Perhatikan Komponen Ini Agar Aman Saat Hujan
Perhatikan Komponen Ini Agar Aman Saat Hujan

Perhatikan Komponen Ini Agar Mobil Tetap Aman Selama Musim Hujan!

29 Mar 2024 | 08:04 WIB

Musim hujan menjadi penyebab utama tantangan bagi pengendara mobil karena menyebabkan kondisi jalan menjadi basah dan licin, yang meningkatkan risiko tergelincir dan kehilangan kendali. Selain itu, hujan deras juga seringkali mengganggu visibilitas pengemudi dengan membuat kaca depan berkabut atau tertutup tetesan air, menyulitkan dalam melihat jalan dan kendaraan di sekitarnya.


Perhatikan Komponen Ini Agar Mobil Tetap Aman Selama Musim Hujan!


Selain konsentrasi yang lebih tinggi dan kecepatan yang lebih rendah, penting juga untuk memperhatikan kondisi mobil Sahabat. Dengan memberikan perhatian terhadap komponen mobil, Sahabat dapat meningkatkan kinerja kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan yang tidak diinginkan pada saat musim hujan.


Berikut adalah beberapa komponen mobil yang harus Sahabat perhatikan pada saat musim hujan.


Perhatikan Komponen Ini Agar Mobil Tetap Aman Selama Musim Hujan!


1. Ban dan Karet Wiper

Pastikan karet wiper berfungsi dengan baik untuk membersihkan kaca depan dari air hujan dan memastikan memiliki tekanan udara yang tepat dan kedalaman alur yang cukup untuk mengalirkan udara.​ Ban yang kurang tekanan udara juga dapat mengurangi traksi dan menyebabkan aquaplaning. Aquaplaning adalah suatu kondisi di mana kendaraan seperti mobil kehilangan daya cengkeram sehingga kehilangan kendali. Istilah ini sering disebut juga dengan hydroplaning, di mana sebab utamanya adalah genangan air, seperti hujan dan banjir. Genangan air yang terlalu besar akan membuat mobil kesulitan dalam melaju atau bahkan tergelincir. Tidak hanya genangan air, aquaplaning juga bisa terjadi karena keadaan kendaraan yang tidak baik serta bobot kendaraan.


2. Sistem Rem

Sangat penting untuk memiliki sistem rem saat berkendara, terutama saat jalan licin karena hujan. Periksa ketebalan kampas rem dan kehausan piringan rem untuk memastikan sistem rem kendaraan kamu berfungsi dengan baik. Jika kampas rem terlalu tipis atau piringan rem terlalu haus, respons waktu pengereman dapat bertambah lama, meningkatkan risiko kecelakaan. Dalam situasi darurat, memeriksa keseimbangan rem juga karena rem yang tidak seimbang dapat menyebabkan kendaraan tidak stabil.


3. Lampu dan Lampu Rem

Visibilitas sangat penting saat hujan karena sangat penting untuk melihat jalan dan memahami pengemudi lain. Pastikan semua lampu kendaraan kamu berfungsi dengan baik, termasuk lampu sein, rem, lampu depan, dan belakang. Lampu yang tidak berfungsi atau redup dapat membuat pengemudi lain sulit melihat kamu, meningkatkan risiko kecelakaan.


4. Sistem Kemudi

Saat berkendara di jalan basah, sangat penting untuk mengemudi dengan responsif. Untuk menghindari kebocoran atau kehausan yang dapat mengurangi kontrol kendaraan kamu, pastikan bahwa semua sistem kemudi, termasuk sistem kemudi power-assisted, berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran pada sistem hidroliknya.


5. Suspensi dan Sistem Pengereman ABS

Saat melintasi genangan air atau permukaan jalan yang berlubang, suspensi yang baik sangat penting untuk menjaga kendaraan tetap stabil dan terkontrol. Periksa sistem suspensi untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada shock absorber dan bahwa semua komponen tidak rusak atau haus. Selain itu, pastikan sistem pengereman ABS berfungsi dengan baik. Sistem ABS membantu menjaga kendaraan tetap terkendali dan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak di jalan licin.


Jika Sahabat memperhatikan beberapa komponen ini, Sahabat dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara saat hujan serta mengurangi risiko kecelakaan. Garasi.id juga menyedikan jasa servis untuk perawatan mobil, cuci mobil, dan masih banyak jasa lainnya lho. Sahabat bisa cek layanan tersebut melalui website www.garasi.id atau langsung menghubungi contact center Garasi.id melalui nomor WA 0815 2255 0888.

Ditulis oleh YEHEZKIEL YORDAN
Terakhir diupdate: 29 Mar 2024 | 08:04 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

MusimhujanAquaplaningLampumobilSuspensiSistemkemudi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family