Kopling
Pedal Kopling

Pedal Kopling Mobil Keras atau Berat? Ini Penyebab dan Solusinya

15 Feb 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN

Kopling merupakan komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Bagi pengguna matic, mungkin tidak terlalu dipusingkan ketika sedang dalam berada dalam kemacetan. Tapi bagi pengguna transmisi manual mungkin akan cukup menjengkelkan ketika sedang berada di kemacetan apalagi ditambah pedal kopling yang keras. Pada bagian lutut dan pergelangan kaki mungkin akan terasa pegal ketika pedal kopling terasa keras atau berat.

Pedal Kopling Mobil Keras atau Berat? Ini Penyebab dan Solusinya

Kondisi pedal kopling yang keras ini sebenarnya dipengarui oleh beberapa hal Sahabat Garasi, namun sebagian besar dikarenakan kurangnya perawatan serta perilaku dalam mengemudi. Nah Sahabat Garasi harus tau nih, cara mengemudi yang baik sebenarnya jangan meletakan kaki diatas pedal kopling karena akan mempercepat keausan pada plat kopling. Keausan pada plat kopling bisa menyebabkan pedal kopling terasa keras saat di injak. Selain itu ada beberapa hal lainya yang menyebabkan pedal kopling keras diantaranya:

Penyebab Pedal Kopling Mobil Terasa Keras dan Berat Saat Diinjak Beserta Solusinya

1. Kabel Kopling

Masalah yang paling umum yang sering menimpa kopling mobil keras terutama untuk tipe mekanik adalah kabel atau kawat baja yang seret. Jarang dilumasi dengan oli, membuat kabel kopling rawan garing dan ujung-ujungnya pun pedal kopling terasa berat.

Solusinya sebenarnya cukup mudah Sahabat, cukup lumuri kabel dengan pelumas untuk meminimalisir gesekan dengan sarung pembukus kabel kopling. 

Tapi jika dilihat sekarang sudah jamannya pake serbuk gawan dari pabrik, sehingga sudah tidak membutuhkan lagi pelumasan dalam bentuk cairan. Sedangkan untuk kopling hidrolis yang memanfaatkan tekanan cairan rasanya tidak harus memperhatikan kabel-kabel lagi karena peranannya yang sudah tergantikan.

2. Realease Bearing

Realease bearing yang berperan untuk menekan plat pegas diafragma yang terdapat pada cover clutch, sangat berpengaruh jika komponen tersebut tidak bekerja atau rusak.

Salah satunya sewaktu kita menginjak pedal kopling mobil akan terasa berat, cara mengatasi masalah tersebut sebaiknya dilakukan penggantian terhadap komponen tersebut.

3. Pilot Bearing

Tidak jauh beda dari yang di atas, komponen yang berfungsi sebagai penopang input shaft dengan tujuan agar sejajar terhadap sumbu tengah poros engkol.

Memang dari fungsinya kita juga dapat menganalisa bahwa jika ada kemacetan pilot bearing, maka dampaknya adalah sulitnya memindahkan gigi dan pastinya injakan pedal kopling akan terasa keras.

Sperti biasanya, Sahabat cukup mengganti bagian yang rusak, yaitu pilot bearing dengan yang masih dalam keadaan baik.

4. Kampas Kopling

Tak dipungkiri memang peran kampas sangat dibutuhkan dalam sistem kerja kopling, kampas kopling yang sudah tipis atau aus hanya akan menimbulkan masalah bila tidak segera diganti.

Salah satunya mobil akan kehilangan tenaga, kopling dalam, dan tentunya pedal kopling mobil terasa keras saat ditekan.

Adapun cara mengetahuinya bahwa kampas kopling akan habis, biasanya mobil sering mengeluarkan bau angus. Kendati jalanan yang kita lewati masih dalam keadaan normal, tidak ekstrim.

Cara memperbaiki problem kopling keras karena hal tersebut, silahkan Sahabat segera ke toko onderdil dan cari penggantinya. Tipsnya pilih kampas sesuai dengan tipe yang lama (bawaan mobil).

5. Cover Clutch 

Masa bakti komponen juga ikut andil sebagai penyebab kopling mobil keras, salah satunya matahari (cover clutch) sudah tua.

Masalah ini timbul ketika pegas penekan plat kopling sudah mulai lemah, cara memperbaikinya harus diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian untuk mengembalikan kopling seperti keadaan semula (kopling enteng).

6. Komponen Garing

Kinerja antar komponen pastinya akan selalu menimbulkan gesekan, hal tersebut memaksa untuk setiap komponen mesin harus tetap basah (terlumasi oli).

Maka dari itu segera berikan pelumasan pada komponen, seperti : release bearing dan per matahari. Hal tersebut untuk meringankan tarikan antar komponen sehingga dapat mengatasi beratnya pedal kopling mobil saat ditekan.

7. Kebiasaan Si Pemakai

Penyebab pedal kopling terasa keras selanjutnya datang dari kebiasaan yang salah dari pengendara. Dilihat sepele tapi menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan.

Menginjak dan melepaskan kopling secara spontan, dapat mengakibatkan plat kopling yang terhubung ke flywheel akan terasa berat terlebih kampas kopling juga akan cepat tipis atau aus.

Baca juga: Mau Kopling Mobil Awet, Kamu Perlu Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Solusinya mudah, tekan pedal kopling secara perlahan sampai penuh dan lepaskan juga secara pelan tentunya sesuai kecepatan mobil. Ada baiknya selama mengendarai mobil jangan suka menggantungkan kaki di atas pedal kopling.

Demikianlah yang bisa disampaikan mengenai penyebab pedal kopling pada mobil terasa keras atau berat. Semoga informasi ini bisa membantu Sahabat Garasi yang mengalami kejadian seperti ini. Nah agar kopling bekerja secara optimal lakukan juga perawatan kopling mobil ya Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 15 Feb 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN