Penggunaan Rem Tangan Terlalu Lama Bisa Membuat Sistemnya Macet
Penggunaan Rem Tangan Terlalu Lama Bisa Membuat Sistemnya Macet

Risiko Rem Tangan Macet, Atasi Dengan Cara Ini!

30 Sep 2023 | 23:50 WIB

Handrem atau rem tangan merupakan komponen penting pada sebuah mobil. Fungsinya yaitu untuk menahan mobil  Sahabat saat berhenti. Secara umum semakin sering pemakaiannya, sistem rem tangan yang dibutuhkan semakin tinggi.


Rem Tangan merupakan komponen yang jarang digunakan dibandingkan rem konvensional. Ingat Sahabat, jangan sampai kamu tidak memperhatikan kondisinya. Akhirnya rem tangan mengalami gangguan karena sering dikesampingkan.


Semakin sering Sahabat menggunakan rem tangan, ternyata bisa membuat sistemnya macet. Selain itu, mobil yang jarang digunakan usai dicuci atau habis melintasi jalan tergenang air yang membuat sektor rem ikut terendam. 


Saat Parkir Mobil Wajib Pasang Rem Tangan

Saat Parkir Mobil Wajib Pasang Rem Tangan


Rem tangan mulai macet bisa Sahabat atasi sendiri dengan cara yang sederhana. Berikut ini cara mengatasi rem tangan mobil kesayangan kamu agar berfungsi kembali lagi seperti biasa.


  • Mengecek Sela-Sela Roda Mobil

Pertama Sahabat siapkan dongkrak lalu angkat mobil untuk memeriksa rodanya. Cek sela-sela roda mobil, kemudian putar. Jika pada saat diputar roda berjalan dengan mulus, maka tidak ada masalah.


Akan tetapi, jika roda tersebut berjalan tidak sempurna, maka rem tangan mobil kesayangan Sahabat sedang bermasalah. Untuk mengatasinya silahkan cek kampas rem. Ganti kampas rem jika sudah tidak layak pakai.


Perhatikan Kondisi Sela-Sela Roda Mobil

Perhatikan Kondisi Sela-Sela Roda Mobil


  • Bersihkan Rem dari Kotoran dan Debu

Masih dalam posisi mobil didongkrak, cek kembali putaran roda mobil. Jika putarannya tidak rata, maka bisa dipastikan ada partikel seperti kotoran atau debu yang menghalangi.


Sahabat bisa bersihkan rem agar tidak ada partikel yang menghalanginya. Untuk membersihkan rem mobil yang tersangkut di tromol biasanya lebih mudah. Itu artinya kamu bisa membersihkannya sendiri baik di layanan uap maupun sendiri-sendiri.


  • Mengecek Komponen Kaliper Rem

Periksa pada dudukan piston kemudian cek bagian kaliper rem. Pastikan komponen ini bekerja optimal saat ban maju maupun mundur dengan pedal rem. Untuk mengeceknya Sahabat harus tahu terlebih dahulu di mana letak piston rem berada. Jangan lupa juga untuk membersihkan tromol yang terbuka. Bersihkan juga piston rem lalu periksa kembali kampas remnya. 


Lakukan Servis Rutin Pada Komponen Rem Mobil

Lakukan Servis Rutin Pada Komponen Rem Mobil


  • Mengganti Bantalan Rem

Mengganti komponen yang menjadi bagian pengereman adalah solusi akhir dari masalah rem tangan mobil tidak berfungsi. Jika komponen-komponen tersebut sudah tidak bisa Sahabat atasi dan minta diganti, sebaiknya siap-siap untuk menggantinya dengan yang baru.


Salah satu contohnya yaitu mengganti bantalan rem. Pasalnya, komponen bantalan rem yang sudah kadaluarsa sangat wajib untuk diganti agar performa pengereman kembali optimal. 


Itulah Sahabat cara mengatasi jika rem tangan mulai macet. Risiko rem macet memang ada, terlebih lagi jika penggunaanya yang terlalu lama,. Selain itu akan mempengaruhi keawetan komponen rem tangan mobil serta faktor keamanan ketika berkendara dan parkir.


Risiko Rem Tangan Macet, Atasi Dengan Cara Ini!


Jika permasalahan ini tidak bisa Sahabat atasi, sebaiknya segera dengan membawa mobil kesayangan ke bengkel sesuai area kamu. Kunjungi website www.Garasi.id dan jadwalkan jasa Servis Rem yang cocok dengan kebutuhan mobil kamu. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 01 Okt 2023 | 00:12 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikremmobilremtanganremmacetservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family