Cara Terbaik Meningkatkan Performa Mobil
Cara Terbaik Meningkatkan Performa Mobil

Penting nih! Cara Efektif Meningkatkan Performa Mobil Selalu Bertenaga

28 Sep 2023 | 23:38 WIB

Memiliki kendaraan yang terawat dan bertenaga tentu saja bikin nyaman saat berkendara, jika mobil kesayangan Sahabat sering dipakai setiap hari, pastinya ada saja komponen atau suku cadang yang bermasalah dan bisa mengakibatkan tarikan mobil jadi berat.


Perlu Sahabat ketahui, untuk membuat tarikan mobil lebih enteng ternyata tidak terlalu sulit lho! Yaitu dengan melakukan perawatan rutin sudah bisa membuat performa mobil tetap bertenaga. Kamu pasti akan mengalami kesulitan jika performa mesin mobil mengalami penurunan. Selain banyak suku cadang rusak, biaya perbaikannya pun bisa menguras isi dompet kamu.


Mesin Mobil Bertenaga, Berkendara Lebih Aman
Mesin Mobil Bertenaga, Berkendara Lebih Aman

Lalu, bagaimana cara membuat tarikan mobil kesayangan Sahabat selalu bertenaga? Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan terbukti efektif meningkatkan tenaga mesin tanpa boros bahan bakar. Apa saja? Yuk, simak dibawah ini!


  • Ruang Bakar Mesin

Kondisi ruang bakar mesin mobil yang sangat kotor jelas mempengaruhi kemampuan output tenaga mesin mobil. Kerak karbon yang terlalu banyak mempengaruhi daya ledak ruang bakar. Sahabat bisa bersihkan ruang bakar yang kotor dengan melakukan servis berkala. Karena dengan kondisi ruang bakar yang bersih membuat mesin mobil kesayangan kamu kembali bertenaga.


Perhatikan Kondisi Mesin Mobil Secara Berkala
Perhatikan Kondisi Mesin Mobil Secara Berkala

  • Sistem Pengereman

Pastikan sistem pengereman mobil Sahabat bekerja dengan baik, artinya kampas rem tidak terlalu rapat atau menempel pada cakram atau tromol. Jika pengereman terlalu rapat bisa membuat mobil kurang responsif dan tarikan mesin lebih berat.


  • Pasang Volt Stabilizer

Dengan memasang volt stabilizer membuat tarikan mobil Sahabat jadi makin responsif, aliran listrik yang tidak stabil bisa membuat komponen tertentu kekurangan pasokan listrik sehingga mobil kurang bertenaga. Maka bisa pasang alat ini.


Ganti Busi Agara Tarikan kendaraan Lebih Optimal
Ganti Busi Agar Tarikan kendaraan Lebih Optimal

  • Ganti Busi

Pemakaian busi yang kurang tepat bisa menyebabkan sistem pengapian kurang sempurna, hal ini membuat performa mobil kurang responsif. Jika ingin mobil kesayangan Sahabat lebih optimal, ganti busi dengan yang baru agar pembakaran mesin kembali sempurna. Bila perlu, upgrade tipe busi agar pembakaran menjadi lebih sempurna.


  • Remap ECU Mobil

Cara meningkatkan performa mobil berikutnya adalah dengan melakukan remap ECU. Proses remap hanya butuh sekitar 1 jam, namun dapat memberikan peningkatan HP yang signifikan pada mobil. Cara ini bisa meningkatkan tenaga mobil Sahabat sekitar 10 sampai 30 persen dari HP awal, selain itu juga menjadikan akselerasi, torsi, dan top speed mobil meningkat secara signifikan.


Gunakan BBM Yang Tepat
Gunakan BBM Yang Tepat

  • Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, bisa bikin tenaga mobil jadi lemah. Jika Sahabat menginginkan tarikan mobil lebih enteng, sebaiknya menggunakan bahan bakar yang tepat atau dengan oktan tinggi agar performa mobil kesayangan kamu makin optimal.


  • Oli Mesin

Hal yang perlu Sahabat perhatikan juga kondisi oli mesin mobil, sebab oli mesin yang sudah lama tidak diganti atau telat diganti kualitas pelumasan akan berkurang. Akibat penurunan kualitas ini bisa membuat kerja mesin menjadi lebih keras. Performa kendaraan yang awalnya terasa ringan bisa menjadi berat.


Lakukan Perawatan Mobil Dengan Servis Berkala
Lakukan Perawatan Mobil Dengan Servis Berkala

  • Tune Up

Dengan melakukan tune up secara rutin mampu mengembalikan performa mobil kesayangan Sahabat seperti baru. Maka dari itu, lakukan perawatan mobil dengan tune up ke bengkel langganan kamu. Mesin mobil yang terawat tentunya akan tetap terjaga performanya.


Itulah Sahabat cara membuat tarikan mobil jadi enteng dan bertenaga, dengan melakukan pemeriksaan terhadap komponen penting dalam mobil yang berhubungan dengan performa.


Penting nih! Cara Efektif Meningkatkan Performa Mobil Selalu Bertenaga

Sebagai e-commerce yang peduli kebutuhan mobil kesayangan Sahabat, www.Garasi.id dipercaya bisa memberikan layanan jasa servis terbaik untuk mobil kamu. Nikmati promo servis berkala September Petir Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu. 


Selain itu Sahabat juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate sebagai referensi mengulas dan mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Sep 2023 | 00:06 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmesinmobilmesinentengmesinbertenagagantioligantibusituneupmobilperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family