Kampas Rem Komponen Penting Pada Rem Mobil
Kampas Rem Komponen Penting Pada Rem Mobil

Rem Mobil Bermasalah, Ketahui Penyebabnya!

27 Nov 2021 | 11:00 WIB

Rem mobil saat diinjak harusnya terasa pakem dan tidak blong. Karena memang pengereman sendiri merupakan salah satu sistem keamanan yang sangat penting pada sebuah mobil. Tanpa adanya sistem pengereman yang bekerja dengan baik, maka mengemudi mobil di jalan pun akan kurang aman dan juga nyaman.

Hal-hal yang mengganggu di sistem pengereman seperti rem blong tentu saja akan menimbulkan risiko yang sangat tinggi pada saat berkendara. Salah satunya adalah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain gangguan krusial seperti rem blong, ada beberapa gangguan lain yang sifatnya mungkin tidak terlalu vital.


Pastikan Sistem Pengereman Bekerja Dengan Baik

Pastikan Sistem Pengereman Bekerja Dengan Baik


Salah satunya adalah rem berbunyi saat diinjak. Walaupun kondisi ini tidak terlalu gawat, namun bukan berarti sebagai pemilik, Sahabat Garasi akan mengabaikannya. Apabila gangguan ini dibiarkan, rem berbunyi akan mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk mengatasinya, perlu mengetahui beberapa penyebab rem berbunyi saat diinjak. Ini penyebabnya:

  • Kampas Rem Tipis

Timbul bunyi berisik saat pedal rem diinjak bisa diakibatkan karena beberapa sebab. Namun biasanya masalah ini disebabkan karena ada sesuatu yang salah di kampas rem. Kampas rem merupakan komponen yang memiliki bentuk seperti bantalan. Fungsi kampas rem sendiri untuk memperlambat atau menghentikan piringan cakram yang berputar.

Pada saat bantalan kampas rem menipis, maka cakram rem akan saling bergesekan dengan bagian besi kampas rem. Ketika pedal rem diinjak, maka timbul suara berdecit.


Rem Mobil Kamu Bermasalah, Ketahui Penyebabnya!

Segera Ganti Kampas Rem

  • Cakram Rem Kotor

Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak selanjutnya adalah karena adanya kotoran yang menempel pada cakram rem. Ada kalanya kotoran seperti tanah atau debu yang menumpuk di cakram rem akan membuat kinerja cakram dan kampas kurang optimal. Hasilnya, rem akan berdecit ketika pedal rem mobil diinjak.


Rutin Membersihkan Rem Mobil

Rutin Membersihkan Cakram Rem


Solusi dari masalah ini tentu saja dengan membersihkan kotoran yang menempel pada cakram rem. Pastikan tidak ada lagi kotoran atau debu yang mengurangi gerak cakram rem.

  • Pedal Rem Kurang Pelumas

Selain kampas dan juga cakram rem, penyebab rem bunyi saat diinjak pun bisa disebabkan dari komponen di dalam kabin itu sendiri. Tepatnya ada pada pedal rem itu sendiri yang kekurangan pelumas. Untuk mengatasinya masalah ini Sahabat Garasi hanya perlu melumasi pedal rem mobil dengan minyak pelumas.

  • Kena Ceceran Oli

Oli yang menetes dan mengenai cakram rem juga bisa membuat rem mobil bunyi pada saat diinjak. Selain bunyi, imbas lainnya adalah rem menjadi kurang pakem dan membuat rem menjadi licin. Akibatnya, daya cengkeram kampas rem pada cakram menjadi tidak optimal.

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka kondisi ini bisa menyebabkan bahaya untuk keselamatan penumpang di dalamnya. Maka dari itu, ada baiknya segera lakukan pembersihan oli yang menempel di cakram rem.

Keberadaan kampas rem sendiri menjadi hal terpenting dari sistem pengereman. Maka dari itu, kondisinya pun perlu diperhatikan secara rutin. Kampas rem ini letaknya ada di dekat roda dan juga memiliki fungsi yang sangat krusial di dalam sistem pengereman mobil.


Bahkan, kampas rem sendiri memiliki masa pakainya. Ketika kondisi kampas rem sudah menunjukkan akan habis, maka Sahabat Garasi sebagai pemilik mobil perlu segera mengganti secepatnya. Kamu harus mengetahui fungsi kampas rem:

1. Pengereman Lebih Mudah

Fungsi kampas rem yang pertama adalah mampu membuat pengereman mobil akan lebih mudah. Kampas rem dapat membuat proses pengereman menjadi halus dan baik. Ketika Sahabat Garasi melakukan pengereman mendadak, maka kampas rem ini akan menolong kamu sehingga tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Saat menekan rem, kampas akan menekan disc brake dan akan membuat ban mobil akan secara perlahan berhenti sesuai dengan keras tidaknya injakan pedal rem.

2. Pengaturan Rem Lebih Mudah

Kampas rem berguna untuk membantu kinerja pengereman menjadi lebih baik. Terlebih ketika mobil sedang melaju dengan cepat dan ingin berhenti secara tiba-tiba. Sistem pengereman pasti akan dibutuhkan untuk bisa berhenti.

Selain itu, kecepatan mobil juga akan ikut terpengaruh oleh kampas rem. Sebagai pengemudi, tentu saja ingin mobil kamu memiliki tingkat pengendalian yang mudah. Dan dengan adanya kampas rem, maka mobil akan lebih mudah dikendalikan secara penuh dan tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.

3. Lalui Banyak Jalan Dengan Mudah

Ketika Sahabat Garasi mengemudi di medan jalan yang cukup sulit, maka peran kampas rem ini sangatlah penting. Entah itu jalanan yang menurun ataupun menanjak pasti akan membutuhkan sistem pengereman untuk melewatinya. Ketika jalan menanjak, kampas rem ini akan menahan laju mobil saat jalan yang dilewati cukup ramai dan akan membuat akselerasi mobil menurun.


Waspada Berkendara Di jalan Menurun

Waspada Berkendara Di jalan Menurun


Begitu juga saat melewati turunan. Untuk bisa mengendalikan mobil secara sempurna, Sahabat Garasi pasti akan sering menginjak pedal dan menggunakan rem. Pentingnya kampas rem ini perlu dibarengi dengan perawatan yang rutin, apabila kampas perlu diganti maka segeralah ganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Kalau Sahabat Garasi ingin bersihkan rem mobil, Garasi.id bisa jadi solusi untuk servis rem mobil, bisa cek di www.garasi.id atau bisa klik link ini karena Garasi.id ada layanan untuk servis rem mobil atau jasa perawatan untuk mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Jan 2022 | 16:08 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifremmobilservisberkalaperawatanmobilgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family