Mobil
Perawatan Mobil

Saatnya ‘memanjakan’ mobilmu di akhir pekan !

15 Jun 2019 | 19:23 WIB
BAGIKAN

Sahabat yang setiap harinya melakukan aktifitas di kantor, terkadang tidak sempat untuk mengecek atau merawat kondisi kendaraan di akhir pekan. Bagi sebagian orang, waktu di akhir pekan adalah waktu untuk melepas penat dari hiruk pikuk dunia kerja atau sekedar bersantai bersama dengan keluarga tercinta. Biasanya para pemilik kendaraan malas untuk memeriksa atau merawat kondisi mobil, dan lebih memilih untuk menggunakannya langsung. 

Saatnya ‘memanjakan’ mobilmu di akhir pekan !

Akan sangat disayangkan jika pengecekan jarang dilakukan, mobil Sahabat bisa saja sewaktu-waktu rusak. 

Untuk melakukan pengecekan bagian-bagian penting dan perawatan tidak membutuhkan waktu yang lama kok ! Hanya butuh waktu 30 menit agar mobil selalu tetap prima dan Sahabat dapat melakukannya di rumah sendiri. 

Pertama, pengecekan dilakukan di daerah mesin. Sahabat hanya perlu membuka kap mesin mobil untuk melihat apakah kondisi fisik mesin mobil masih bagus atau tidak. Jika ada oli yang menetes, segera lakukan tindakan inspeksi. 

Kedua, coba kamu cabut dipstick pengecekan oli kendaraan, hal tersebut berfungsi untuk melihat ketersediaan oli yang ada pada mesin. Penambahan oli mesin sangat dianjurkan karena jika jumlah volume oli dalam mesin berkurang akan sangat berakibat fatal. 

Ketiga, lakukan pengecekan ketersediaan penampungan air radiator dan penampungan air pembersih kaca Untuk menambahkan air radiator Sahabat wajib menggunakan cairan khusus pendingin air radiator karena tidak disarankan untuk menggunakan air keran. Pasalanya air keran atau air sumur mengandung zat dalam tanah yang dapat menimbulkan lumut di dalam dinding bak penampungan, jika itu sampai terjadi sirkulasi pendinginan oleh radiator akan tersumbat dan mobil Sahabat sudah dipastikan mengalami overheating.

Pengecekan keempat adalah pengecekan minyak rem dan kopling. Jika minyak rem pada wadah penampungan berkurang atau di bawah garis batas yang ditentukan, Sahabat wajib untuk mengisinya kembali. Jangan pernah berpikir untuk mengisi oli melebihi dari batas maksimal karena akan terbuang sia-sia.

Langkah kelima adalah pengecekan bagian roda dan kelistrikan. Dengan menggunakan kunci khusus untuk membuka roda, Sahabat coba lakukan pengecekan disetiap baut yang menempel pada roda, jika ditemukan baut yang longgar segera kencangkan baut tersebut karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya ketika kamu sedang berkendara. 

Setelah melakukan pengecekan baut, coba ukur tekanan angin pada keseluruhan ban, dengan menggunakan alat Tire Pressure Gauge. Jika Sahabat tidak memilikinya, coba amati keempat ban tersebut apakah semua terlihat rata atau justru ada yang tampak melebar seperti kekurangan angin. Jika dirasa ada salah satu ban yang kekurangan angin, alangkah baiknya Sahabat melakukan pengisian ulang angin untuk seluruh ban. Ingat ! baca terlebih dahulu ukuran tekanan angin yang ideal untuk mobil Sahabat, biasanya ukuran tekanan angin ban yang dianjurkan tertulis di bagian sisi pintu pengemudi. 

Selanjutnya adalah pengecekan kelistrikan, langkah keenam ini merupakan langkah yang cukup rumit jika Sahabat tidak terlalu paham mengenai kelistrikan. Namun, perlu Sahabat pahami jalur-jalur kelistrikan utama seperti jalur kelistrikan untuk menyalakan lampu utama, lampu pengereman, lampu mundur, dan lampu sein. Biasanya jika salah satu lampu tersebut ada yang tidak berfungsi ada tiga kemungkinan penyebabnya. Penyebab pertama adalah bohlam lampu yang putus, kedua adalah sekring yang putus, atau yang ketiga kabel yang terputus. 

Jika permasalahannya adalah sekring yang putus, Sahabat bisa menggantinya dengan membuka kotak sekring yang terdapat di atas mesin mobil. Perlu ketelitian dan kesabaran dalam melakukan pengecekan sekring, seluruh pedoman fungsi dari sekring biasanya berada di balik tutup cover sekring. Sahabat juga jangan pernah mengganti sekring seenaknya saja, karena beda sekring beda juga voltase yang dapat ditahannya. Lebih baik segera mengunjungi bengkel terdekat jika kamu ragu untuk memperbaikinya. 

Langkah terakhir adalah mencuci mobilmu. Hal yang mudah namun perlu ketelitian dalam melakukannya dan tentunya niat ! Jangan biarkan debu terus menumpuk di seluruh mobil karena selain tidak enak dipandang mata juga berdampak buruk untuk kesehatan cat dari mobil itu sendiri. So, wake up Sahabat, it’s bath time !

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 15 Jun 2019 | 19:23 WIB
BAGIKAN