Aki merupakan sumber utama listrik pada mobil kamu
Susaikan aki dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh mobil

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

05 Jul 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Seiring pemakaian, kemampuan aki sebagai sumber utama kelistrikan mobil pasti berkurang karena proses kimiawi. Meski ada batas masa pakai, pemilik mobil bisa melakukan penghematan dengan cara-cara sederhana. Lupa mematikan perangkat elektronik setelah mematikan mesin, mematikan AC dan headunit ketika parkir juga kebiasaan jelek lain yang bisa memperpendek umur aki. Jika Sahabat lupa mematikan AC dan head unit, kerja motor starter sebagai komponen utama yang menyedot energi aki akan sangat berat. Akibatnya mobil sulit dinyalakan dan jika terlalu sering aki harus diganti. 

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Siapa disini yang sering menyalakan mobil tanpa menunggu, langsung di starter. Kebiasaan itu juga merusak komponen aki loh Sahabat. Ada dua tahap yang wajib kamu lakukan ketika akan menyalakan mobil. Pertama yakni memutar kunci ke posisi on, tunggu sistem menganalisa mobil seperti kondisi aki,mesin, ABS dan lainnya baru diputar ke posisi starter.

Dengan melakukan dua tahap itu, memudahkan kerja motor starter sekaligus meringankan suplai energi aki. 

Setiap produsen mobil sudah menghitung kebutuhan kelistrikan mobil yang disesuaikan dengan spesifikasi aki. Sebab itu bila kamu memutuskan untuk menambah perangkat elektronik, misalnya aksesori audio, sebaiknya dikonsultasikan dengan pihak bengkel. Tujuannya agar pemanfaatan energi aki bisa sesuai. Memberi aki tugas tambahan di luar fungsi utama sanggup memperpendek usia pakai. 

Selain itu penambahan aksesoris tersebut bisa menggerogoti usia pakai aki. Apabila ingin melakukan penambahan aksesoris terkait kelistrikan, maka kapasitas aki pun mesti disesuaikan ataupun diganti dengan ampere yang lebih besar. Aki yang bagus pun akan soak, apabila amperenya tidak lebih besar.

Kebiasaan buruk lainnya yaitu mendiamkan mobil di rumah atau garasi tanpa dipanaskan. Banyak orang berpikir bahwa mobil yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali, akinya akan tetap prima. Hal tersebut salah loh Sahabat. Mobil yang jarang digunakan ataupun hanya sekedar dipanaskan saja tidak akan memberikan suplai kelistrikan yang cukup sehingga kapasitas listrik yang ada pada aki tidak lagi optimal, sehingga aki akan soak dalam hitungan bulan.

Selain beberapa hal di atas, aki yang mati mendadak pun bisa diakibatkan oleh usia aki yang tersimpan sudah sangat lama, sehingga sewaktu aki tersebut di pasangkan di mobil, maka sudah dalam performa yang kurang baik. Ketika ingin membeli aki baru atau melakukan charger aki mobil anda, penting sekali untuk memperhatikan kapan tanggal aki tersebut dibuat.

Dengan mengetahui apa saja yang bisa menurunkan performa aki mobil, setidaknya kita semua bisa segera melakukan antisipasi supaya mobil tidak mogok mendadak. Apabila hal itu terjadi, tentunya sangat merepotkan sekali, bukan? 

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 05 Jul 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN