Perawatan Mobil
Perawatan mobil di Garasi.id

Perawatan Mobil Itu Harus Sampai Sektor Bawah

18 Agt 2020 | 13:18 WIB

Merawat mobil itu tidak hanya seputar mesin, area lain juga penting mendapatkan perhatian khusus untuk perawatan. Salah satunya perawatan mobil seperti kaki-kaki, yang erat dengan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Biasanya, perawatan mobil bagian kaki-kaki terbagi dalam dua metode, yakni spooring dan balancing. Keduanya memiliki pengertian dan proses pengerjaan yang berbeda, sebagai tahap awal kita fokus pada perawatan mobil yaitu balancing.

Kaki-Kaki Mobil Terasa Tidak Nyaman, Kamu Harus Spooring Balancing!

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, Perawatan mobil balancing dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada roda mobil, mulai dari titik atas-bawah atau kiri-kanan, agar kestabilan mobil tetap terjaga, baik saat kecepatan tinggi atau ketika bermanuver. 

"Balancing dilakukan saat mobil dirasa sudah mulai tak stabil saat dikendarai. Biasanya mobil akan terasa melayang pada kecepatan tertentu, dan kemudi sedikit berat dikendalikan ketika berjalan pelan," ucap Indah seperti melansir dari laman Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Indah mengatakan sebenarnya perawatan mobil balancing masuk dalam perawatan berkala mobil yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Namun sayangnya hal ini kerap dilupakan oleh pemilik mobil karena terfokus pada sektor perawatan mesin.

Sementara bila terlalu lama membiarkan roda yang tak lagi seimbang, bisa menyebabkan banyak kerugian. Mulai dari kenyamanan berkendara yang berkurang, sampai kerusakan pada beberapa komponen juga keausan yang tak merata pada permukaan ban. 

Untuk mengetahui gejala kaki-kaki yang sudah waktunya dibalancing, sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena kaki-kaki langsung terkoneksi dengan pengendalian, maka sangat mudah bagi pengemudi merasakan bila ada kejanggalan pada mobil ketika dikendarai. 

Kaki-Kaki Mobil Terasa Tidak Nyaman

Sejalan dengan umur pemakaian, Sahabat sebagai pengendara pasti kerap merasa kenyamanan mobil yang dipakai mulai berkurang. Ketidaknyamanan itu bisa berasal dari kaki-kaki kendaraan yang mulai bermasalah. Persoalan komponen itu bisa berimbas pada setir yang bergetar atau mobil terasa miring.

Kaki-Kaki Mobil Terasa Tidak Nyaman, Kamu Harus Spooring Balancing!

Bukan hanya tidak nyaman Sahabat, keamanan berkendara pun jadi terancam. Dengan kata lain, penggunaan mobil dalam waktu yang lama akan mengubah kedudukan empat roda. Walaupun Sahabat tidak dapat melihatnya secara langsung, tapi dapat merasakannya lewat performa mobil.

"Jika ada masalah pada keempat roda, ini artinya mobil membutuhkan perawatan mobil khusus, spooring dan balancing," kata Indra Nugraha Wisuda, Retail Division Head Astra Otoparts,seperti melansir laman Otosia.com.

Perawatan mobil Spooring dan balancing ini adalah suatu upaya penyelarasan kaki-kaki roda mobil agar kembali menjadi selaras dan seimbang. Biasanya ban akan habis tidak merata apabila kendaraan tidak pernah servis spooring balancing.

Rotasi ban juga sangat penting, keteraturan dalam rotasi akan lebih memudahkan perawatan mobil dan perbaikan. Hal ini bertujuan supaya keausan antara ban bisa merata.

"Spooring dan balancing sangat penting secara rutin dilakukan, terlebih saat akan dipakai untuk melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya servis berkala dilakukan secara rutin setiap 10.000 km dan bisa lebih cepat jika sering melewati jalan berlubang dan tidak merata," papar Indra.

Sering melewati kondisi jalan yang tidak mulus, roda mobil mengalami kerusakan, aus, atau tipis tidak merata. Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, pengemudi bisa merasakan getaran yang mengganggu.

Waktu tepat spooring

Salah satu komponen pada mobil yang mendukung Sahabat ketika berkendara adalah kaki-kaki. Oleh karena itu, perawatan mobil intensif pada bagian ini sangatlah penting, dan harus dilakukan secara berkala atau rutin. Spooring balancing mobil merupakan salah satu bagian dari perawatan rutin yang harus dilakukan pada mobil agar laju mobil tetap lurus. 

Agar Sahabat terhindar dari peristiwa yang tidak mengenakkan, ada baiknya kamu melakukan perawatan mobil yaitu spooring terhadap mobil yang sering kamu gunakan. 

Perawatan Mobil Itu Harus Sampai Sektor Bawah

Lalu sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan perawatan mobil spooring dan balancing terhadap roda mobil kita? Waktu yang dianjurkan untuk melakukan perawatan mobil spooring balancing adalah ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 20.000 kilometer. Namun, jika Sahabat sering melewati jalan berlubang, dianjurkan untuk lebih cepat melakukan perawatan mobil spooring atau sekitar 10.000 kilometer. 

Kegiatan perawatan mobil spooring adalah proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Biasanya dua roda bagian depan yang akan diluruskan dan diatur sesuai dengan setelan pabrikan (factory setting). Penyetelan roda depan itu sendiri meliputi penyetelan sudut-sudut camber, caster, toe (toe-in/toe-out) dan sudut radius putar. 

Setelah melakukan proses perawatan mobil spooring, Sahabat sudah dipastikan melanjutkan ke tahap proses perawatan mobil balancing.

perawatan mobil balancing sendiri merupakan proses untuk menjaga keseimbangan roda menggunakan wheel balancer. Alat tersebut akan menentukan titik berat pada roda, serta besaran beban yang harus diberikan besi balancer pada roda agar kembali seimbang. Biasanya Sahabat akan menemukan beberapa buah timah / besi balancer yang menempel di bagian dalam velg mobil.

Sudah pasti mobil yang melakukan spooring akan dilanjutkan dengan proses balancing agar hasil yang didapat maksimal.  

Pasti Sahabat bingung kenapa mobil kamu harus selalu di spooring balancing? Ko bisa sih mobil Sahabat yang tadinya normal tiba-tiba harus melakukan perawatan mobil seperti spooring dan balancing ? Nah mungkin beberapa perilaku di bawah ini Sahabat lakukan sehingga menyebabkan keempat roda mobil kamu tidak sinkron dan perlu dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan mobil yaitu spooring dan balancing. 

Pemasangan rotasi ban yang tidak seharusnya. Dalam perawatan mobil, rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur untuk memberikan keausan yang merata di seluruh ban. Selain itu, saat melakukan perawatan mobil yang melakukan rotasi ban dengan benar akan terhindar dari getaran yang diakibatkan oleh velg yang penyok akibat tingkat keausan ban yang berbeda.

Perawatan Mobil Itu Harus Sampai Sektor Bawah

Ketika Sahabat akan melakukan perawatan mobil seperti halnya mengganti ban saat melakukan perawatan mobil, pasanglah ban searah dengan rotasi dan berikan tekanan angin yang sesuai dengan ukuran tekanan angin yang diperbolehkan. 

Jangan mengganti ban mobil kamu dengan ban bekas walaupun ban bekas masih dalam kondisi yang bagus karena akan sangat beresiko saat kamu berkendara. 

Upayakan mengganti ban menggunakan ukuran yang sama pada keempat rodanya, karena jika salah dalam mengganti ban membuat mobil memiliki daya tarik berlebih di salah satu bagiannya. Hal itu bisa menyebabkan keausan ban yang tidak merata, merusak bagian bawah mobil, dan velg yang penyok.

Nah untuk Sahabat yang terfikir akan melakukan perawatan mobil pada kaki-kaki kendaraan seperti sporing balancing, Sahabat bisa membeli voucher perawatan ban di Jasa dan Servis Garasi.id. Selain Perawatan Ban, Sahabat juga bisa melakukan perawatan mobil yang lainya dengan harga spesial karena Garasi.id sedang ada promo #RayakanKemerdekaan. 

Perawatan Mobil Itu Harus Sampai Sektor Bawah

Dengan promo #RayakanKemerdekaan Sahabat bisa memanjakan mobil kesayangan dengan perawatan mobil yang diskonnya sampai dengan 50% dengan periode tanggal 17 Agustus 2020 - 31 Agustus 2020. 

Discount Sampai Dengan 50%

Di masa pandemi ini pasti akan membuat kamu berpikir untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak. Tetapi sekarang kamu tidak perlu takut keluar uang banyak karena ada promo jasa dan servis sampai dengan 50%.

Ini adalah kesempatan terbaik kamu untuk melakukan perawatan mobil kesayangan di Hari Kemerdekaan. Setiap partner yang bekerjasama dengan Garasi.id telah menetapkan standar COVID-19 untuk setiap customer yang datang langsung ke tempat mereka.

Jasa & Servis Apa Saja Yang Ada Discount Sampai Dengan 50%

  • Paket Servis Berkala
  • Cuci mobil
  • Tune up
  • Coating dan Detailing
  • Pemasangan kaca film
  • dst

Keuntungan Bertransaksi Jasa & Servis di Garasi.id

  • Banyak Promo yang Berlangsung
  • Selalu bekerjasama dengan partner terpercaya
  • Proses mudah dan cepat bisa diakses melalui handphone
  • Tersedia banyak bank yang kerjasama, bisa dicicil 0%

Wah menarik bukan promo #RayakanKemerdekaan dari Garasi.id, nah buat Sahabat yang tertarik bisa langsung cek Promo Kemerdekaan 2020 atau Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id ke Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 18 Agt 2020 | 13:24 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

rayakankemerdekaandiskon50%solusipuaspilihanamangarasiidjasadanservis