Garasi.id
Cek kaki-kaki mobil

Rawat Mobil Jangan Hanya Sektor Mesin, Tapi Juga Kaki-kaki

15 Jan 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Merawat mobil itu tidak hanya seputar mesin, area lain juga penting mendapatkan perhatian khusus untuk perawatan. Salah satunya seperti kaki-kaki, yang erat dengan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Biasanya, perawatan kaki-kaki terbagi dalam dua metode, yakni spooring dan balancing. Keduanya memiliki pengertian dan proses pengerjaan yang berbeda, sebagai tahap awal kita fokus pada balancing. 

Rawat Mobil Jangan Hanya Sektor Mesin, Tapi Juga Kaki-kaki

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, balancing dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada roda mobil, mulai dari titik atas-bawah atau kiri-kanan, agar kestabilan mobil tetap terjaga, baik saat kecepatan tinggi atau ketika bermanuver. 

Baca juga: Belanja Otomotif di Toko Garasi.id

"Balancing dilakukan saat mobil dirasa sudah mulai tak stabil saat dikendarai. Biasanya mobil akan terasa melayang pada kecepatan tertentu, dan kemudi sedikit berat dikendalikan ketika berjalan pelan," ucap Indah seperti melansir dari laman Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Indah mengatakan sebenarnya balancing masuk dalam perawatan berkala yang harus dilakukan pemilik mobil. Namun sayangnya hal ini kerap dilupakan oleh pemilik mobil karena terfokus pada sektor perawatan mesin.

Sementara bila terlalu lama membiarkan roda yang tak lagi seimbang, bisa menyebabkan banyak kerugian. Mulai dari kenyamana berkendara yang berkurang, sampai kerusakan pada beberapa komponen juga keausah yang tak merata pada permukaan ban. 

Untuk mengetahui gejala kaki-kaki yang sudah waktunya dibalancing, sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena kaki-kaki langsung terkoneksi dengan pengendalian, maka sangat mudah bagi pengemudi merasakan bila ada kejanggalan pada mobil ketika dikendarain. 

Nah Sahabat, mulai diingat ya kalau perawatan kaki-kaki pada kendaraan juga sangat penting. Untuk Sahabat yang terfikir akan melakukan perawatan pada kaki-kaki kendraa seperti sporing balancing, Sahabat bisa membeli paket perwatan ban di Toko Garasi.id. Selain Perawata Ban, Sahabat juga bisa melakukan perawatan kendraan yang lainya dengan harga spesial. Tunggu apalagi, segera cek Toko Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 15 Jan 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN