok Outlander Sport seakan-akan mendapatkan penggantinya di Indonesia dengan hadirnya Eclipse Cross pada tahun 2019 lalu.

2. Isuzu Panther

MPV yang cukup melegenda di Indonesia ini juga pamit pada pembukaan tahun 2021. Salah satu alasan kuatnya adalah Panther tidak lagi memenuhi standar emisi di Indonesia.

Namun pihak Isuzu Astra Motor Indonesia mengungkapkan alasan lain, yakni pihaknya ingin memfokuskan diri pada segmen komersial.

3. Nissan Terra

Salah satu kabar yang mengejutkan adalah hilangnya Terra pada situs resmi Nissan. Padahal, mobil ini baru saja hadir di Indonesia pada tahun 2018 lalu.

Jika melihat spesifikasi global, Terra memang baru saja mendapatkan facelift. Penyegarannya cukup menyeluruh, dari mulai desain eksterior, interior dan juga fitur-fitur baru.

4. Honda Jazz

Hilangnya Honda Jazz tentu saja menjadi kabar yang mengejutkan bagi masyarakat Indonesia. Tentu saja ada beberapa alasannya. Honda Jazz sendiri menjadi hatchback fenomenal di Indonesia karena merupakan salah satu pencetus segmen di tahun 2003.

Jazz seakan memiliki fans tersendiri terutama kaum kawula muda. Namun, dengan hadirnya City Hatchback, maka Honda Jazz juga resmi pamit dari Indonesia.

Nah Sahabat itulah 7 model mobil yang resmi pamit dari pasar otomotif Indonesia dari rentang tahun 2021 hingga awal tahun 2022.



Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 21 Mar 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

Beritatipsotomotifmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family