servis berkala
servis berkala

Rekomendasi Servis Mobil di Bengkel Resmi Agar Tidak Boncos

08 Jan 2024 | 09:00 WIB

Sahabat, permasalahan servis mobil terkadang dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Mulai dari malas mencari bengkel atau harga servis mobil yang mahal. Perlu diketahui, banyak masalah akan timbul jika mobil kalian tidak diservis. Padahal, mengecek kendaraan terutama mobil secara berkala banyak untungnya. Mobil akan selalu fit dan yang terpenting usia komponen kendaraan menjadi awet.


Rekomendasi Servis Mobil di Bengkel Resmi Agar Tidak Boncos


Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah yang ditimbulkan akibat jarang melakukan servis mobil. Sahabat bisa cek lebih lengkap perawatan mobil yang perlu dilakukan secara rutin agar bebas dari boncos akibat kerusakan serius pada mobil, berikut ulasannya.


1. Kualitas Mesin Menurun 

Terdapat beberapa komponen yang membuat kualitas mesin menurun akibat tidak servis mobil secara teratur, misalnya air radiator yang mengering. Radiator merupakan perlengkapan standar pada mobil modern. Perannya cukup vital, yakni menjaga mesin agar bekerja dalam suhu optimal. Jika suhu mesin semakin panas, radiator akan berusaha mendinginkan sehingga tidak terjadi overheat.


Umumnya, faktor yang bisa membuat malfungsi pada sistem radiator karena kerusakan pada kipas pendingin atau thermostat dan habisnya air radiator. Selain radiator, perhatikan pula kondisi oli mesin. Perihal oli atau pelumas pada mobil memang tidak bisa ditawar-tawar. Beberapa fungsinya antara lain melapisi dua permukaan logam yang saling bergesekan, mendinginkan mesin akibat panas dari pembakaran, serta memelihara mesin tetap terjaga kebersihannya.


Rekomendasi Servis Mobil di Bengkel Resmi Agar Tidak Boncos


2. Sistem Kelistrikan Terganggu 

Selain kualitas mesin, komponen kelistrikan pada mobil juga akan terganggu bila tidak di servis berkala, salah satunya adalah alternator atau dinamo ampere. Karena alternator memiliki tugas berat, yakni menyuplai arus listrik untuk beberapa komponen mobil yang membutuhkan tenaga listrik, seperti wiper, lampu, kaca jendela, dan sistem audio.


Untuk cara kerjanya, alternator mengubah tenaga kinetik menjadi tenaga listrik. Jika kondisi alternator tidak baik, aki mobil dijamin hanya akan mampu bertahan sebentar saja. Setelah listrik disuplai ke beberapa komponen di atas, maka aki tidak akan dapat menyuplai listrik lagi dengan baik. Dampaknya, mobil jadi susah distarter, mesin tidak menyala, dan akhirnya mogok.


Rekomendasi Servis Mobil di Bengkel Resmi Agar Tidak Boncos


3. Sistem Pembakaran Boros 

Salah satu kerugian yang juga akan dialami mobil ketika tidak rutin servis adalah sistem pembakaran menjadi boros. Busi adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan. Pasalnya, bila kondisi busi sudah lemah atau mati bisa berdampak pada turunnya performa mesin. Kondisi tersebut disebabkan oleh tidak stabilnya pembakaran akibat percikan api yang kurang seimbang. Bila masalah itu terjadi pada mobil Sahabat, sebaiknya ganti semua busi dengan yang baru agar lebih optimal.


"Masuk angin" pada mobil juga bisa menjadi faktor lainnya sistem pembakaran menjadi boros. Asal tahu saja, sering terlambat mengisi bahan bakar ke dalam tangki akan mengakibatkan angin masuk ke dalam pompa injeksi. Kemudian, angin bisa masuk ke dalam pompa injeksi karena pembuangan air pada penampungan air (water sedimen). Untuk menanganinya, perlu teknisi berpengalaman dan berkualitas untuk memperbaiki komponen tersebut.


Dari sederet permasalahan tersebut, harus dipastikan jika mobil kesayangan Sahabat harus rutin di servis. Pemilihan bengkel yang dipilihpun juga harus kompeten dan harga yang terjangkau. Servis berkala di Garasi.id sekarang selain dipastikan harga lebih terjangkau dengan diskon menarik, sekarang Garasi.id juga bekerjasama dengan bengkel bengkel resmi ATPM yang ada di Indonesia.


Rekomendasi Servis Mobil di Bengkel Resmi Agar Tidak Boncos


Jika Sahabat memiliki mobil Mazda, Garasi.id bekerjasama dengan Eurokarz Mazda Indonesia dengan diskon hingga 500rb. Sedangkan pengguna Toyota, Garasi.id juga bekerjasama dengan Plaza Toyota dan pastinya diskonnya menarik. Pengguna Suzuki juga jangan khawatir, karena Garasi.id bekerjasama dengan Suzuki Buana Trada dengan cabang yang tersebar diseluruh Indonesia dengan diskon lebih dari 600rban. Selain bengkel bengkel resmi tersebut, Garasi.id juga bekerjasama dengan bengkel resmi Wangsa Indra Permana untuk mobil VW juga. Info selengkapnya bisa kunjungi www.garasi.id sekarang.


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Jan 2024 | 14:59 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

servisberkalaservismobilgantioligarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family