Penggunaan Seat Belt Dapat Merefleksikan Bahwa Sahabat Adalah Seorang Yang Taat Peraturan
Penggunaan Seat Belt Dapat Merefleksikan Bahwa Sahabat Adalah Seorang Yang Taat Peraturan

Pengendara Mobil Wajib Pakai Seat Belt

16 Des 2022 | 11:00 WIB

Faktor keselamatan menjadi prioritas utama bagi pengendara. Untuk urusan tersebut, hendaknya Sahabat selalu memperhatikan cara memakai sabuk pengaman atau Seat Belt yang benar agar berkendara akan semakin aman. Perangkat keselamatan sabuk pengaman disediakan pada kendaraan untuk meminimalkan risiko penghuni kabin saat mobil mengalami kecelakaan.


Di satu sisi, jika semua syarat berkendara sudah terpenuhi, sebaiknya untuk menjamin keselamatan berkendara sebaiknya pengemudi harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Selain itu itu tidak mengantuk dan cukup waktu beristirahat. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang enggan untuk memperhatikan hal ini.


Bahkan beberapa orang hanya menggunakannya ketika ada razia dari pihak kepolisian saja. Padahal fungi dari seatbelt itu sendiri menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang. Sahabat perlu ketahui dari sumber terpercaya, bahwa sudah ada aturan dalam penggunaan sabuk pengaman.


Dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 106 ayat (6) mengatur pengemudi dan penumpang mobil yang posisinya duduk di samping sopir wajib mengenakan sabuk pengaman. Pelanggaran ketentuan itu akan dikenakan sanksi kurungan penjara paling lama satu bulan atau denda sebesar 250 Ribu Rupiah.


Seat Belt Menjadi Fitur Keselamatan Paling Vital Di Mobil

Seat Belt Menjadi Fitur Keselamatan Paling Vital Di Mobil


Setelah mengetahui cara memakai sabuk pengaman mobil, pengemudi dan penumpang diharapkan mematuhinya untuk keselamatan. Mengingat pentingnya guna sabuk pengaman, menyepelekan perangkat keselamatan ini merupakan tindakan kurang bijak. Ada banyak fungsi yang bisa Sahabat dapatkan dengan penggunaan sabuk pengaman. Mari simak dibawah ini.


  • Meningkatkan Rasa Nyaman saat Berkendara


Fungsi utama dari sabuk pengaman mobil yaitu memberikan kenyamanan. Dengan memakainya, penumpang akan memiliki posisi duduk yang nyaman dan tenang. Bahkan tidak hanya pada posisi darurat saja. Pada kondisi apapun Sahabat akan tetap merasa aman meski saat mengantuk. Mengingat fungsinya mampu menahan keberadaan penumpang duduk pada posisi yang sama. Kamu wajib memakainya meski tidak ada razia sekalipun.


  • Menahan Penumpang Tetap Dalam Posisi yang Sama


Ada banyak fungsi yang bisa Sahabat dapatkan dari penggunaan seatbelt. Seperti yang sudah jelas sebelumnya, fungsi utamanya sebagai penahan penumpang agar tetap pada tempat duduknya. Sehingga ketika terjadi benturan keras atau kecelakaan dan pengereman mendadak, kamu tidak akan terlempar.


Hal ini karena sabuk pengaman mampu menahan tubuh. Jika benturan cukup keras, kemungkinan besar penumpang akan terlempar keluar mobil cukup jauh. Kondisi inilah yang membahayakan keselamatan penumpang. Maka dari itu, tidak hanya si pengemudi mobil saja, melainkan para penumpangnya, termasuk penumpang bagian belakang. Jangan sampai kita tidak menggunakan sabuk pengaman, sebab keberadaannya memang sangat vital.


Setelah memahami beberapa fungsi utama sabuk pengaman di atas, Sahabat juga perlu tahu bahwa ada bagian-bagian yang paling di penting dari sabuk pengaman. Yuk kita pelajari lagi dibawah ini.


Agar Sahabat merasa yakin jika seatbelt penting, adapun bagian dari sabuk pengaman mobil yaitu pita atau webbing yang berfungsi sebagai tali pengikat. Sehingga posisi kamu tetap pada kondisi seperti awal. Ada juga bagian pengait yang berfungsi untuk mengaitkan antar webbing dengan locking retractors.


Kemudian ada pula bagian komponen lain pada sabuk pengaman, yaitu locking retrato. Berfungsi untuk mengunci bagian ujung webbing ke pengunci agar ngelock.


Dengan mengetahui bagian-bagian dan fungsinya, tentu Sahabat tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Bahkan dengan menggunakannya justru mampu meningkatkan rasa aman dan nyaman saat berkendara.


Tidak hanya itu, saat terjadi kecelakaan dan benturan keras, risiko terlempar yang mengakibatkan kematian pun akan berkurang. Pentingnya sabuk pengaman mobil ikut mengambil peran dalam keselamatan berkendara. Melihat banyaknya fungsi sabuk pengaman mobil, sudah menjadi keharusan untuk mengenakannya saat berkendara. Hal ini penting demi keselamatan diri sendiri.


Pengendara Mobil Wajib Pakai Seat Belt


Oleh karena itu, Sahabat harus lebih peduli dengan perawatan kendaraan khususnya terkait servis maupun pengecekan komponen di beberapa titik mobil, supaya mobil bisa bekerja optimal, dan tidak cepat rusak. Cara paling mudah, Sahabat dapat cek web www.Garasi.id.


Khusus di Promo GASPOL 12.12 kali ini, Garasi.id memberikan Diskon 75% hingga 150Ribu untuk jasa layanan servis berkala, ganti oli mesin, spooring, balancing, uji emisi dan perawatan AC. Program ini akan berjalan sepanjang tanggal 1 Desember hingga 15 Januari 2023.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkeselamatanseatbeltservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family