Komponen Mobil Yang Perlu Dicek Setelah Mudik Lebaran 2024.
Komponen Mobil Yang Perlu Dicek Setelah Mudik Lebaran 2024.

Mudik Selesai? Yuk Cek Mobil Pasca Mudik 2024!

17 Apr 2024 | 16:08 WIB

Mudik adalah aktivitas pulang ke kampung halaman saat hari besar keagamaan untuk merayakan hari suci bersama keluarga. Mobil menjadi salah satu kendaraan yang identik untuk mudik baik jarak dekat maupun jarak jauh. Menggunakan mobil untuk mudik memungkinkan beberapa komponen mobil mengalami penurunan kualitas. Untuk itu, Sahabat perlu melakukan pengecekan bahkan pergantian komponen mobil agar mobil tetap dalam kondisi yang optimal. Pengecekan mobil sangat penting dilakukan untuk menjaga keselamatan saat berkendara.


Berikut 5 hal yang penting untuk dicek pasca mudik Lebaran 2024!


  1. Roda

Roda mobil merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan berbagai macam jalanan baik yang halus hingga tidak rata. Dalam perjalanan jauh roda mobil yang sudah melewati berbagai kondisi jalan dapat mengakibatkan penurunan kelayakan standar pemakaian ban. Kelayakan standar pemakaian ban dapat dilihat dari tekanan ban, bagian sisi ban (sidewall), benjolan dan sobekan pada dinding ban.

Mudik Selesai? Yuk Cek Mobil Pasca Mudik 2024!


Pastikan ban mobil yang Sahabat Garasi gunakan pasca mudik Lebaran masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) di setiap masing-masing ban. Sahabat bisa melihat dari segitiga yang ada di dinding ban atau dari telapak ban guna melihat tingkat kehausan ban jika perlu diganti.


  1. Oli Mesin

Bagi para pemudik yang menggunakan mobil dengan jarak tempuh jauh, ada baiknya untuk mengecek kondisi oli mesin bahkan menggati oli mesin jika diperlukan. Pergantian oli mesin yang biasanya dilakukan per enam bulan sampai setahun atau 5.000 - 10.000 KM, namun setelah melalui perjalanan jauh kilometer mobil dapat saja bertambah sehingga memungkinkan untuk pergantian oli. 

Mudik Selesai? Yuk Cek Mobil Pasca Mudik 2024!


Sahabat bisa mengenali beberapa tanda kekurangan oli mesin yang muncul pada mobil, seperti yang paling mudah adalah dengan mengecek lampu indikator oli mesin yang menyala. Menyalanya lampu indikator oli mesin menandakan oli mesin mobil sudah tidak berada dalam kondisi prima. Lalu jika asap knalpot mobil Sahabat terlihat berubah menjadi lebih pekat atau berkepul hitam, itu menjadi salah satu tanda oli mesin mobil perlu diganti. Pada umumnya asap knalpot mobil akan terlihat transparan atau bahkan tak terlihat, namun jika asap knalpot mobil berubah menjadi lebih keruh adalah dampak dari penguapan oli mesin di dalam mesin mobil dan masuk kedalam ruang pembakaran. Selain ganti oli mesin, Sahabat juga wajib mengganti filter oli mesin. Filter oli mesin diganti baru agar endapan kotoran tidak menyumbat pelumasan.


  1. Rem

Rem menjadi salah satu komponen yang penting untuk dicek setelah perjalanan mudik dikarenakan fungsinya yang menjaga laju kendaraan agar tetap terkontrol. Kondisi jalanan mudik yang beragam tentu membuat rem harus bekerja keras. Untuk bagian pengereman ini ada beberapa hal yang harus diperiksa, mulai dari kampas rem, minyak rem, dan uji pengereman.


Cek kondisi kampas rem bisa secara visual. Jika kampas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya lakukan penggantian. Pada minyak rem, pastikan minyak rem berada pada batas yang ditentukan. Apabila berkurang drastis atau berada di bawah batas normal, rem akan mengalami gangguan, bahkan dapat memicu terjadinya rem blong. Terakhir lakukan uji coba pengereman untuk memastikan kinerja rem mobil. Uji coba ini penting untuk mengetahui apakah rem bekerja dengan baik dan aman saat digunakan di jalan.


Ingat Sahabat! Rem tangan juga perlu untuk dicek karena memiliki fungsi untuk menghentikan roda belakang pada mobil. Rem belakang berperan dalam menyeimbangkan mobil, sementara rem depan bertanggung jawab mengurangi laju kecepatan kendaraan saat diperlukan. Oleh karena itu, pengecekan pada kedua sistem pengereman ini sangat dianjurkan.


  1. Air Radiator

Cek jumlah dan kualitas air radiator. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memeriksa level air radiator di tabung reservoir, pastikan jumlah air radiator diantara level LOW dan HIGH, jika level air radiator dibawah LOW atau bahkan habis, segera bawa ke bengkel untuk memastikan tidak ada kebocoran di sistem pendinginan mesin. Dengan mengetahui kondisi air radiator, pemilik dapat mencegah mesin overheat dan dampak merugikan lainnya.

Mudik Selesai? Yuk Cek Mobil Pasca Mudik 2024!


  1. Interior Mobil

Setelah perjalanan panjang, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa interior mobil apakah berantakan, ada kotoran, dan bau tidak sedap. Bersihkan area kabin mobil Anda dengan membuang semua sampah yang tidak diinginkan yang mungkin telah tersimpan lama di dalam mobil. Anda juga harus mengelap jok, karpet, dasbor, dan setir mobil untuk menghilangkan noda cairan sebelum mendisinfeksi serta membersihkan interior mobil.

Mudik Selesai? Yuk Cek Mobil Pasca Mudik 2024!


Pengecekan 5 hal diatas dapat dilakukan secara mandiri ataupun bersama inspeksi kendaraan yang lebih paham. Sahabat bisa melakukan pengecekan mobil bersama  Garasi.id untuk menjamin keawetan, keamanan serta kenyamanan mobil untuk penggunaan selanjutnya pasca mudik Lebaran. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 17 Apr 2024 | 16:18 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mudik2024lebaranpascalebaranperawatanmobilcekmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family