Perawatan Yang Seharusnya Rutin Kamu Lakukan
Perawatan Yang Seharusnya Rutin Kamu Lakukan

Perawatan Mendasar Mobil Agar Tetap Prima

11 Okt 2023 | 23:54 WIB

Sahabat sebagai pemilik mobil tentunya sudah menjadi kewajiban untuk selalu merawat mobil agar menjaga performa yang baik setiap berkendara. Selain itu, merawat mobil berguna untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara karena dapat meminimalisirkan terjadinya gangguan saat berkendara.


Terlebih jika Sahabat yang mobilitasnya tinggi  tentunya memerlukan perawatan ekstra, baik mobil matic maupun manual. Maka dari itu, rawat mobil kesayangan kamu dengan servis berkala demi menjaga kondisi mobil tetap optimal.


Rawat Mobil Secara Berkala

Rawat Mobil Secara Berkala


Namun perlu Sahabat ketahui, jika kamu tidak perhatikan setiap suku cadang mobil yang sering digunakan akan cenderung cepat rusak. Selain bisa menyebabkan mogok, performa mobil juga akan turun secara perlahan.


Bagaimana Sahabat? Sepakat kalau kamu perlu menjaga kondisi mobil? Jika ya, yuk simak beberapa langkah perawatan mendasar yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi mobil kesayangan kamu tetap prima.


Ganti Oli Secara Berkala Untuk Menjaga Keawetan Mesin

Ganti Oli Secara Berkala Untuk Menjaga Keawetan Mesin


  • Rutin Cek Oli

Umumnya Sahabat bisa ikuti petunjuk buku manual, cek oli dianjurkan setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali. Namun, jika penggunaan mobil rutin dan menghadapi kemacetan, mengganti oli dilakukan setiap 5.000 kilometer. Selain itu, apabila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya untuk ganti oli.


  • Periksa Kopling dan Rem

Disarankan saat memasuki 10.000 dan 50.000 kilometer periksalah mobil kesayangan Sahabat. Perhatikan kampas kopling yang sudah mulai aus, hal itu akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Kemudian rutin cek kondisi rem. Mengganti minyak rem sebaiknya setiap 20.000 kilometer.


Pastikan Rem Mobil Pakem Setiap Saat

Pastikan Rem Mobil Pakem Setiap Saat


  • Ganti Air Radiator

Penggantian air radiator yang tepat dan tidak asal-asalan, Hal ini harus Sahabat perhatikan dalam perawatan mobil. Agar menunjang performa mobil kesayangan kamu kembali prima.


  • Cek Tekanan Ban

Tekanan ban sangatlah penting untuk keselamatan ya Sahabat. Minimal sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Perhatikan juga kondisi ban mobil kamu, sehingga bila terlihat sesuatu yang aneh ataupun rusak sebaiknya segera diganti.


Cek Kondisi Lampu Mobil

Cek Kondisi Lampu Mobil


  • Rutin Periksa Kabel dan Lampu

Demi kenyamanan serta tidak bermasalah saat di jalan, Sahabat harus rutin memeriksa kondisi kabel dan lampu. Apakah ada kabel yang kendur, bahkan putus, dan lampu yang mulai redup. Bila menemukan kerusakan segera untuk mengganti dengan yang baru dan gunakan spare part yang direkomendasikan pabrik.


  • Cuci Mobil

Minimal seminggu sekali Sahabat luangkan waktu untuk mencuci mobil agar body mobil tetap kinclong dan bersih dari noda. Bila jarang dicuci maka akan semakin susah dibersihkan, apalagi mobil yang berwarna cerah nodanya mudah terlihat. Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci serta gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat.


Membersihkan Mobil Secara Rutin

Membersihkan Mobil Secara Rutin


  • Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Terakhir, tips merawat mobil agar performa mesin yang lebih baik yakni menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi atau sesuai anjuran pabrik.


Itulah Sahabat beberapa informasi mengenai cara perawatan mendasar agar mobil kesayangan kamu tetap prima dan nyaman saat berkendara. Untuk memastikan bahwa mobil kamu bisa terus menjalankan fungsinya, kamu perlu lakukan servis berkala baik dari mesin, eksterior maupun interior mobil.


Perawatan Mendasar Mobil Agar Tetap Prima


www.Garasi.id adalah e-commerce otomotif yang mengerti kebutuhan Sahabat. Nikmati promo Sumpah Pemuda yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan jasa perawatan mobil, ganti oli, servis AC, cuci mobil serta spooring & Balancing.



Promo ini berlaku sampai 31 Oktober 2023. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id


Ini bukan tentang mobil yang kamu kendarai, Ini tentang bagaimana cara kamu merawatnya! Selamat merawat mobil kesayangan Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 12 Okt 2023 | 00:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikperawatanmobilgantiolibanmobillampumobilremmobilairradiatorservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family