Mercedes Benz
Mercedes Benz E-Class

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

22 Jan 2021 | 13:44 WIB

 Mercedes-Benz Indonesia melengkapi varian E-Class dengan meluncurkan E200 Avantgarde Line dan E300 SportStyle Avantgarde Line. Kedua varian ini dihadirkan dengan mesin dan fitur baru, yang sebelumnya sudah diisi oleh E350 EQ Boost AMG Line terlebih dahulu.

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

Selain banyaknya fitur tambahan dan mesin baru berkode M264 seperti di E350, varian baru E-Class ini juga mendapatkan penyegaran minor tampilan, khususnya pada E300 dengan tambahan nama "SportStyle" dan kini dipasangkan dengan Avantgarde Line, dibandingkan E300 pre-facelift yang menggunakan AMG Line.

"E-Class telah menjadi model terpenting kami selama lebih dari 80 tahun. Pada kuarter pertama tahun ini, E-Class mewakili 24 persen dari total penjualan Mercedes-Benz Indonesia. Kami menyebut E-Class sebagai intelligent business sedan," ujar Roelof Lamberts, President Director of PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, yang dilansir dari Kompas. 

Hadir sebagai mobil Facelift, apa saja sih yang berubah pada kedua varian Mercedes-Benz E-Class tersebut?

Harga Lebih Terjangkau

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

Sebelum kehadiran dua varian baru ini, Mercedes-Benz E-Class versi facelift hanya diwakili oleh E350 EQ Boost AMG Line saja yang dibanderol Rp 1,449 miliar off the road.

Tentunya dengan harga Rp 1,049 miliar off the road untuk E200 Avantgarde Line baru dan Rp 1,279 miliar off the road untuk E300 SportStyle Avantgarde Line, kini konsumen mendapatkan pilihan E-Class dengan harga lebih terjangkau.

Terjangkau karena kini E300 hadir dengan bodystyling dari Avantgarde. Sementara E300 sebelumnya hanya hadir dalam opsi AMG Line yang notabene memang selalu menjadi pilihan lebih mahal nan sporty. Sehingga E300 berikut bisa disebut lebih terjangkau dibanding sebelumnya.

Mesin Baru

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

Ubahan terbesar pada kedua varian baru Mercedes-Benz E-Class facelift justru tersembunyi di bawah kap mesinnya. Meski terkesan tetap menggunakan mesin berkapasitas 1.991cc, namun kini kode mesin pada E200 dan E300 berubah yang artinya, sudah berganti mesin.

Bila sebelumnya mesin berkode M274 yang digunakan, kini mengandalkan mesin M264 seperti pada E350 dan pada C-Class facelift.

Otomatis, tenaga yang dikeluarkan pun melonjak. Pada E300 Avantgarde Line, mesin 1.991cc dengan twin-scroll turbocharger–nya tersebut sanggup menghasilkan 255 hp (258 ps) dari sebelumnya 242 hp. Torsinya pun kini menjadi 370 Nm.

Sedangkan E200 Avantgarde Line kini menghasilkan output 194 hp (197 ps) dengan torsi 320 Nm.

Keduanya tetap mengandalkan transmisi otomatis 9-percepatan 9G-Tronic, yang menyalurkan tenaga mesin tersebut ke kedua roda belakang.

Tampilan Unik Sportstyle

Bila Mercedes-Benz E300 sebelumnya menggunakan styling dari AMG Line yang cenderung lebih sporty, kini E300 dipilih dengan Avantgarde Line yang cenderung lebih elegan.

Perbedaan paling kentara kedua desain ini (Avantgarde dan AMG) ada di grille radiator yang lebih memanjang di Avantgarde dan di AMG cenderung lebih besar pada housing foglamp. Begitu juga bisa terlihat di velg, AMG Line pada E300 dulu menggunakan model 5-spoke ala bintang khasnya, sedangkan pada model Avantgarde Line lebih elegan.

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

Uniknya, kali ini bodystyling Avantgarde Line pada E300 juga dilengkapi nama "SportStyle", yang memberikan beberapa sentuhan khusus.

Contohnya, beberapa poin kini menjadi krom, seperti bagian belakang grille depan dan bagian di atas grille radiator. Sementara yang mengitari bumper belakang dibuat warna piano black.

Sedangkan velg E300 Avantgarde Line kali ini juga menggunakan model khusus SportStyle, dengan bentuk 5-spoke yang seakan membentuk turbin dengan kelir dual tone. Diameter velg-nya turun dari 19 inci di AMG Line dulu ke 18 inci sekarang.

Ukuran velg yang sama juga digunakan di E200 Avantgarde Line baru, hanya saja dengan motif yang berbeda.

Selain eksterior, E300 SportStyle Avantgarde Line juga mendapat sentuhan unik di dalam kabin. Panel yang digunakan di dasbor dan door trim disebut "Light Carbon-Grain Aluminium" yang memiliki motif ala carbon fibre namun dengan kelir sangat terang.

Jok kulit-alcantara di E300 AMG Line pun diganti menjadi kulit saja untuk E300 Avantgarde Line kali ini.

Selain jok dan panel baru, E200 dan E300 anyar ini juga mengaplikasikan setir seperti yang sudah digunakan di E350 dan di C-Class facelift.

Dual-Cockpit Standar

Selain tampilan dan mesin baru, Mercedes-Benz E200 Avantgarde Line dan E300 SportStyle Avantgarde Line sama-sama kedapatan banyak fitur baru dibanding varian pre-facelift.

Paling utama di soal keselamatan, E200 dan E300 kini sama-sama mengaplikasikan Blind Spot Assist yang dapat memberi indikator di spion ketika terdeteksi objek di titik buta. Selain itu, khusus E300 kini juga ada Active Lane Keeping Assist yang dapat menjaga mobil agar tetap berada di dalam lajur.

Review Lengkap Mercedes Benz E-Class Facelift Dengan Harga Terjangkau

E300 SportStyle Avantgarde Line juga menggunakan lampu depan yang sama seperti milik E350, yaitu Multibeam LED yang mengandalkan 84 lampu LED di setiap lampu depannya untuk dapat memancarkan matriks cahaya sehingga bisa lebih selektif untuk menerangi lebih jauh sisi yang diinginkan.

Penambahan Multibeam LED Headlights ini juga sekaligus membuat adanya fitur baru Adaptive Highbeam Assist Plus.

Selain keselamatan, fitur kenyamanan kedua varian pun turut bertambah juga.

E200 Avantgarde Line kini mendapatkan sistem hiburan kabin yang mirip, dengan dua layar besar "Widescreen Cockpit", masing-masing berukuran 12,3 inci yang dapat menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur wireless charging juga ditambahkan, begitu pula ambient lighting 64 warna yang sebelumnya hanya ada di varian lebih tinggi saja.

Kini fitur Comfort Access berupa passive keyless entry pun sudah tersedia di E300, sehingga membuka kunci pintu cukup kantungi remote saja dan tinggal meraih bagian dalam handle pintunya saja di sisi mana pun.

Sistem climate control E300 Avantgarde Line kini juga di-upgrade jadi tri-zone dan mendapatkan sound system dari Burmester dengan 13 speaker dan total daya 590 W.

Kelebihan dan Kekurangan Mercedes Benz E-Class

Kelebihan Mercedes Benz E-Class :

  • Cocok dibawa untuk kendaraan sehari-hari
  • Fiturnya lengkap dan canggih. Termasuk sistem parkir otomatis Parking Pilot
  • Desainnya lebih memancarkan kesan mewah dan elegan

Kekurangan Mercedes Benz E-Class :

  • Perlu waktu lebih untuk mempelajari fiturnya
  • Penyaluran tenaga cenderung lambat terutama saat mode Comfort
  • Perawatan yang cukup mahal

Nah Sahabat, itulah review singkat tentang Mercedes Benz E-Class, bila kamu tertarik ingin membelinya namun dana untuk membeli mobil baru terbatas, kamu bisa beralih ke mobil bekas. Soal beli mobil bekas berkualitas, kamu bisa andalkan Garasi.id. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Jan 2021 | 13:44 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mercedesbenzreviewmobilgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family