AC Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap Membuat Perjalanan Tidak Menyenangkan
AC Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap Membuat Perjalanan Tidak Menyenangkan

Perhatian! Gejala-gejala Ini Bikin AC Mobil Kamu Tidak Dingin

24 Mar 2022 | 12:58 WIB

Pendingin udara menjadi salah satu komponen yang membuat pengendara nyaman saat mengendarai mobil. Sehingga wajar jika kerusakan AC menjadi salah satu mimpi buruk bagi pemilik mobil.

Masalah AC mobil yang tidak dingin tentunya sangat mengganggu, hal ini akan mengakibatkan kenyamanan berkendara menjadi tidak optimal karena suasana panas di dalam mobil. Belum lagi mobil digunakan berpergian jarak jauh. Masalah ini tentu segera diatasi agar kenyamanan berkendara kembali didapatkan.


Rawat

Bersihkan Komponen AC agar Kenyamanan Berkendara Terjamin

Untuk itu, Kamu harus mengetahui gejala-gejala yang menjadi penyebab utama AC mobil tidak dingin. Ini ulasannya:

1.    Filter kabin kotor

Komponen ini bisa menjadi penyebab utama ketika AC mobil Anda sudah tak lagi bekerja dengan baik. Filter kabin misalnya, fungsinya sebagai penyaring kotoran pada interior, bisa menyumbat aliran udara menuju AC. Sehingga penting untuk bersihkan atau mengganti filter kabin secara berkala.

2.    Kondensor dan evaporator kotor

Kondensor adalah komponen yang berfungsi membuang panas dari kompresor. Ketika kondensor kotor, akan membuat pelepasan panas dari kompresor tidak akan maksimal. Efeknya, AC pun akan terasa kurang maksimal. Lalu, evaporator yang bekerja untuk mendistribusikan dingin ke seluruh kabin. Evaporator yang kotor membuat udara dingin yang seharusnya keluar menjadi terhambat selain itu angin yang keluar dari AC juga kotor.

3.    Freon habis

Penyebab penyejuk kabin mobil tidak dingin kedua adalah freon atau refrigerant. Komponen satu ini merupakan fluida yang akan menyerap udara panas dan menghasilkan udara dingin secara berulang-ulang. Kebocoran pada selang atau sambungan seringkali terjadi yang mengakibatkan freon cepat habis. Penyebabnya terjadi kebocoran pada beberapa komponen AC. Sehingga Kamu perlu melakukan pengecekan pada beberapa komponen secara menyeluruh.

4.    Kompresor bermasalah atau mati total

Tugasnya adalah untuk memompa freon ke seluruh sistem penyejuk ruangan, sehingga mampu hasilkan suhu lebih sejuk. Kompresor pun bisa bermasalah dan perlu perawatan berkala. Paling mudah adalah cek kembali kualitas pelumasnya, jika sudah buruk segera ganti. Karena penggantian kompresor membutuhkan dana yang tak sedikit.

5.    Kerusakan pada ekstra fan

Gangguan pada ekstra fan akan membuat proses pendinginan dan pelepasan panas pada kondensor akan terganggu. Efeknya, suhu panas akan tetap terbawa hingga ke kabin dan menyebabkan kondisi yang yang tak nyaman. Cek kembali kondisi ekstra fan pada bengkel kepercayaan Kamu.

6.    Mesin mobil overheat

Kinerja pendinginan mesin yang terganggu juga bisa berdampak pada kerja penyejuk ruangan mobil Kamu. Hal ini disebabkan lantaran panas mesin yang berlebih dan mengganggu atau bahkan merusakan beberapa komponen AC. Jika suhu mesin mobil naik (overheat) segera hubungi bengkel kepercayaan Kamu, lantaran tak hanya berdampak negatif pada AC namun juga komponen mesin mobil secara umumnya.


Kenali Freon AC Mobil Agar Tidak Salah

Kenali Freon AC Mobil Agar Tidak Salah

Melihat banyaknya gejala-gejala yang membuat AC Mobil tidak dingin, Kamu juga harus pintar merawat dan menjaga kebersihannya. Nah, berikut cara-cara mengatasi masalah pada AC Mobil Kamu:

·         Hindari langsung nyalakan AC

Sesaat setelah masuk mobil dan menyalakan mesin, jangan langsung menyalakan AC. Kebiasaan seperti ini dihindari karena bisa menyebabkan AC tidak bekerja secara optimal. Jauh lebih baik mesin mobil dibiarkan hidup terlebih dahulu selama beberapa saat. Jika mesin mobil sudah bekerja stabil maka AC bisa langsung dinyalakan. Langkah ini membantu membuat AC bekerja dengan baik.

·         Jangan parkir di tempat panas

Masalah AC yang tidak dingin ini bisa saja terjadi karena posisi parkir mobil yang salah. Biasakan untuk parkir di tempat sejuk agar kondisi mobil tidak begitu panas.

Cara ini sangat efektif untuk membantu AC bekerja optimal dan menghasilkan udara dingin di dalam mobil. Apabila mobil parkir di tempat panas, maka udara di dalam mobil juga akan panas. Percuma saja jika menyalakan AC karena kinerja AC akan terlalu berat dan tidak bisa optimal.

·         Jaga kebersihan kondensor

Jika AC mobil tidak bekerja optimal, maka periksalah kondensor AC. Sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kondensor sebaik mungkin. Kotoran dan debu yang menumpuk pada kondensor bisa menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Sebaiknya kondensor dibersihkan secara rutin setiap kali mobil dicuci. Selain bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin, tumpukan debu ini juga bisa menyebabkan kondensor berkarat dan bocor.

·         Periksa sistem pendingin

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah rusaknya sistem pendingin. Biasanya terjadi kebocoran pada selang atau pipa. Cara mengatasi AC mobil tidak dingin yang disebabkan oleh rusaknya sistem pendingin tentu adalah melakukan perbaikan. Biasanya kebocoran pipa sistem pendingin disebabkan oleh faktor usia dan kualitas dari pipa yang dipakai.

·         Periksa kondisi kompresor

Rusaknya kompresor juga bisa menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan udara dalam mobil. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kompresor secara rutin. Apalagi jika muncul tanda-tanda kerusakan salah satunya adalah muncul bunyi dari kompresor. Jika kondisi ini terjadi maka segera lakukan perbaikan agar AC bisa kembali berfungsi normal.


Memasang Filter Kabin

Penggunaan filter kabin ternyata juga bisa membantu membuat AC bekerja optimal. Filter ini dipasang untuk menyaring debu agar tidak masuk ke mobil dan terhisap oleh AC. Jika ada banyak debu yang terhisap oleh AC maka evaporator bisa jadi kotor dan menghambat proses pendinginan udara. Setelah memakai filter kabin, jangan lupa untuk diperiksa dan dibersihkan secara teratur.


Perhatian! Gejala-gejala Ini Bikin AC Mobil Kamu Tidak Dingin


Jika Sahabat Garasi ingin mengatasi permasalahan pada AC mobil, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Maret Makin Greget untuk #PaketPerawatanAC. Promo ini berlaku hingga 31 Maret 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 25 Mar 2022 | 10:58 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanACservisAC