Lamborghini Aventador
Lamborghini Aventador Recall

Roda Rawan Lepas, Lamborghini Recall Lagi?

26 Jul 2018 | 19:08 WIB

Recall mobil memang jamak dilakukan. Bahkan merek sekelas Lamborghini pun, juga melakukannya. Menurut rilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA, otoritas keselamatan jalan raya Amerika Serikat), baut pengikat cakram rem milik Lamborghini Aventador rawan longgar.

Kendurnya baut yang mengikat disk brake ke wheel hub ini, lama-lama bisa membuat roda terlepas. Mobil apapun, terlebih supercar, copot roda sungguh tidak lucu. Bisa fatal akibatnya. Secara spesifik, NHTSA menyebutkan Recall Lamborghini melibatkan Aventador SV Coupe dan Roadster.

Roda Rawan Lepas, Lamborghini Recall Lagi?

Walhasil, mereka memerintahkan Lamborghini untuk menghubungi pemilik dan melakukan perbaikan. Khususnya untuk Aventador SV keluaran 2015-2016. Tentunya pihak prinsipal tak akan memungut biaya pada konsumen. Untungnya, di Amerika Serikat mobil ini tergolong langka. Hanya ada delapan unit.

Baca Juga : Karena Transmisi, Lamborghini Aventador Recall 1.700

Inilah ketiga kalinya Lamborghini melakukan recall. Bulan lalu lebih masif lagi karena melibatkan 7.000 unit Aventador di seluruh dunia. Ketidaksempurnaan software pengatur kinerja mesin, mengakibatkan mobil mati mendadak, terutama di kecepatan rendah. Recall juga melibatkan dua tipe paling langka, Lamborghini Centenario dan Veneno.

Khusus Centenario, Mei lalu juga direcall karena hal sepele. Label keselamatannya salah cetak dan memberikan informasi bobot yang bukan seharusnya. Total 11 mobil diganti labelnya, dari 40 yang terjual di Amerika Serikat.

SuperVeloce, Versi Buas Aventador

Aventador SV (SuperVeloce) adalah versi yang lebih buas dari keluarga Aventador. Mesinnya mengalami modifikasi sehingga tenaga melonjak jadi 750 PS, dari yang standar 700 ps. Selain itu, edisi terbatas ini juga lebih ringan 50 kg. Dari luar, Anda bisa mengenalinya berkat penggunaan peranti aerodinamika yang berbeda. Salah satunya adanya sayap belakang berbahan carbon fiber.

Pengendaraannya juga ditingkatkan dengan penyematan sistem power steering elektrik yang lebih presisi. Suspensi dengan sistem magnetic damper juga dipasangkan untuk menunjang pengendalian.

Produksi Aventador SV (coupe) dimulai pada kuartal kedua 2015 dengan jumlah yang diproduksi tidak lebih dari 600 unit untuk pasar seluruh dunia. Tahun berikutnya Lamborghini memperkenalkan Aventador SV varian roadster dengan atap yang bisa dibuka. Varian ini lebih sedikit lagi, dibuat hanya 500 unit. Nah, Lambo tipe itulah yang terkena recall alias pemanggilan ulang untuk diperbaiki di bengkel. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:39 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelirecalllamborghiniaventadornewsberitaotomotifgarasiid