Jaga Kebersihan Interior Mobi
Jaga Kebersihan Interior Mobil

Jangan Dibiarkan Kotor! Tips Jaga Kebersihan Interior Mobil Tanpa ke Salon

18 Apr 2024 | 14:19 WIB

Menjaga kebersihan mobil menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Salah satu part yang tetap harus dijaga kebersihannya adalah interior mobil. Interior mobil adalah komponen yang ada di dalam mobil termasuk karpet, kemudi setir, dasbor, panel pintu, sampai plafon. Pembersihan interior mobil bisa dilakukan secara pribadi pada hari libur atau di akhir pekan dan jangan sampai menunggu hingga kotor. Sebab debu dan kotoran yang menumpuk pada interior mobil akan membuat mobil terlihat kusam, muncul bau tidak sedap, hingga memungkinkan timbulnya jamur.


Dilansir dari laman The Spruce, Ini dia cara membersihkan interior mobil secara mandiri tanpa membawa mobil ke salon.


  1. Mengumpulkan dan Membuang Sampah

Langkah pertama yang Sahabat bisa lakukan adalah melepaskan jok mobil dan barang lainnya dari mobil dan bagasi. Kumpulkan dan buang semua sampah dari konsol box, kantong pintu, dan kantong tempat duduk.


  1. Bersihkan Karpet

Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan karpet dan bersihkan keset yang terpasang di dalam mobil. Keset seringkali menjadi salah satu benda paling kotor di interior mobil. Keluarkan semuanya dari mobil agar lebih mudah dibersihkan. Goyangkan atau vakum setiap keset dan letakkan di atas terpal atau kain pelapis, bukan di tanah yang kotor. Untuk keset berkarpet, ikuti petunjuk dan gunakan pembersih karpet yang aman sesuai bahan.

Jangan Dibiarkan Kotor! Tips Jaga Kebersihan Interior Mobil Tanpa ke Salon

Perlu diingat! Untuk alas karet, vinil, atau silikon: Gunakan selang untuk membersihkan sisa kotoran. Campurkan larutan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam ember. Celupkan sikat ke dalam larutan dan bersihkan keset. Bilas dengan baik dan biarkan mengering agar tidak lembab.


  1. Bersihkan Parseneling, Kaca Jendela, Panel Pintu Menggunakan Kain Mikrofiber.

Tuas perseneling ini bagian yang paling sering dioperasikan dan bersentuhan langsung dengan tangan. Sementara kaca mobil hampir setiap saat terkena debu kotoran jalanan. Kedua interior berikut harus rutin dibersihkan supaya tidak cepat berjamur. Cara membersihkannya bisa menggunakan kain mikrofiber agak lembap dengan cairan pembersih yang aman untuk tiap interior mobil.

Jangan Dibiarkan Kotor! Tips Jaga Kebersihan Interior Mobil Tanpa ke Salon


  1. Bersihkan Konsol Mobil

Selain memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang yang berukuran kecil seperti tempat minum, alat tulis, kunci, konsol box juga menunjang tampilan interior mobil. 

Cara membersihkan interior mobil bagian konsol, gunakan kain mikrofiber bersih yang sedikit lembap. Untuk menjangkau sudut yang sempit, gunakan sikat gigi bekas atau kapas basah untuk menghilangkan kotoran dari sudut dan celah terkecil interior mobil dengan hati-hati.

Jangan Dibiarkan Kotor! Tips Jaga Kebersihan Interior Mobil Tanpa ke Salon


Konsol tengah biasanya dilengkapi tempat cangkir yang bisa berantakan. Jika tempat cangkir dapat dilepas, biarkan terendam dalam air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Lalu lap dengan kain mikrofiber dan keringkan.


  1. Bersihkan Dashboard

Gunakan kemoceng untuk menghilangkan debu dari dasbor dan kapas untuk masuk ke ruang kecil di sekitar ventilasi dan kenop. Setelah membersihkan debu, gunakan kain mikrofiber atau tisu basah yang sedikit lembap untuk menghilangkan kotoran dan sidik jari.

Jangan Dibiarkan Kotor! Tips Jaga Kebersihan Interior Mobil Tanpa ke Salon


  1. Vakum Interior Mobil

Vakum karpet atau lantai mobil untuk menyedot semua kotoran dan kotoran. Untuk lebih maksimal Sahabat bisa melipat bangku mobil lalu vakum karpet. Jika terdapat noda pada karpet, gunakan pembersih karpet komersial dan ikuti petunjuknya. Ingatlah untuk menyedot debu karpet bagasi.


Itulah Tips yang bisa Sahabat Garasi lakukan untuk membersihkan interior mobil sendiri tanpa mengocek uang untuk pergi ke salon mobil. Selamat mencoba Sahabat.

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 18 Apr 2024 | 14:19 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsinteriormobilkebersihan
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family