Kebiasaan Memanaskan Mobil Membuat Komponen Mesin Menjadi Lebih Baik Dan Optimal Saat Berkendara
Kebiasaan Memanaskan Mobil Membuat Komponen Mesin Menjadi Lebih Baik Dan Optimal Saat Berkendara

Pentingnya Memanaskan Mobil Sebelum Berkendara

03 Feb 2023 | 10:00 WIB

Sudah beredar kendaraan dengan fasilitas modern yang didukung teknologi fitur canggih yang memang menjadi idaman banyak orang. Jika Sahabat memiliki kendaraan ini, tentu Sahabat juga wajib tahu bagaimana kiat perawatan mobil yang tepat. Salah satu yang penting adalah bagaimana cara memanaskan mobil.


Karena mobil terdiri atas berbagai komponen dan juga mesin, maka tak heran jika mobil perlu dipanaskan agar seluruh mesin dan komponen tetap bekerja dengan prima. Maka dari itu, penting bagi Sahabat pemilik mobil untuk mengetahui cara terbaik dari aktivitas ini. Sudah tahukah step by step pemanasan mobil yang tepat? Berikut ini penjelasan mengenai cara memanaskan mobil yang benar bagi Sahabat.


Faktanya Memanaskan Mobil Keluaran Terbaru Hanya Memboroskan Bensin Dan Emisi

Faktanya Memanaskan Mobil Keluaran Terbaru Hanya Memboroskan Bensin Dan Emisi


Langkah Dasar Memanaskan Mobil


Terdapat dua jenis mobil yaitu mobil matic dan juga mobil manual. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara kerja hingga komponen yang cukup berbeda. Bahkan cara untuk memanaskan kedua jenis mobil tersebut juga berbeda. Berikut ini cara memanaskan mobil matic dan mobil manual yang perlu Sahabat ketahui.


  • Cara Memanaskan Mobil Matic

Saat ini sudah banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mobil matic. Hal tersebut umumnya terjadi karena mobil matic memiliki sistem pengoperasian yang lebih mudah dibandingkan mobil manual. Hal tersebut disebabkan karena mobil matic tidak menggunakan tuas kopling manual sehingga orang tidak perlu memainkan kopling dengan tuas secara terus menerus.


Untuk memanaskan mobil matic sendiri Sahabat perlu memastikan bahwa transmisi mobil dalam posisi "P" atau transmisi parking. Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak akan bergerak karena cengkraman dari bagian mesin ke transmisi. Saat memanaskan mesin mobil, pastikan hanya perlu membiarkan idle tanpa harus memainkan pedal gas. Perlu diketahui bahwa memanaskan mobil matic sangat penting untuk mengisi kembali daya aki yang berkurang.


  • Cara Memanaskan Mobil Manual

Untuk memanaskan mobil manual sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda ketika memanaskan mobil matic. Hal yang membedakan yaitu Sahabat perlu memperhatikan bahwa posisi transmisi mobil harus dalam keadaan Netral atau "N". Posisi netral tersebut akan mencegah mobil tiba-tiba melaku ketika dipanaskan. Selain hal tersebut, ketika memanaskan mobil manual kamu juga tidak perlu memainkan pedal gas.


Sahabat perlu ketahui kenapa dan apa saja manfaat memanaskan mobil sebelum berkendara.Mobil yang jarang digunakan maupun sering digunakan tetap membutuhkan pemanasan. Hal tersebut sangat penting agar mesin dan juga komponen tetap bekerja dengan normal serta awet. Maka dari itu, tak heran jika mobil yang jarang digunakan akan mengalami berbagai kerusakan yang timbul.


Beberapa kerusakan yang sering timbul ketika mobil jarang dipanaskan yaitu melemahnya bagian aki mobil karena adanya pengurangan daya di setiap harinya sehingga aki tidak maksimal dalam bekerja. Maka dari itu manfaat memanaskan mobil yaitu agar daya mobil terisi kembali.


Mobil yang jarang dipanaskan akan mempengaruhi sirkulasi pelumasan pada mesin yang mengakibatkan mobil akan sulit dihidupkan. Bahkan hal yang cukup mengerikan ketika mobil jarang dipanaskan yaitu, komponen mobil lainnya juga akan mengalami masalah karena mesin yang tidak bekerja dan berjalan. Maka dari itu, sangat penting bagi Sahabat  memanaskan mobil secara rutin agar menghindari masalah dan kerusakan pada mesin maupun beberapa komponen mobil.


Tujuan Memanaskan Mobil Supaya Komponen Transmisi Ikut Bergerak

Tujuan Memanaskan Mobil Supaya Komponen Transmisi Ikut Bergerak


Bagi Sahabat yang ingin memanaskan mobil, pastikan bahwa kamu memanaskan mobil secara tepat dan benar. Hal tersebut agar komponen mobil serta mesin mobil tetap bekerja dengan baik dan prima. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sahabat ketahui ketika memanaskan mobil.


1. Atur Durasi dalam Memanaskan Mobil

Hal yang perlu Sahabat ketahui dalam memanaskan mobil yaitu mengatur durasi dalam memanaskan mobil. Semua harus diketahui berdasarkan jenis dan mesin mobil yang digunakan.


Untuk mobil dengan mesin injeksi, kamu hanya perlu memanaskannya selama kurang dari 5 menit. Karena memanaskan mobil terlalu lama hanya akan menghabiskan bahan bakar saja. Sedangkan ketika durasi memanaskan mobil yang tepat akan membuat komponen mobil bekerja dengan benar.


Namun jika mobil belum menggunakan mesin injeksi, kamu dapat melakukan pemanasan mesin selama 5-10 menit agar putaran mesin dan komponen dapat bekerja dengan sempurna.


2. Tidak Memainkan Pedal Gas

Hal yang perlu Sahabat ketahui ketika memanaskan mobil yaitu tidak menekan dan juga memainkan pedal gas. Kamu hanya perlu memposisikan pedal pada kondisi idle untuk memanaskan mobil.


Untuk memanaskan mobil dengan baik dan benar, pastikan Sahabat memanaskan mobil di ruang terbuka yang teraliri udara. Hal tersebut karena ketika mobil dipanaskan, maka mesin akan membuang gas yang berbahaya, sehingga ketika memanaskan mobil di ruang terbuka maka gas berbahaya tersebut akan hilang dan tidak terhirup.


3. Perhatikan Rem Tangan Dan Posisi Transmisi

Hal lain yang juga perlu Sahabat perhatikan ketika memanaskan mobil yaitu memperhatikan bagian rem tangan dan juga posisi transmisi. Pastikan rem tangan mobil dalam keadaan aktif dan juga transmisi mobil dalam keadaan netral. Hal tersebut dilakukan agar mobil tidak akan melaju ketika memanaskan mesin mobil. Terlebih lagi jika mobil berada di posisi jalanan yang miring atau tidak rata.


4. Matikan AC

Ketika Sahabat memanaskan mobil, ada baiknya mematikan AC mobil terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi beban mesin ketika dipanaskan.


Pentingnya Memanaskan Mobil Sebelum Berkendara

Jika Saat Memanaskan Mobil Terdapat Masalah Segera Bawa Ke Bengkel


Nah, agar Sahabat lebih mengetahui kiat dasar mengenai cara memanaskan mobil yang benar dan tepat. Pastikan kamu rutin untuk memanaskan mobil agar komponen dan mesin mobil tetap bekerja dengan normal dan tidak terjadi masalah pada mesin mobil ketika melaju. Kamu juga bisa cek Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate hanya di www.Garasi.id. Nikmati jasa servis dari partner bengkel terbaik sesuai kebutuhan mobil kesayangan Sahabat. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara di Wasap atau email [email protected].


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Feb 2023 | 11:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family