Persiapkan Segalanya Dengan Maksimal Agar Perjalanan Terasa Aman Dan Nyaman
Persiapkan Segalanya Dengan Maksimal Agar Perjalanan Terasa Aman Dan Nyaman

Pentingnya Persiapan Sebelum Perjalanan Mudik Agar Pejalanan Aman

15 Mar 2024 | 09:00 WIB

Tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Lebaran adalah mudik. Sudah diprediksi jutaan kendaraan pribadi akan bepergian pada musim mudik Lebaran tahun ini. Perlu Sahabat ketahui, yang ingin mudik pakai mobil pribadi, harus tahu cara yang efektif istirahat selama perjalanan.


Lalu, apakah Lebaran kali ini Sahabat punya rencana untuk mudik lebaran juga? Jangan lupa untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat selama perjalanan. Ingat, sudah banyak praktisi keselamatan berkendara yang mencanangkan. Sebelum berangkat mudik pengendara harus memastikan kondisi tubuhnya sehat. Pengendara juga harus memiliki kualitas istirahat yang baik sebelum hari keberangkatan mudik.


Selain itu, rencanakan pola perjalanan. Yang tak kalah penting adalah perencanaan waktu istirahat. Supaya terhindar dari berbagai macam penyakit saat mudik. Praktisi kesehatan juga menghimbau agar para pemudik senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah seperti mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum makan. Hal yang terkadang kerap diabaikan oleh para pemudik ini penting dilakukan agar terhindar dari penyakit akibat kuman yang menempel di tangan Sahabat.


Lebaran Semakin Dekat Dan Mudik Menjadi Semakin Nyata

Lebaran Semakin Dekat Dan Mudik Menjadi Semakin Nyata


Apalagi dalam perjalanan mudik kali ini, sebaiknya pengendara tidak mengemudi lebih dari 10 jam perjalanan. Apalagi kondisinya sedang berpuasa. Ingat Sahabat, dalam kondisi normal saja tidak direkomendasikan nyetir mobil lebih dari 10 jam. Kalau lebih pun Sahabat harus mempersiapkan pengganti atau pengemudi lain. Diusahakan betul-betul istirahat, tidak melakukan banyak aktivitas fisik. Sehingga waktu pengemudi lain membantu melanjutkan perjalanan Sahabat, jauh lebih bugar dibanding penumpang lain.


Kalaupun tidak ada pengemudi pengganti, disarankan untuk segera berhenti untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Instansi kesehatan sudah menyampaikan beberapa tips bagi para pemudik, yaitu:


Persiapan untuk para pengemudi kendaraan roda empat atau lebih:

  • Siapkan fisik yang prima dan periksa kesehatan sebelum mengemudi
  • Hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol
  • Istirahat setelah mengemudi selama 4 jam
  • Bila sakit di perjalanan, manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat
  • Siapkan obat-obatan P3K
  • Hati-hati mengemudi saat turun hujan/ cuaca buruk
  • Tidak menggunakan alat komunikasi pada saat mengemudi


Persiapan untuk para penumpang:

  • Siapkan fisik yang prima dan periksa kesehatan sebelum perjalanan
  • Bawa persiapan makanan dan minuman yang cukup
  • Siapkan obat-obatan pribadi
  • Istirahat yang cukup dalam perjalanan
  • Bila sakit di perjalanan, manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Tidak merokok di dalam kendaraan.

Pentingnya Persiapan Sebelum Perjalanan Mudik Agar Pejalanan Aman

Pastikan Mudik Aman dan Nyaman Sampai Kampung Halaman


Kesehatan fisik saat melakukan perjalanan mudik memang utama, Tapi Sahabat juga harus perhatikan kondisi mobil sebelum menempuh perjalanan mudik dan perlu adanya proteksi lebih terlebih disaat perjalanan terjadi kendala seperti mogok, aki soak, kunci tertinggal dalam mobil, bbm habis saat perjalanan atau saat ban kempes. Permasalahan tersebut sudah tercover dengan Sahabat membeli Layanan Asisten Darurat dari Garasi.id agar perjalanan mudik Sahabat dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan melepas rindu maupun berkumpul bersama kerabat, keluarga dan tetangga di kampung halaman. Selamat mempersiapkan mudik lebaran Sahabat Garasi!


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 15 Mar 2024 | 09:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmudiklebaran2024layananasistendaruratservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family