Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV
Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

13 Okt 2019 | 23:03 WIB
BAGIKAN

Di Indonesia banyak sekali jenis mobil yang beredar di pasaran dan tentu saja terdapat perbedaan jenis mobil dari setiap masing-masing kategori tersebut. Beberapa jenis mobil yang tidak asing di telinga kamu seperti SUV dan MPV. Kedua jenis mobil ini memang menjadi pilihan kebanyakan orang sebagai mobil yang digunakan untuk sehari-hari. Namun, apa saja sih perbedaan jenis mobil SUV dan mobil MPV ini?

Mobil SUV

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

SUV merupakan singkatan dari sport utility vehicle biasa juga disebut sebagai mobil crossover. Mobil SUV memang memiliki desain yang dipengaruhi oleh mobil offroad, namun dengan penambahan aksen sporty membuat mobil ini diberi nama SUV. Penggunaan SUV sebenarnya bisa dikatakan dimana saja, karena mobil ini memiliki fungsi utility, yang artinya sanggup menempuh medan apapun.

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Ada tiga kategori perbedaan jenis mobil SUV yang perlu kamu ketahui;

Compact SUV, mobil SUV yang memiliki karakter crossover yang kental, berbodi mini dan hanya memiliki 4 kursi penumpang. Mobil ini dibuat untuk para konsumen yang hobi crossover namun tinggal didaerah perkotaan yang padat. Perbedaan jenis mobil crossover di dalam kategori mobil SUV ini terletak pada dimensi mobil yang mini. Oleh karena itu, mobil crossover ini memiliki kemampuan bermanuver yang baik ketika mengalami kemacetan.

Contoh Honda HR-V, Nissan Juke, Suzuki S-Cross dan Chevrolet Trax.

Medium SUV, kelompok kedua memiliki body lebih besar dari compact suv dan biasanya terdapat 7 buah kursi. Contohnya Chevrolet Captiva, Honda CRV dan Mazda CX 5.

Big SUV merupakan kelompok SUV berbodi bongsor yang sering dijadikan sebagai mobil-mobil menerjang di area pegunungan. Big SUV ini juga mampu dijalankan di perkotaan namun dengan bodi serta kapasitas mesin besar akan menyulitkan pemilik. Contohnya Fortuner, Pajero Sport dan Isuzu MUX.

Mobil MPV

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Mobil MPV, merupakan singkatan dari multi-purpose vehicle. Maksudnya adalah mobil ini bisa digunakan secara multifungsi. Entah untuk mengangkut penumpang atau mengangkut barang. Biasanya mobil MPV dilengkapi kursi yang dapat dilipat di bagian belakang untuk memperbesar ruang bagasi agar bisa membawa barang atau sebagai penyimpanan. Sama seperti pada mobil SUV, mobil MPV juga memiliki perbedaan jenis mobil di dalamnya;

Low MPV merupakan MPV dengan kelas terendah yang memiliki keterbatasan fitur dan bodinya tidak terlalu besar namun memiliki harga yang murah. Contoh Avanza, Xenia, dan Ertiga.

Medium MPV merupakan mobil penumpang satu tingkat diatas low MPV, dengan karakter lebih besar bodinya serta lebih lengkap fiturnya. Contoh Innova, Sienta, dan Honda Freed.

Premium MPV merupakan kelas teratas dari MPV, yang memiliki body besar dan interior kelas VIP. Contohnya Toyota Alphard, Vellfire dan Mazda Biante.

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Dari penjelasan diatas, Sahabat sudah sedikit mengerti bukan apa perbedaan jenis mobil SUV dan MPV beserta contoh mobilnya? Namun apa yang dijelaskan diatas adalah perbedaan yang umum orang pahami. Biar kamu mengetahui perbedaan jenis mobil SUV dan MPV lebih mendalam, mari simak apa saja sih sebenarnya yang membedakan kedua jenis mobil tersebut.

Perbedaan jenis mobil dilihat dari kegunaan/fungsi

Perbedaan jenis mobil yang paling terlihat di antara kedua mobil ini adalah tujuan dari penggunaan mobil ini. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang ditujukan untuk dapat melewati berbagai jalan dan medan yang susah dan menantang ataupun digunakan sebagai keperluan olahraga-olahraga yang menantang adrenalin.

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Sedangkan MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis mobil yang memang dirancang untuk keluarga. Sehingga lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, mobil ini juga sering dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas. Bahkan mobil ini juga dapat menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Ditambah lagi dengan sistem jok yang dapat dilipat, sehingga membuat bagasi dapat menjadi lebih luas lagi. Sehingga jenis mobil seperti ini dinamakan Multi Purpose, karena memiliki banyak fungsi.

Perbedaan jenis mobil dilihat dari kapasitas penumpang

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV selanjutnya bisa dilihat dari kapasitas menampung penumpangnya. Jenis mobil MPV memang diperuntukkan untuk keluarga. Sehingga tak heran jika memiliki kabin mobil yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 8 orang penumpang di dalamnya. Berbeda dengan mobil SUV, sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai mobil keluarga hanya saja kapasitas penumpang yang dapat diangkut di dalam mobil lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil MPV.

Perbedaan jenis mobil dilihat dari konsumsi bahan bakar

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Mesin-mesin besar pasti akan selalu disematkan pada mobil berjenis SUV. Tenaga mobil dan torsi yang besar dibutuhkan mobil berjenis SUV agar kuat melewati berbagai jalanan dan medan yang sulit. Oleh karena mobil berjenis SUV bisa dikatakan boros ketimbang jenis mobil lainnya. Berbeda dengan jenis mobil MPV yang memang ditujukan sebagai mobil keluarga, kebanyakan sudah dilengkapi dengan sistem pengelolaan bahan bakar yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit

Kapasitas Mesin

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV yang cukup signifikan adalah pada mesin yang digunakan. Pada mobil SUV yang memang digunakan untuk melewati jalanan off road, maka sudah pasti membutuhkan mesin dengan kapasitas yang besar. Rata-rata mobil SUV dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas diatas 1500 cc. Sedangkan untuk mobil MPV sendiri kebanyakan dilengkapi dengan mesin berkapasitas dibawah 1500 cc.

Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV dilihat dari material bodi mobil

Sesuai dengan tujuannya, mobil SUV memang diperuntukkan untuk melewati medan yang sulit dilalui. Sehingga pembuatan mobil SUV menggunakan struktur body on frame atau bodi mobil yang diposisikan berada diatas sasis. Cara ini memang dilakukan agar mobil dapat mudah melintasi jalanan yang off road sekalipun seperti tanah berlumpur hingga bebatuan.

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Keberadaan sasis ini memang membuat struktur mobil menjadi lebih kuat serta tidak mudah untuk berubah bentuk. Sedangkan mobil MPV memang didesain lebih tinggi dan lebar sehingga kabin mobil menjadi lebih luas. Hal ini lah yang membuat jenis mobil MPV memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga.

Perbedaan jenis mobil SUV dan MPV dilihat dari harga mobil

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Sebenarnya untuk harga mobil, baik MPV ataupun SUV memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kategori mobil-mobil tersebut. Namun kebanyakan yang ada di pasaran, harga mobil MPV memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil SUV. Hal ini tidak mengherankan karena mobil SUV memang dilengkapi dengan fitur-fitur kelas premium. Bahkan harga mobil low SUV sendiri sama dengan MPV pada kelas terbaik.

Nah, bagaimana Sahabat, sudah mengerti bukan perbedaan jenis mobil SUV dan MPV?

Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Kira-kira menurut Sahabat, mobil jenis apa yang cocok untuk kamu miliki, apakah mobil SUV atau mobil MPV? Kalau sudah menentukan, jangan lupa, di Garasi.id mobil-mobil berjenis SUV, MPV dan LCGC tersedia lho. Walaupun mobil bekas, kondisinya masih sangat optimal, apalagi dengan adanya fitur Mobil Pilihan dimana mobilnya sudah pasti lulus Inspeksi Mobil. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi membeli mobil bekas.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 13 Okt 2019 | 23:03 WIB
BAGIKAN