Audio Mobil
Head Unit Mobil

Pasang Head Unit Mobil Tidak Perlu ke Bengkel, Kamu Bisa Sendiri Kok

21 Sep 2020 | 15:32 WIB

Saat membeli paket audio mobil, umumnya pemilik mobil menyerahkan proses pemasangan pada teknisi toko. Namun terkadang, teknisi bisa saja salah saat mengatur kabel-kabelnya.

Alhasil, pemilik mobil harus bolak-balik ke toko untuk memperbaikinya. Jika lokasi dekat dengan rumah, hal itu tentu tidak masalah. Tapi bila jauh, maka akan merepotkan juga.

Pasang Head Unit Mobil Tidak Perlu ke Bengkel, Kamu Bisa Sendiri Kok

Sebenarnya, jika Sahabat mau mempelajari cara instalasi audio mobil, maka hal itu bisa ditangani sendiri. Dan untuk bisa tahu cara pemasangannya, tidak butuh waktu yang lama.

"Memasang head unit itu gampang sebenarnya. Cuma ada kabel positif langsung ACC, ke aki dan kabel ground (negatif). Ada juga kabel speaker, dan semuanya berkaitan," ujar Manager Begja Autotronics, Yanto yang dilansir dari laman viva.com.

Pasang Head Unit Mobil Tidak Perlu ke Bengkel, Kamu Bisa Sendiri Kok

Jika semuanya sudah terhubung, yang perlu diperhatikan adalah kabel yang menghubungkan ke speaker mobil. Jika pemasangan kabel speaker terbalik, suara yang dihasilkan tidak enak, dan tata suaranya juga tidak seimbang antara kiri dan kanan.

"Kalau kita enggak ngerti, pasang speaker sebelah kiri depan terlebih dahulu, terus pasang kanan depan, setelah itu masuk ke menu head unit," tuturnya

Coba menyalakan musik dari head unit dengan mengatur balance dari speaker. Jika sebelah kiri terdengar, berarti benar. Jika suara yang dihasilkan speaker kiri masih kecil, berarti ada yang salah, karena tidak seimbang dengan speaker kanan.

"Kondisi kabel jangan sampai terbuka, untuk mencegah korsleting," katanya.

Tidak hanya memasang head unit mobil, dari rumah kamu juga bisa melakukan hal lain untuk mobil kesayangan seperti halnya mencuci mobil, memasang kaca film, bahkan servis. Semua itu bisa kamu lakukan dengan layanan home servis dari Garasi.id. Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 21 Sep 2020 | 15:32 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilheadunitmobilgaarsiidsolusipuas