Buse berpengearuh terhadap performa mesin mobil
Buse berpengearuh terhadap performa mesin mobil

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

02 Okt 2019 | 13:20 WIB
BAGIKAN

Mesin adalah komponen utama pada sebuah mobil yang sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk selalu menjaga performa mesin. Cara menjaga performa mesin mobil ada beberapa tahapan, mulai dari perawatan mesin ringan hingga perawatan mesin yang cukup berat. Dengan melakukan perawatan mesin, sudah bisa dipastikan performa mesin akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Kalau boleh tau, pernah tidak Sahabat merasa performa mesin mobil yang kamu miliki terasa ganjil? Mungkin performa mesin yang loyo, atau konsumsi bahan bakar yang boros daripada biasanya? Banyak faktor yang bisa menyebabkan performa mesin menurun, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan pada mobil agar performa mobilnya selalu terjaga.

Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Tips Optimalisasi Performa Mobil Untuk Mudik

Agar performa mesin mobil bisa berjalan dengan baik, pastikan bahan bakar yang dipilih sudah sesuai dengan rasio kompresi antara mesin mobil dan Research Octan Number (RON). Cek buku manual kendaraan terlebih dahulu ya Sahabat untuk tau standar RON yang harus digunakan.

Nilai oktan atau RON sangat penting diperhitungkan karena makin tinggi oktan maka bahan bakar tidak mudah terbakar sebelum waktunya. Jika kompresi dan suhu tinggi bisa membuat bensin terbakar lebih dulu sebelum dipatik busi, bisa berakibat efek tenaga mesin yang loyo, boros BBM dan penurunan perfoma mesin mobil.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Pastikan juga untuk selalu memenuhi tangki bensin mobil. Pasalnya, tangki atas yang kering biasanya menimbulkan kerak dan kotoran yang berbahaya jika sampai terbawa hingga ke saluran pembakaran sudah bisa dipastikan akan mengurangi performa mesin mobil kamu.

Memperhatikan Sistem Pembuangan Mesin

Tips Optimalisasi Performa Mobil Untuk Mudik

Sistem pembuangan mesin pada mobil sering kali menjadi bagian yang terlupakan. Padahal, part ini juga membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga performa mesin mobil selalu maksimal. Perhatikan kendaraan secara seksama, jika muncul asap di knalpot, atau suara berisik selama perjalanan, ada kemungkinan sistem pembuangan mesin mengalami gangguan dan perlu diservis untuk membalikan performa mesin mobil seperti semula.

Pemilihan Oli Pelumas

Tips Optimalisasi Performa Mobil Untuk Mudik

Agar perfroma mesin mobil selalu dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih oli yang tepat. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas agar performa mesin dapat berjalan mulus serta meminimalkan gesekan antar logam yang membuat mesin cepat aus. Tidak hanya itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin yang menjaga suhu dan performa mesin tetap stabil.

Jangan lupa untuk melakukan pergantian oli paling tidak 6 bulan sejak pergantian terakhir atau telah melewati jarak tempuh 10.000 km. Hal ini dilakukan karena sepanjang pemakaian, oli akan mengalami oksidasi dan kotor karena mengikat deposit dan sisa pembakaran, sehingga perlu penggantian untuk memastikan perlindungan tetap maksimal dan performa mesin mobil tetap terjaga.

Efisiensi Performa Mesin

Memiliki kendaraan yang irit tapi juga bertenaga menjadi keinginan banyak orang. Tetapi, irit lebih mengarah ke penghematan yang imbasnya ada pada performa mesin lebih rendah sementara kalau ingin performa mesin lebih bertenaga maka bensin nya menjadi lebih boros. Sistem injeksi adalah solusi atas masalah diatas, dimana campuran udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar diatur secara real-time oleh teknologi berbasis komputer.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Hasilnya, pembakaran didalam mesin lebih sempurna sehingga performa mesin lebih efisien (seimbang antara irit dan power). Namun, apa pembakaran yang efisien hanya terdapat pada injeksi ? Bagaimana dengan sistem karburator, apa bisa mendapatkan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mendapatkan performa mesin yang optimal?

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Secara umum, efisiensi pembakaran mesin itu dipengaruhi oleh perbandingan kadar udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sistem injeksi atau sistem karburator itu hanyalah alat untuk mencampurkan dua molekul tersebut. Jadi, asal campurannya pas maka baik injeksi maupun karburator bisa mendapatkan pembakaran yang sempurna dan performa mesin yang optimal. Ternyata, kita bisa mengetahui apakah performa mesin mobil Sahabat bagus atau tidak dari elektroda busi.

Performa mesin vs. busi

Busi memiliki fungsi penting dalam proses pembakaran di mesin mobil. Tugas utama busi adalah memberikan percikkan api dalam ruang bakar yang telah terkompresi campuran bensin dan udara. Dengan adanya percikan api, maka pembakaran dalam ruang silinder pun terjadi untuk menghasilkan daya yang menggerakkan mobil Sahabat. 

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Membersihkan atau mengganti busi merupakan cara untuk memastikan performa mesin mobil tetap optimal. Pasalnya, performa mesin yang menurun atau terjadinya pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar mesin merupakan efek yang kerap terjadi ketika busi mulai bermasalah.

Ini merupakan akibat langsung dari ketidakmampuan busi dalam memercikkan api yang sudah bisa dipastikan performa mesin menurun karena proses pembakarannya tidak berjalan dengan sesuai. 

Secara umum ada tiga kondisi yang sering ditemui pada elektroda busi yang mecirikan performa mesin mobil kamu optimal atau tidak.

Elektroda busi berwarna coklat

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Warna cokelat pada elektroda busi menandakan bahwa pembakaran didalam mesin itu berlangsung secara sempurna atau efisien. Warna coklat disini bisa beragam, umumnya coklat seperti teh. Ini menandakan campuran udara dan bensin pada mesin, sudah tercampur secara ideal.

Elektroda busi berwarna hitam pekat

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Warna hitam pekat pada elektroda busi menandakan adanya kelebihan bahan bakar, maka ini bisa diartikan campuran bensin lebih boros atau lebih kaya, sehingga pembakarannya pun kurang efisien. Pada pembakaran seperti ini, biasanya asap knalpot bau bensin serta kadang mengeluarkan asap hitam. Memang, ini membuat mesin lebih powerful tapi efeknya busi cepat mati, lebih boros bensin, serta akselerasi menjadi lebih berat.

Elektroda busi berwarna putih

Warna putih pada elektroda busi menandakan campuran bensin yang kurus atau kurang dari kadar normalnya. Kondisi ini menandakan bahwa bensin yang masuk ke ruang bakar lebih sedikit dibandingkan normalnya. Akibatnya, mesin akan lebih sulit dihidupkan serta mesin gampang mati sendiri.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Ketika kamu menjumpai kondisi busi yang lebih putih, bisa jadi itu karena ada sumbatan pada selang bensin. Bisa dari fuel pump, atau dari injektor. Jadi cara yang bisa kamu ambil, adalah dengan melakukan flushing sistem injeksi. Jangan lupa gunakan bensin dengan oktan yang pas dengan tekanan kompresi kendaraan, karena jenis bensin yang dipakai juga mempengaruhi pembakaran mesin.

Optimalisasi ruang pembakaran mesin

Ada banyak cara untuk melakukan optimalisasi ruang pembakaran mesin untuk mendongkrak peforma mesin. Kalau masih pakai karburator, kita bisa mengatur campuran udara dan bensin alias di setting ulang.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Tetapi kalau injeksi, sepertinya susah kecuali anda bisa me-remap ECU pada sistem injeksi. Namun, sistem injeksi sudah dibuat secara default untuk mencapai pembakaran yang sempurna untuk membuat performa mesin optimal.

Pemilihan busi yang tepat

Seperti yang sudah kamu ketahui, busi adalah salah satu komponen yang vital pada sistem pengapian mobil. Tanpa adanya busi, loncatan bunga api di antara elktroda busi untuk membakar bahan bakar tidak akan terjadi dan mobil tidak akan bisa berfungsi normal. 

Banyak sekali jenis busi yang kamu bisa dapatkan di toko akesoris atau bengkel yang biasa kamu kunjungi. Namun tahukah kamu bahwa semua busi yang tersedia memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak semua jenis busi cocok digunakan di mobil yang kamu miliki. Biar kamu tidak salah memilih jenis busi dan mengakibatkan performa mesin mobil menurun, mari simak perbedaan jenis busi dan fungsinya di bawah ini.

Busi Mobil Standar

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Busi standar biasanya busi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil tertentu. Busi ini pada dasarnya merupakan pilihan yang digunakan untuk kebutuhan mobil sehari-hari. Keunggulan busi mobil standar adalah busi ini memiliki umur yang relatif lebih lama dan mampu menghasilkan stasioner mesin lebih stabil. Busi standar juga akan semakin optimal jika dipakai untuk putaran mesin rendah dan menengah.

Busi Mobil Platinum

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Busi dengan bahan platinum bisa disebut juga busi semi racing. Mengapa demikian? Karena ujung elektroda busi ini didesain sedikit lancip dibandingkan dengan busi standar. Busi tipe ini tidak berbeda jauh dengan pemakaian busi standar, perbedaan signifikannya terletak pada tenaga yang sedikit lebih responsif di putaran mesin bawah. Untuk durasi pemakaian, busi dengan bahan platinum relatif pendek ketimbang dengan busi standar.

Busi Mobil Iridium

Busi ini termasuk dalam busi tipe dingin, bisa dikatakan busi ini adalah busi racing yang digunakan untuk kebutuhan tertentu. Jenis busi ini mampu menghasilkan akselerasi mesin yang agresif dan tinggi. Tarikan kendaraan juga terasa panjang sehingga top speed lebih mudah didapat.

Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil

Namun busi ini juga memiliki kelemahan jika digunakan untuk harian. Stasioner mesin akan sedikit tidak stabil, jika digunakan pada mesin standar dengan tingkat kompresi yang rendah busi ini tidak akan memiliki ketahanan seperti busi platinum dan standar.

Nah Sahabat, itulah beberapa cara menjaga performa mesin mobil kamu selalu optimal tanpa harus membawa mobilnya ke bengkel. Hanya dengan melihat elektroda busi kamu sudah bisa menyimpulkan apa yang terjadi dengan performa mesin kamu. Selanjutnya kamu tinggal mengkonsultasikan atau mengganti busi yang sudah usang agar performa mobil kamu kembali optimal. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Okt 2019 | 13:20 WIB
BAGIKAN