Mobil kurang bertenaga
Mobil kurang bertenaga

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

04 Agt 2021 | 08:49 WIB

Pernahkah Sahabat merasa jika mobil yang kamu miliki tiba-tiba tidak bertenaga? Atau mungkin konsumsi bahan bakar mobil lebih boros daripada biasanya? Hal itu bisa terjadi karena efek penimbunan kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk pada ruang bakar mesin. Lalu mengapa bisa sampai terjadi penumpukan karbon di ruang bakar? 

Penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil

Penyebab mobil kurang bertenaga adalah karena penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil. Nah, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil bisa terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna. Penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai atau kualitas yang buruk. 

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Debu dan oli atau uap oli juga punya peran dalam penimbunan kerak yang datang dari hasil isapan intake.Kedua komponen itu masuk lantas mengendap dan membuat ruang bakar kotor. Selain itu banyaknya unsur parafin dan sulfur yang ikut masuk ruang bakar juga menjadi penyebab terjadinya penumpukan kerak. Penumpukan kerak karbon akan membuat ruang bakar semakin sempit, yang mengakibatkan rasio kompresinya meningkat sehingga mesin tidak responsif atau mobil kurang bertenaga akibat tumpukan kerak tersebut.

Kompresi mobil bocor

Mesin kurang bertenaga juga bisa disebabkan oleh tekanan kompresi mobil yang sudah melemah. Tekanan kompresi sangat berpengaruh pada performa sebuah mobil, karena tekanan udara didalam ruang bakar ini akan membuat bensin semakin mudah untuk dibakar. Jadi, jika terjadi masalah pada tekanan kompresi mobil, makan bensin akan sulit untuk terbakar dan menyebabkan mobil kurang bertenaga. 

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Ciri-ciri utama mobil yang tekanan kompresi mesin mobilnya sudah lemah adalah mobil susah dihidupkan di pagi hari, power atau tenaga mesin berkurang, beberapa mobil mengeluarkan asap putih dari knalpot, oli mesin sering habis dan yang terakhir adalah suara mesin yang cenderung kasar.

Komponen penyebab mobil kurang bertenaga

Secara umum, tekanan kompresi yang melemah disebabkan karena adanya kebocoran kompresi mesin mobil. Karena kompresi lemah, terjadilah penumpukan kerak karbon di ruang mesin dan semakin memperburuk kinerja mesin mobil kamu. Kebocoran kompresi terjadi bisa dimana saja dan biasanya kompresi mesin melemah dikarenakan terjadinya celah atau kerenggangan pada ruang bakar menuju luar. 

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan beberapa komponen mesin akan melemah. Oleh karena itu, timbul suatu celah di beberapa komponen mesin mobil. Apa saja sih komponen yang rentan terjadinya celah sehingga menyebabkan mesin mobil kurang bertenaga, yuk simak di bawah ini.

Ring piston mesin mobil

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Komponen penyebab mesin mobil kurang bertenaga yang pertama adalah keausan ring piston. Bagian luar ring piston akan terus bergesekan dengan dinding silinder saat mesin dihidupkan. Gesekan yang secara terus menerus terjadi ini, akan menimbulkan friksi yang sangat kecil. Namun lama kelamaan akan menjadi besar dan efeknya akan terasa dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih jika tidak dilakukan penggantian oli secara berkala. Oleh sebab itu, untuk mengurangi friksi yang membesar, jangan pernah lupa untuk melakukan penggantian oli mesin mobil.

Blok silinder mesin mobil

Selain komponen ring piston, komponen blok silinder yang aus juga bisa menyebabkan mobil kurang bertenaga. Blok silinder adalah jalur pergerakan ring piston dimana akan semakin aus jika pelumasan di komponen itu kurang. Pada umumnya, blok silinder memiliki kekuatan yang lebih ketimbang dengan ring piston tetap tidak menutup kemungkinan keausan blok silinder terjadi lebih cepat dari yang dibayangkan. 

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Penyebab ausnya blok silinder hingga menyebabkan mesin tidak bertenaga adalah kurangnya pelumasan di bagian itu. Pada dasarnya oli mesin yang akan mencegah timbulnya friksi antara ring piston dan blok silinder. Kalau olinya kurang, maka keausan kedua komponen ini juga akan lebih cepat terjadi dan jadi membuat mobil kurang bertenaga.

Kebocoran klep atau katup

Penyebab mobil kurang bertenaga lainnya adalah kebocoran pada klep atau katup. Katup atau klep berfungsi sebagai pintu masuk material (udara dan bensin) dari intake, dan sebagai pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot.

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Saat ini, mesin mobil banyak yang menerapkan sistem double katup (DOHC) yang artinya dalam satu silinder terdapat dua buah katup intake dan dua buah katup exhaust. Sistem DOHC ini akan semakin memperlancar pemasukan dan pengeluaran material terhadap mesin, namun kalau ada penyetelan celah katup yang kurang tepat justru akan menurunkan tekanan kompresi mesin atau menjadikan mobil kurang bertenaga.

Packing/gasket kepala silinder

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Penyebab lainnya mobil kurang bertenaga adalah komponen packing atau gasket yang sudah robek atau berumur. Packing atau gasket kepala silinder berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder yang sama-sama berbahan logam. Tanpa gasket, maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan ini. Jadi gasket atau packing berperan penting untuk mencegah kebocoran kompresi pada bagian blok silinder bawah dengan blok silinder atas.

Seal Busi

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Penyebab lainnya mesin mobil kurang bertenaga adalah komponen seal busi yang retak atau robek. Seal busi umumnya akan diganti dalam setiap penggantian busi, seal ini sudah sepaket dengan busi (menempel di ulir busi) jadi kalau Sahabat mengganti busi mobil maka seal busi otomatis akan terganti. Namun, jika Sahabat mengganti busi dengan busi lain yang tidak sesuai dengan rekomendasi ukuran, tentu kerja busi tidak akan maksimal sehingga mesin mobil menjadi tidak bertenaga. 

Cara membersihkan penumpukan karbon di ruang mesin

Jika Sahabat merasakan mesin mobil kurang bertenaga, segera bawa mobil ke bengkel terdekat atau bengkel langganan kamu. Di bengkel, mekanik akan melakukan pengetesan kompresi mesin mobil menggunakan alat khusus untuk memastikan kompresi mobil Sahabat benar-benar sudah sesuai pabrikan.  Jika hasilnya ternyata kompresi mesin mobil Sahabat lemah, maka alangkah baiknya kamu bertanya pada mekanik untuk mencari dimana letak kebocoran kompresi ini terjadi. 

5 Kerusakan Komponen yang Dapat Menyebabkan Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Jika ternyata hasil pengujian ternyata menunjukkan bahwa terjadi penumpukan karbon yang sangat tebal di ruang bakar mesin, maka Sahabat jangan berkecil hati. Saat ini banyak bengkel yang sudah menyediakan jasa pembersihan ruang bakar sekaligus dengan tune up, seperti di Garasi.id. Tidak hanya itu, Sahabat juga bisa mendapatkan perawatan terbaik untuk interior maupun eksterior mobil di Garasi.id. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 04 Agt 2021 | 08:49 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgarasiidtipsgarasiidmobilkurangbertenaga
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family