Kenali Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala Saat Diistarter
Kenali Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala Saat Diistarter

Penyebab Mobil Tidak Menyala Saat di Starter

30 Mei 2023 | 10:00 WIB

Sering kali pengendara mobil mengalami mobil yang dipakainya tak mau hidup saat distarter. Saat mesin mati pasti Sahabat mungkin menerka-nerka bahwa hal itu disebabkan oleh aki yang mulai rusak. Namun ternyata ada hal lain yang bisa menyebabkan mobil sulit dihidupkan yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan.


Aki yang sudah usang memang menjadi penyebab umum mesin mobil tak bisa dihidupkan karena penurunan kualitas seiring pemakaian. Terlebih, mobil jarang dipakai atau dipanaskan sehingga aki menjadi tekor. Apabila aki tidak bermasalah saat mobil tak dihidupkan, maka Sahabat perlu memeriksa komponen lain.


Banyak faktor yang bisa menyebabkan mobil tidak menyala saat di starter. Sebelum Sahabat membawa mobil ke bengkel, setidaknya sudah mengetahui apa saja komponen-komponen yang berhubungan dengan kondisi mobil tidak mau menyala. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui mobil tidak bisa dihidupkan.


Berkendara Jadi Tidak Nyaman Apabila Ada Komponen Mengalami Kerusakan

Berkendara Jadi Tidak Nyaman Apabila Ada Komponen Mengalami Kerusakan


  • Busi Kotor


Busi merupakan komponen terpenting dalam ruang pembakaran karena memiliki fungsi sebagai penghantar listrik ketika sistem pengapian. Arus listrik yang diterima busi akan menyebabkan percikan api di ujung busi dan terjadi pembakaran.


Debu dan kotoran dapat menghambat percikan api ketika proses starter dilakukan. Untuk itu, Sahabat harus memeriksa busi dan membersihkannya dengan amplas atau cairan penetran khusus. Apabila mobil masih sulit dinyalakan saat di starter, maka kamu harus mengganti busi dengan yang baru.


  • Aliran Bahan Bakar Tersumbat


Mobil konvensional membutuhkan aliran bahan bakar yang cukup untuk proses awal dalam menyalakan mesin. Jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan sempurna, maka mesin tak dapat dinyalakan.


Untuk mengatasi ini, Sahabat disarankan untuk memanggil layanan home service demi mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, tindakan yang perlu dilakukan adalah pembersihan tangki bahan bakar, pompa bensin, filter, dan katup atau klep.


Lakukan Perawatan Berkala Secara Rutin

Lakukan Perawatan Berkala Secara Rutin


  • Dinamo Starter atau Ampere Rusak


Dinamo ampere atau kerap disebut alternator adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo starter rusak atau bermasalah, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.


Namun, perlu Sahabat ketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang mudah rusak. Komponen akan menurun performanya bila usia atau masa pakainya sudah lebih dari delapan delapan tahun.


  • Bagian Koil Terlalu Panas


Selain dinamo ampere dan busi, komponen lain yang berperan dalam proses starter mobil adalah koil. Bagian koil berfungsi menggandakan tegangan listrik dan kutub positif dalam jumlah besar ke aki.Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itu sebabnya koil terlalu panas, maka bisa jadi penyebab mobil sulit dinyalakan saat distarter.


Konsultasikan Dengan Montir Ketika Servis Tune Up Mobil

Konsultasikan Dengan Montir Ketika Servis Mobil


Cara menangani masalah koil yang jadi penyebab mobil sulit dinyalakan adalah dengan pengecekan dan penggantian apabila kinerjanya mulai melemah. Umumnya, penyebab mobil benar-benar tidak bisa hidup atau sulit distarter adalah adanya komponen bagian dalam yang kotor, tersumbat, atau sudah usang. Untuk itu, penting bagi pemilik mobil dalam melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi.


Sahabat bisa konsultasikan dan penjadwalan servis mobil melalui tim customer servis dari Garasi.id. Clara akan merekomendasikan bengkel terbaik untuk mobil kesayangan Sahabat. Atau kamu cek www.Garasi.id untuk layanan servis mobil lainnya yang cocok untuk Sahabat.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Mei 2023 | 14:05 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifstartermobilbusimobilbahanbakarmobildinamomobilKoilmobilservismobilservisberkalasolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family