Klakson Mobil Mati, Mengemudi Pun Menjadi Terganggu
Klakson Mobil Mati, Mengemudi Pun Menjadi Terganggu

Periksa Komponen Ini, Saat Bunyi Klakson Mobil Mati

04 Agt 2023 | 20:28 WIB

Klakson memiliki fungsi penting saat kamu berkendara menggunakan mobil. Saat Sahabat mengemudi dengan mobil kesayangan di perjalanan, dengan reflek pasti sering menekan klakson mobil untuk memberi tanda maupun peringatan kepada pengendara lain. Pastinya akan jadi berbahaya jika suara klakson mengecil atau tidak mengeluarkan bunyi.


Saat suara klakson mobil kecil atau tidak bunyi tentu Sahabat harus segera mencari penyebabnya. Kamu juga perlu mengidentifikasi kerusakan apa yang sebenarnya terjadi pada klakson. Apakah suara klakson bunyi kecil atau benar-benar mati total. Jika dibiarkan begitu saja, maka masalah ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan kamu maupun pengendara lain dalam berkendara. Buruknya bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena tidak ada suara peringatan.


Klakson Mobil Fitur Penting Saat Mengemudi

Klakson Mobil Fitur Penting Saat Mengemudi


Nah Sahabat, apa sebenarnya yang memicu klakson mati dan tidak bisa mengeluarkan bunyi? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Berikut adalah beberapa komponen yang harus kamu periksa jika suara klakson sudah mengecil atau sudah mati di bawah ini.


  • Kabel Kelistrikan Bermasalah

Biasanya sering ditemui masalah pada kabel sehingga muncul kendala kelistrikan yang membuat klakson tidak berbunyi. Ini merupakan salah satu masalah umum yang biasanya terjadi ketika klakson mobil Sahabat mati. Jika terjadi korsleting pada kabel maka klakson tidak akan mau mengeluarkan bunyi. Begitu juga saat kabel klakson berjamur dan berkarat. Kendala pada kabel ini akan menghambat aliran listrik dan menyebabkan klakson tidak bunyi. Sahabat bisa lakukan tes pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan masalah ini. Kabel klakson akan dihubungkan dengan alat bernama test lamp. Jika test lamp tidak menyala setelah sakelar ditekan berarti memang ada kerusakan kabel. 


  • Relay Klakson Kotor

Selanjutnya Sahabat bisa melakukan pengecekan pada bagian relay terlebih dahulu saat klakson mobil tidak bunyi. Jika relay klakson dalam kondisi kotor atau rusak, maka bisa jadi akan muncul masalah pada klakson mobil. Relay itu sendiri masih digunakan pada beberapa tipe kendaraan. Fungsi utamanya untuk menghubungkan baterai dengan arus listrik pada mobil. Komponen ini terletak di sistem kelistrikan dan berfungsi mengeluarkan bunyi klakson. Jika relay dalam kondisi kotor, Sahabat bisa membersihkan bagian relay yang terlihat banyak kotoran. Namun jika relay memang sudah cukup usang dan lama digunakan maka lebih baik ganti dengan yang baru. 


Lakukan Pengecekan Komponen Mobil Secara Berkala

Lakukan Pengecekan Komponen Mobil Secara Berkala


  • Switch Klakson Rusak

Switch adalah bagian penting pada klakson yang berfungsi sebagai tombol. Jika Sahabat menekan switch, seharusnya klakson mengeluarkan bunyi. Saat terjadi kerusakan pada bagian ini maka secara otomatis klakson tidak akan bersuara. Saat switch sudah cukup lama digunakan, maka fungsinya jadi berkurang. Tombol klakson bisa aus dan menyebabkan bunyi klakson kurang optimal. Jika ini terjadi, Sahabat bisa mengganti bagian switch dengan yang baru. Pastikan untuk memilih switch yang sesuai dengan kebutuhan sistem klakson di mobil.Jangan lupa perhatikan kualitasnya supaya komponen switch ini bisa selalu awet digunakan. 


  • Saklar Berkarat

Saklar adalah salah satu komponen yang mudah kotor dan berkarat. Jika kondisi ini berkembang semakin parah maka saklar bisa rusak. 

Sahabat bisa lakukan hal sederhana dengan membersihkan menggunakan cairan khusus pembersih karat. Namun jika karat sudah tidak bisa dibersihkan dan terlalu banyak, lebih baik ganti saklar baru saja demi membuat klakson berfungsi kembali. 


Ganti Komponen Klakson Mobil Yang Asli

Ganti Komponen Klakson Mobil Yang Asli


  • Kabel Sekring Terputus

Sekring adalah bagian penting dalam instalasi klakson mobil. Fungsinya yaitu mengamankan rangkaian listrik supaya nanti tidak terjadi kelebihan muatan. Sekring ini memiliki bentuk fisik menyerupai garpu dan posisinya ada di ruang mesin. Bisa dikatakan bahwa sekring ini merupakan bagian penting yang akan berpengaruh pada performa sebuah mobil. Jika terjadi kerusakan atau gangguan pada satu kabel saja, maka semua sistem kelistrikan bisa terganggu. Sebaiknya Sahabat ganti dan membeli komponen sekring yang orisinal jadi kualitasnya terjaga dengan baik.


Perlu diketahui Sahabat, pengecekan kerusakan pada klakson mobil bisa saja sulit untuk dilakukan. Disarankan baiknya jika Sahabat langsung membawa mobil kesayangan ke bengkel yang berkualitas untuk diperiksa lebih lengkap oleh montir. Konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian komponen dan pastikan juga komponen yang akan dibeli dijamin asli.


Pelajari Fitur Pada Kemudi Mobil

Pelajari Fitur Pada Kemudi Mobil


Sahabat bisa nikmati promo jasa servis terbaik di www.Garasi.id untuk mengatasi masalah klakson mobil tidak bunyi. Karena Garasi.id memberikan Solusi Puas Perawatan Mobil Berkualitas. Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id untuk melakukan penjadwalan servis mobil.


Lakukan perbaikan komponen mobil secara optimal dan klakson kembali berfungsi dengan normal. Selamat servis mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 07 Agt 2023 | 10:22 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifklaksonmobilklaksonbrebetklaksonmatikomponenmobilservismobilsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family