Luangkan Waktu Untuk Merawat Velg Mobil
Luangkan Waktu Untuk Merawat Velg Mobil

Peran Penting Velg Mobil! Begini Cara Merawatnya

22 Sep 2023 | 10:00 WIB

Merawat mobil kesayangan adalah hal yang wajib dilakukan oleh Sahabat. Khususnya pada bagian eksterior, tidak hanya hanya bodi, cat dan knalpot saja yang diperhatikan, namun ada juga bagian mobil lainnya. Ada banyak bagian pada eksterior mobil yang punya fungsi cukup vital. Salah satu bagian mobil yang perlu dirawat adalah velg mobil.


Velg berfungsi sebagai dudukan ban pada kendaraan. Velg mobil merupakan bagian terpenting yang menyangkut keselamatan ketika Sahabat berkendara. Untuk itu, supaya aman berkendara maka kondisi velg mobil harus dipastikan kuat menopang beban kendaraan. Tentu ini sangat membahayakan jika velg sudah rusak, mau tidak mau Sahabat harus memperbaiki atau menggantinya.


Lakukan Perawatan Velg Mobil Dengan Rutin
Lakukan Perawatan Velg Mobil Dengan Rutin

Meski punya peran penting, untuk merawat velg mobil hendaknya jangan dilakukan asal lho Sahabat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perawatannya bisa sesuai keinginan kamu. Nah, berikut ini langkah-langkah membersihkan velg mobil agar tampilannya tetap menarik, kuat, dan tahan lama.


  1. Pakai Alat Pembersih Yang Aman

Langkah pertama yang mudah Sahabat lakukan dengan memakai sikat atau kuas yang lembut serta kain atau lap microfiber untuk membersihkan velg. Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar karena dapat membuat permukaannya tergores.


  1. Siram Dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya Sahabat bisa menyiapkan perlengkapan atau alat pembersih, setelah itu siapkan air bersih untuk membilas. Sebaiknya kamu gunakan air yang mengalir atau selang agar dapat menjangkau kotoran dan debu pada sela-sela velg secara lebih efisien.


Gunakan Sabun Pembersih Khusus Velg Mobil

Gunakan Sabun Pembersih Khusus Velg Mobil


  1. Gunakan Sabun Khusus

Setelah dibilas dengan air bersih, Sahabat bisa gunakan sabun atau cairan pembersih khusus. Karena velg dapat terbuat dari material yang berbeda-beda, jadi sesuaikan cairan pembersih tersebut dengan jenis bahan velg mobil.


  1. Bilas dan Keringkan

Setelah dibersihkan menggunakan sabun, bilas kembali dengan air bersih. Sahabat harus pastikan tidak ada sisa sabun tertinggal, karena dapat meninggalkan residu yang merusak velg. Dan langkah terakhir, keringkan menggunakan kain atau lap microfiber yang bersih dan lembut.


Jika Sahabat sudah mengikuti langkah-langkah pembersihan diatas, selanjutnya kamu harus rutin merawat velg mobil agar tetap terjaga kualitasnya. Begini caranya!


Cuci Velg Mobil Dengan Hati-hati
Cuci Velg Mobil Dengan Hati-hati

  • Bersihkan Velg Secara Rutin

Membersihkan velg secara rutin sangat penting untuk menjaga tampilan dan kualitasnya. Terutama jika Sahabat sering melewati jalan yang kotor atau becek, pastikan untuk membersihkannya secara lebih sering agar tidak mudah berkarat.


  • Hindari Melalui Jalan atau Medan yang Rusak

Benturan yang keras dapat merusak velg, menyebabkan goresan, atau bahkan retak pada velg. Oleh karena itu, pilih rute yang lebih mulus dan perhatikan kondisi jalan yang Sahabat lewati.


Velg Mobil Terawat Berkendara Lebih Tenang
Velg Mobil Terawat Berkendara Lebih Nyaman

  • Jangan Membawa Beban Melebihi Kapasitas Mobil

Membebani mobil dengan beban berlebih dapat menyebabkan tekanan berlebih pada velg. Sehingga, beban mobil yang melebihi kapasitasnya dapat menyebabkan kerusakan pada velg dan sistem suspensi.


  • Perhatikan Cara Berkendara

Cara berkendara yang tidak aman dapat mempengaruhi kondisi velg menjadi mudah rusak atau tergores. Solusinya, pastikan Sahabat selalu berkendara dengan hati-hati dan hindari gaya berkendara yang agresif.


Selalu Berkendara Dengan Tenang
Selalu Berkendara Dengan Tenang

  • Cek Tekanan Angin pada Ban Mobil

Tekanan angin yang kurang atau terlalu banyak dapat menyebabkan deformasi velg, mempengaruhi performa velg, atau menyebabkan kerusakan lain. Jadi, Sahabat harus pastikan untuk memeriksa tekanan angin ban secara teratur dan mengisinya kembali jika diperlukan.


  • Pilih Velg Sesuai Jenis Ban

Selanjutnya, pilih velg dengan ukuran yang sesuai dan beban yang dapat ditangani oleh ban mobil kesayangan Sahabat. Kamu bisa konsultasikan dengan ahli atau mekanik untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.


Servis Velg Mobil Secara Berkala
Servis Velg Mobil Secara Berkala

  • Lakukan Servis Rutin di Bengkel

Terakhir, lakukan servis rutin di bengkel terpercaya untuk membantu memantau kondisi velg dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Baik itu pengecekan terhadap kekencangan baut, keausan, goresan, atau kerusakan lainnya.


Perawatan yang baik dan dilakukan secara rutin dapat memperpanjang umur pakai velg dan menghindari kerusakan yang tidak perlu. Ingat Sahabat, velg mobil bukan hanya berfungsi sebagai elemen estetika saja, tetapi juga ikut mempengaruhi keselamatan dan performa kendaraan. Selalu jaga komponen mobil agar tetap prima dengan rutin membawa servis berkendara di bengkel terdekat. 


Peran Penting Velg Mobil! Begini Cara Merawatnya

Sahabat bisa segera jadwalkan waktu servis melalui e-commerce terpercaya www.Garasi.id. Pilih layanan jasa servis Eksterior maupun Interior yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Jika Sahabat mengalami kesulitan, silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Sep 2023 | 00:08 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifvelgmobilcucimobilinterioreksteriorperawatanvelgservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family