Rawat Selalu Mobil Kesayangan Agar Terbebas Dari Permasalahan
Rawat Selalu Mobil Kesayangan Agar Terbebas Dari Permasalahan

Perhatikan Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

24 Mar 2023 | 11:51 WIB


Penyebab Mesin Bergetar Saat Mesin Menyala. Mesin bergetar saat menyala merupakan hal yang wajar terjadi. Getaran tersebut masih tergolong wajar, karena terdapat komponen yang menahan getaran. Hal itu terjadi karena gerakan mesin saat menyala menghasilkan getaran.


Masalah yang terjadi pada mobil yang bergetar pada saat diam bisa dari berbagai macam faktor, baik faktor internal pada bagian mesin mobil ataupun masalah eksternal yang terjadi pada luar mesin mobil. Beberapa faktor yang menjadi penyebab mobil bergetar pada saat diam mulai dari masalah pada mesin kendaraan, ausnya karet yang ada pada kap mesin, sampai dengan permasalahan yang terjadi pada busi juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya mesin mobil bergetar pada saat diam atau idle. Bergetarnya mobil pada posisi idle atau diam ini tentu sangat mengganggu dan harus segera untuk diperbaiki.


Rutin Periksakan Kondisi Mobil Dan Servis Berkala

Rutin Periksakan Kondisi Mobil Dan Servis Berkala


Ciri utama bahwa getaran yang dihasilkan oleh mesin kendaraan ada yang bermasalah adalah dapat dirasakan hingga ke bangku penumpang. Seharusnya getaran mesin yang terasa tidak sampai mengganggu kabin dan seluruh penumpang.


Padahal posisi mobil ada di rpm rendah yang artinya mesin mobil tidak sedang bekerja dengan keras. Sahabat perlu curiga bahwa dengan bergetarnya mobil yang terasa sampai ke bagian kabin dan bangku penumpang ini berarti juga ada masalah pada bagian mesin harus perlu dicek untuk segera diperbaiki agar tidak semakin mengganggu keamanan saat berkendara.


Namun, terdapat getaran mesin yang keras tidak seperti biasanya. Getaran mesin yang keras disebabkan beberapa hal. Oleh karena itu, Sahabat perlu mengetahui mengenai penyebab mesin bergetar. Menurut sumber otomotif yang terpercaya, berikut beberapa penyebab mesin bergetar keras.


Pengecekan Komponen Penyebab Mobil Bergetar pada Saat Diam


1. Kesalahan Pada Setelan Mesin

Penyebab pertama mesin bergetar saat dinyalakan adalah kesalahan pada saat melakukan penyetelan. Kesalahan seperti ini dapat terjadi pada saat Sahabat melakukan service. Setelah melakukan perbaikan pada komponen yang rusak, teknisi akan mengembalikan mesin pada kondisi semula. Namun, terkadang saat proses pengembalian ini terjadi kesalahan.


Berbagai Komponen Dalam Mesin Dapat Berkontribusi Pada Getaran Mobil

Berbagai Komponen Dalam Mesin Dapat Berkontribusi Pada Getaran Mobil


Salah satu dari kesalahan umum yang terjadi adalah mesin yang tidak terpasang dengan sempurna pada engine mounting. Hal ini menyebabkan mesin bergetar keras karena tidak bisa diredam dengan baik. Untuk mencegahnya, Sahabat lebih baik melakukan service di bengkel yang terpercaya dan melakukan pengecekan ulang sebelum mobil digunakan kembali.


2. Engine Mounting Mengalami Gangguan

Penyebab yang kedua adalah engine mounting mengalami gangguan. Engine mounting merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi sebagai penahan mesin agar mesin tidak bergetar terlalu keras saat mobil dinyalakan. Salah satu penyebabnya disebabkan oleh kerusakan pada engine mounting.


Jika mobil Sahabat pernah mengalami guncangan yang keras, bisa menyebabkan kekuatan cengkraman engine mounting menurun. Hal ini menyebabkan mesin bergetar keras saat dinyalakan. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa memperbaiki engine mountingnya agar cengkramannya kembali normal.


3. Gangguan Pada Piston

Selain engine mounting, penyebab bergetar saat dinyalakan bisa disebabkan oleh piston. Piston bergerak dalam suatu gerak statis secara terus menerus. Namun, ada saatnya piston menjadi goyang sehingga gerakannya terganggu. Gangguan ini menyebabkan tenaga mesin menurun.


Kestabilan Mobil Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan

Kestabilan Mobil Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan


Faktor Penyebab Lain yang Menyebabkan Mobil Bergetar saat Diam


  • Velg Dan Ban

Mesin mobil bergetar saat diam ternyata juga bisa disebabkan oleh komponen ban, tepatnya pada velg ban. Velg ban pada mobil memiliki fungsi sebagai penahan keseluruhan beban bodi mobil. Jika velg sudah terlalu tua, maka ketahanannya untuk menahan beban bodi mobil pun menurun. Akibatnya, mesin pun akan mengeluarkan getaran bahkan saat dalam kondisi diam.


  • Perputaran Ban Yang Tidak Sempurna

Selain masalah pada velg, masalah pada as roda ternyata juga bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam. As roda yang mengalami kerusakan (umumnya aus karena pemakaian), bisa menyebabkan perputaran ban yang tidak sempurna. Jika perputaran ban tidak sempurna, maka bergetar.


  • Ban Sudah Terlalu Aus

As dan velg ban memang bisa menyebabkan mesin mobil bergetar, namun ban mobil sendiri juga bisa menjadi sumber masalah. Hal ini bisa terjadi jika ban luar mobil Sahabat sudah terlalu aus dan halus. Ban mobil memang akan aus dan semakin halus jika digunakan terus menerus. Padahal, ban yang aus selain bisa membahayakan juga bisa membuat mesin mobil bergetar. Maka dari itu, pastikan kamu rutin mengganti ban mobil saat dirasa sudah terlalu aus dan banyak kerusakan.


  • Shockbreaker Mengalami Kerusakan

Penyebab selanjutnya pada komponen shockbreaker. Komponen satu ini punya peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil, terutama saat mobil dijalankan. Jika shockbreaker rusak, maka bisa dipastikan mobil menjadi tidak seimbang. Mesin mobil pun akan mengeluarkan getaran yang tidak normal.


Agar masalah tidak bertambah rumit, segeralah ganti shockbreaker yang sudah rusak. Pastikan Sahabat menggunakan shockbreaker resmi yang memang sesuai dengan mesin mobil. Hindari membeli shockbreaker kualitas buruk yang justru bisa merusak mesin.


Rawat Selalu Mobil Kesayangan Agar Terbebas Dari Permasalahan

Rawat Selalu Mobil Kesayangan Agar Terbebas Dari Permasalahan


  • Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar

Terakhir, mesin bergetar saat diam bisa disebabkan oleh distribusi bahan bakar yang tidak lancar. Hal ini dapat terjadi pada mobil yang menggunakan sistem injeksi. Injector yang bermasalah akan menyebabkan distribusi bahan bakar menjadi tidak lancar dan inilah yang kemudian membuat mesin bergetar bahkan saat diam.


Berbagai sumber masalah bisa menjadi faktor penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Untuk atasi permasalahan ini, Sahabat bisa percayakan pada layanan partner Bengkel dan nikmati promo potongan harga jasa servis hanya di www.Garasi.id. Informasi lengkap hubungi Tim Customer Servis Clara dari Garasi.id.


Jadwalkan servis mobil sekarang agar komponen mesin terjaga kondisinya. Masalah mobil bergetar dapat dituntaskan, performa mobil kesayangan Sahabat jadi lebih maksimal.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Mar 2023 | 12:53 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalamesinbergetar
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family