Perawatan mesin mobil
Perawatan mesin mobil

Perawatan Mesin Mobil Tidak Harus Selalu ke Bengkel, Bisa Dari Rumah

04 Mar 2022 | 14:13 WIB

Sebagai pemilik kendaraan tentu Sahabat ingin dong mobil kesayangan selalu dalam kondisi yang prima atau mobil berumur panjang. Untuk itu, Sahabat perlu nih yang namanya melakukan perawatan mobil secara berkala khususnya di bagian mesin. Perawatan mesin mobil sangat perlu dilakukan untuk membuat mobil selalu bekerja secara optimal.

Adapun manfaat dari perawatan mesin adalah, Sahabat jadi tahu kalau kendaraan Sahabat dalam kondisi baik-baik saja sehingga saat berkendara jadi terasa aman. selain itu dengan perawatan mesin rutin, penggunaan bahan bakar kendaraan Sahabat juga bisa jadi irit loh. Dan yang terakhir, dengan melakukan perawatan rutin maka harga jual kembali mobil Sahabat tidak terlalu menyusut. Karena pembeli mobil bekas biasanya akan mencari mobil dengan kondisi mobil yang masih optimal.

Bicara soal perawatan mesin, Sahabat nggak harus selalu membawa mobil ke bengkel loh. Perawatan mesin mobil bisa Sahabat lakukan sendiri di rumah. Inilah 5 cara perawatan mesin yang bisa Sahabat lakukan sendiri dirumah :

1. Cek Starter Mobil

Yang pertama adalah Sahabat coba untuk menyalakan mobil. Apabila mesin sulit untuk dihidupkan, kemungkinan ada kerusakan pada starter. Bisa jadi hal ini dikarenakan suplay bahan bakar maupun udara yang berkurang. Untuk itu Sahabat bisa mencoba memeriksa filter dengan cara mencabut filter kemudian membersihkannya dengan menggunakan kuas atau sikat gigi.

Perawatan Mesin Mobil Tidak Harus Selalu ke Bengkel, Bisa Dari Rumah

Merawat Mobil Bisa Dari Rumah

2. Mengganti Oli Secara Berkala

Perawatan mobil yang paling penting kedua adalah melakukan penggantian oli secara berkala. Normalnya, penggantian oli dilakukan pada jarak 3000 hingga 5000 kilometer. Penggantian oli ini tergantung dari jenis oli yang digunakan dan penggunaan oli ini juga mempengaruhi kondisi mesin mobil Sahabat. Sangat penting dilakukan penggantian oli, terutama jika mobil Sahabat sering dipakai terus menerus. Fungsi dari oli ini adalah menahan gesekan ketika mesin bekerja. Oli yang berkualitas juga bisa menjaga kondisi mobil tetap stabil dan optimal.

3. Merawat Aki Mobil

Aki mobil adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Maka dari itu, perawatan mobil yang paling penting adalah merawat serta menjaga aki agar awet dan tahan lama. Cara mudahnya adalah memastikan air aki ada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Sahabat juga bisa melakukan pengecekan aki dengan cara lain, yaitu mengukur tegangan aki melalui voltmeter.

4. Mengisi Penuh Bahan Bakar

Cara perawatan mobil yang paling penting keempat adalah mengisi penuh normal bahan bakar. Kebiasaan mengisi bahan bakar secara tidak penuh membuat kotoran dan kerak menempel pada bagian atas tangki bahan bakar. Jika kerak pada tangki bahan bakar terbawa menuju saluran pembakaran, tentu hal ini akan sangat berbahaya. Disarankan juga untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi. Biasanya pabrik akan merekomendasikan bahan bakar yang beroktan tinggi serta bebas dari timbal. Karena bahan bakar dengan kandungan timbal akan membuat terjadinya penyumbatan serta mesin akan gagal bekerja.

5. Melakukan Tune Up Secara Rutin

Perawatan mobil yang paling penting terakhir adalah melakukan tune up secara rutin di bengkel mobil terdekat. Melakukan tune up akan membuat mesin mobil menjadi tetap awet serta bekerja dengan optimal. Saat proses tune up, komponen vital dalam mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Dan saat terjadi kerusakan dan masalah, bengkel akan memperbaiki.

Nah Sahabat, itulah perawatan mesin mobil yang bisa dilakukan sendiri. Namun bila perawatan mesin sulit Sahabat lakukan sendiri karena Sahabat sibuk atau kurang mengerti mesin mobil, Sahabat bisa mempercayai Garasi.id. Kebetulan di bulan Maret ini lagi ada Promo Maret Makin Greget Servis Mobil, promo ini merupakan layanan Home Service. Jadi Buat Sahabat yang mau melakukan Perawatan mobil khususnya mesin mobil tanpa ribet pergi ke bengkel, bisa banget nih langsung beli Vouchernya di Garasi.id.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 04 Mar 2022 | 14:13 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservismobilhomeservice
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family