Lampu mobil
Lampu mobil mati

Niat Berkendara Jauh, Cek Lampu! Pahami 5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

17 Apr 2021 | 17:43 WIB

Perangkat komponen yang penting tapi kerap kali tidak diperhatikan adalah bagian lampu mobil. Baik itu lampu mobil utama (lampu depan), lampu belakang (lampu rem, mundur) dan lampu yang ada di dalam kabin, merupakan komponen yang sangat penting untuk kita jaga kondisinya. Apalagi lampu mobil bagian depan dan belakang yang sangat penting ketika berkendara di malam hari, hujan maupun kondisi cuaca buruk lainnya. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Lampu mobil mati atau lampu mobil yang tidak berfungsi dapat menimbulkan resiko yang ringan hingga besar. Bisa saja terkena tilang oleh Polisi atau hal terburuknya adalah mengalami kecelakaan yang fatal karena tidak dapat melihat objek yang berada di depan mobil dengan jelas. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Jadi Sahabat mengerti bukan mengapa lampu mobil mati itu sangat membahayakan keselamatan selama berkendara. Ada banyak kerusakan yang menjadi penyebab lampu mobil mati, mulai dari bohlam lampu putus, sekring putus, kabel yang bermasalah dan yang lainnya. Oleh karena itu, yuk simak beberapa gejala lampu mobil mati dan cara mengatasinya di bawah ini.

Lampu mobil mati sebelah/keduanya

Pernahkah Sahabat mengalami gejala lampu mobil mati baik itu lampu utama ataupun lampu di bagian belakang? Jika pernah, kemungkinan pertama yang terjadi adalah putusnya sekring lampu. Sekring berfungsi sebagai pengaman jika terjadi arus berlebih ketika terjadi konsleting pada jalur kabel. Mungkin saja sekring yang putus menandakan ada komponen di jalur kelistrikan lampu mengalami masalah seperti jalur kabel yang terkelupas, kabel yang lepas, soket yang kendor dan masih banyak lagi. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Lalu penyebab lampu mobil mati lainya bisa juga disebabkan dengan penggantian lampu mobil dengan voltase yang tidak sesuai. Banyak orang yang melakukan modifikasi lampu mobil, baik itu menggunakan HID, LED atau jenis lampu lainnya yang bisa kamu temukan di artikel Lampu Mobil HID, LED, Halogen? Mana yang Lebih Tepat. Namun sayangnya karena pemasangannya yang kurang teliti menyebabkan arus listrik ke lampu tidak konsisten sehingga menyebabkan lampu mobil mati karena konsleting.

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Untuk solusi lampu mobil mati baik keduanya maupun sebelah, lakukan pengecekan sekring terlebih dahulu. Jika sekring perlu dilakukan penggantian, ganti dengan sekring yang sesuai dengan rekomendasi. Bila sekring mobil putus saat kamu sedang berkendara, kamu bisa memperbaikinya dengan cara melilitkan dua helai serabut logam dari kabel tersebut ke kedua terminal dan kemudian pasang kembali sekring tersebut dengan tepat. Namun ini hanya untuk sementara agar lampu mobil tetap menyala hingga kamu mencapai titik tujuan.

Lampu jarak pendek mati, sedangkan lampu jauh hidup

Kerap kali ditemukan pada kendaraan yang menggunakan lampu jauh secara terus menerus karena lampu jarak pendek mobil tersebut mati. Hal itu tentunya sangat membahayakan dan membuat orang lain jengkel. Oleh karena itu, jika ternyata mobil Sahabat mengalami kendala lampu mobil mati sebelah (jarak pendek dan jarak jauh), kamu harus melakukan pengecekan terhadap bola lampu. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Lampu mobil mati bisa disebabkan oleh lampu mobil yang sudah kadaluarsa. Oleh karena itu coba cek apakah tembaga di dalam bohlam lampu putus atau tidak. Jika tidak coba periksa sekring lampu mobil. Selain itu Sahabat juga bisa mengeceknya dengan cara menyalakan lampu dekat dan coba melakukan lampu DIM jika terdengar suara "tek" maka bisa dipastikan relay masih berfungsi dengan baik. Jika cara diatas masih tidak membuahkan hasil maka Sahabat bisa melakukan pemeriksaan terhadap socket-socket sambungan kabel yang mengarah ke lampu utama (headlamp). 

Lampu mobil depan redup sebelah

Selain permasalahan lampu mobil mati, seringkali lampu mobil depan yang redup membuat kita tidak memiliki cukup pencahayaan ketika berkendara di malam hari. Apabila didapati mobil dengan keadaan seperti ini biasanya disebabkan oleh kurang kencangnya kabel yang menempel ke body mobil (ground cable)

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Untuk memperbaikinya Sahabat bisa mencari kabel yang berada di sekitar headlamp yang berwarna hitam yang mana kabel tersebut biasanya ditempelkan dengan baut ke body mobil, pada umumnya kabel tersebut kendur atau mungkin baut berkarat juga bisa jadi hampir putus.

Lampu rem mobil mati

Lampu belakang mobil adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting perannya untuk memberi isyarat pada pengemudi belakang. Di dalam komponen lampu belakang mobil terdapat lampu rem mobil (berwarna merah), lampu mundur (putih), dan lampu sein (warna orange). Jika salah satu lampu mobil tersebut mati atau tidak berfungsi akan sangat membahayakan kita maupun pengendara di belakang. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Pada umumnya lampu belakang mobil mati disebabkan oleh empat faktor berikut :

  • sekring putus,
  • bola lampu yang putus,
  • soket sambungan dekat lampu belakang kotor
  • rumah bola lampu yang berkarat yang mana biasanya terjadi pada mobil pick up,
  • Switch lampu rem yang terdapat pada ujung pedal rem bagian atas yang rusak akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Jadi sahabat bisa melakukan pengecekan pada bagian bagian tersebut untuk mengatasi lampu rem mobil yang mati.

Lampu sein mobil berkedip cepat, mati total atau mati salah satu

Diantara Sahabat mungkin ada juga yang pernah mengalami indikator lampu penunjuk arah (sein) yang ada di speedometer berkedip dengan cepat, sebetulnya hal itu adalah salah satu ciri yang menandakan salah satu lampu sein yang mati. 

5 Penyebab Lampu Mobil Mati dan Cara Megatasinya

Seperti contoh jika Sahabat menyalakan lampu sein sebelah kanan dan ternyata indikator sein pada dashboard berkedip dengan cepat maka bisa dipastikan salah satu lampu sein sebelah kanan ada yang mati. Untuk memperbaikinya Sahabat bisa mengganti bohlam lampu sein jika putus atau jika tidak putus mungkin bohlam tidak menempel dengan baik pada rumahnya, juga periksa sambungan soket.

Nah Sahabat, itulah beberapa permasalahan yang membuat lampu mobil mati hingga cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Sahabat Garasi. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 17 Apr 2021 | 17:43 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobillampumatisolusimerawatseinDIMheadlampsekringgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family