Periksa Semua Komponen Kendaraan Untuk Menghindarkan Diri Dari Berbagai Gangguan Selama Perjalanan
Periksa Semua Komponen Kendaraan Untuk Menghindarkan Diri Dari Berbagai Gangguan Selama Perjalanan

Perawatan Mobil Sebelum Menikmati Libur Akhir Tahun

24 Des 2022 | 11:00 WIB

Libur natal dan tahun baru 2023 tinggal beberapa hari lagi. Banyak masyarakat yang memanfaatkan liburan panjang ini untuk berlibur atau mudik mengunjungi keluarga. Sebelum menikmati liburan, Sahabat disarankan untuk mempersiapkan kendaraannya, khususnya bagi pengguna kendaraan mobil. Sahabat harus rutin mengecek kondisi mobil ketika melakukan perjalanan jauh, seperti komponen beserta mesin mobil sebelum melaksanakan mudik.


Ada berbagai cara merawat mesin mobil sebelum melaksanakan mudik. Sebenarnya tidak hanya mesin saja yang harus dirawat sebelum mudik, tetapi juga beberapa bagian lainnya. Pengerjaan perawatan mesin juga harus diberikan kepada para mekanik handal dan berpengalaman. Berikut penjelasannya.


Jangan Sepelekan Masalah Kecil Pada Komponen Mobil

Jangan Sepelekan Masalah Kecil Pada Komponen Mobil


  • Cek Mesin Mobil Secara Menyeluruh


Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan karena mobil akan melakukan perjalanan dengan total jarak tempuh hingga ratusan kilometer. Mekanik akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.


Kemudian bagian timing belt juga akan dicek agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak. komponen ini sendiri sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil prima untuk melaksanakan mudik.


  • Kelistrikan Harus Prima


Bagian kelistrikan mobil menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Alasannya karena kelistrikan yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.


Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki sendiri.


  • Cek Air Radiator Mobil


Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini.


Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Para mekanik akan melakukan pengecekan dengan melihat seberapa banyak air radiator yang masih ada. Jika sudah berkurang, maka mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Kemudian bagian tabung air atau reservoir radiator juga perlu dicek.


  • Periksa Bagian Kaki-Kaki Mobil


Bagian kaki-kaki mobil akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama berkendara. Jika tidak dicek secara mendalam maka tidak aneh ketika Sahabat mendengar bunyi suara gemuruh dari kaki-kaki mobil. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bearing di roda.


Bearing ini harus dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kejadian rusak atau pecah di jalan karena dapat membuat mobil tidak bisa dikendarai lagi sebelum bearing diperbaiki.


  • Cek Ban Mobil


Ban mobil harus dicek juga secara detail. Kalau kondisi permukaan ban sudah mulai botak maka Sahabat perlu menggantinya. Jangan sampai cengkraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengakibatkan muncul masalah selip saat melintasi jalanan licin.


Cek juga tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah juga. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan Sahabat dan keluarga, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata.


Perawatan Mobil Sebelum Menikmati Libur Akhir Tahun


Jangan lupa untuk merawat mobil sebelum mudik dengan mengunjungi website www.Garasi.id untuk mendapatkan informasi layanan partner terpercaya. Lakukan booking layanan oleh Clara di Wasap sekarang juga dan dapatkan berbagai promo Gaspol 12.12 berikan diskon 75% hingga 150rb untuk produk servis berkala, ganti oli, spooring, balancing, detailing dan perawatan AC agar mobil kesayangan Sahabat siap liburan panjang untuk berlibur atau mudik mengunjungi keluarga tercinta.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalaakhirtahun2022tahunbaru2023
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family