Movement Saber Great of Indonesia Tuai Sorotan di Jepang, Tingkatkan Daya Saing Industri  Modifikasi dan Aftermarket di Kancah Internasional
Movement Saber Great of Indonesia Tuai Sorotan di Jepang, Tingkatkan Daya Saing Industri Modifikasi dan Aftermarket di Kancah Internasional

Movement Saber Great of Indonesia Tuai Sorotan di Jepang, Tingkatkan Daya Saing Industri Modifikasi dan Aftermarket di Kancah Internasional

21 Feb 2024 | 10:25 WIB

Industri modifikasi dan aftermarket Indonesia sukses tuntaskan movement Saber Great of  Indonesia dalam gelaran pameran Osaka Auto Messe (OAM) 2024 di Osaka, Jepang pada 10-12 Februari  2024.  

Untuk membina koneksi dan mengenalkan potensi industri modifikasi dan aftermarket Indonesia  dengan pegiat industri di Jepang, movement Saber Great of Indonesia yang digagas asosiasi modifikasi  National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) membawa perwakilan modifikator dan  produsen aftermarket lokal untuk berpameran di Jepang.  

Kesempatan ini sekaligus membuka rangkaian agenda pre-event menuju gelaran puncak Indonesia  Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024 ‘Road to The World’ yang akan berlangsung 4-6 Oktober 2024  di Hall 9-10 ICE, BSD.  

Gelaran ke-27 Osaka Auto Messe sukses menjaring sekitar 250 ribu pengunjung mencakup pelaku  industri kustomisasi di Jepang dan audiens umum lintas usia. Partisipasi NMAA dalam movement Great  of Indonesia ke-5 turut mengajak 4 produk modifikasi dan aftermarket dari Indonesia. 

Mulai dari Saber Industries, produk Premium Spray Wax WetShine, Kustom Painting FreeFlow, dan velg  aftermarket Turbo Bastard Wheel. Selain itu, Saber Great Indonesia turut membawa mobil modifikasi  Mitsubishi Lancer Evo IX MR milik Saber Industries dan gaun rancangan desainer Shizka Prive.  

"Unsur budaya dalam Movement Saber Great of Indonesia menjadi daya tarik produk lokal menarik  perhatian di kancah internasional. Melalui mobil Evo IX MR milik Saber Industries serta partisipasi  produk – produk lokal sukses menuai respons positif dari publik Jepang. Mereka tunjukkan apresiasi  terhadap karya inovatif asal Indonesia, dan mengakui bahwa saat ini industri modifikasi dan aftermarket  Indonesia semakin menggeliat,"ujar Andre Mulyadi selaku Founder NMAA dan IMX Project Director.  

Andre berharap, ke depannya kolaborasi antara pelaku modifikasi Indonesia dan Jepang saling memberi  dampak positif memajukan industri aftermarket kedua negara.  

"Potensi besar industri modifikasi dan aftermarket Indonesia ditunjukkan dari kemampuan manpower  (SDM) yang adaptif menjawab perkembangan tren modifikasi global. Banyak para pelaku industri masih  berskala UMKM tetapi punya daya saing tinggi. Sehingga harapannya dapat meningkatkan kualitas  produk – produk yang lebih dulu eksis,"harap Andre. 


Sebelum penutupan acara, tim Saber Great of Indonesia mendapat kepercayaan dari pihak panitia untuk  memilih mobil modifikasi terbaik. Setelah berunding, tim akhirnya sepakat memilih Nissan GT-R R35  besutan Kuhl Racing sebagai peraih apresiasi 'NMAA Favorite Proper Car'.  

"Ini menjadi kesempatan istimewa bagi NMAA yang mendapat kepercayaan memilih satu mobil favorit  dari Osaka Auto Messe. Nissan GT-R R35 tersebut berhasil mendulang perhatian tim NMAA dari ratusan  mobil yang turut serta. Menjadi contoh dari konsep modifikasi yang proper dan fungsional,"jelas Andre. 

Di sela-sela kesibukannya, perwakilan Osaka Auto Messe Mr Miyaki menyampaikan catatan Osaka Auto  Messe tahun ini. Pemilihan lokasi strategis dan mudah diakses berhasil menjaring lebih banyak  pengunjung.  

"Penentuan lokasi terbilang krusial agar banyak menggaet pengunjung, booth NMAA terletak di Gedung  Hall A yang juga menjadi lokasi Formula Drift. Sehingga kami menyambut baik kolaborasi antara Osaka  Auto Messe serta NMAA dan IMX agar bisa terus menjalin kolaborasi lebih intens dan berkelanjutan," ucapnya. 

Pameran tahun ini memilih lokasi gedung terluas dibanding tahun sebelumnya. Mencakup pelataran  Gedung 6A, 6B dan 6C. Paling utama, Otobux sebagai sponsor Osaka Auto Messe2024 merayakan hari  jadinya ke-50 tahun saat acara berlangsung.  

"Secara total pengunjung, Osaka Auto Messe tahun 2024 berhasil membukukan pengunjung di hari  pertama sebanyak 69 ribu, hari kedua sebanyak 83 ribu, dan hari ketiga 60 ribu pengunjung. Totalnya,  tiga hari gelaran pameran berhasil mencatat 250 ribu pengunjung yang menikmati suguhan konten – konten menarik," jelas Mr Miyaki.  

Dia menambahkan, pengingkatan traffic dan demografi pengunjung menunjukkan mengukuhkan Osaka  Auto Messe sebagai pameran paling dinanti serta diminati pelaku modifikasi dan aftermarket sekaligus  menunjukkan ragam produk inovatif dari berbagai wilayah di Jepang.  

Partisipasi Saber Industries dalam misi mengenalkan produk aftermarket dari Indonesia di kancah  internasional turut mengakselerasi perkembangan industri modifikasi Tanah Air.  

"Tahun ini menjadi kali ketiga Saber Industries ikut memamerkan produk di Osaka Auto Messe. Khusus  tahun ini animonya terbilang tinggi. Terlihat dari kunjungan audiens ke lokasi booth Saber Great of  Indonesia. Banyak diantaranya memotret mobil modifikasi Lancer Evo IX MR bersama model yang  mengenakan gaun batik rancangan desainer Indonesia,"ujar Founder dan CEO Saber Industries, Vincent  C. Mergonoto.  

Menurutnya, kekayaan budaya Indonesia lewat pemilihan motif batik Hokokai menghiasi bagian bodi  Lancer Evo IX berhasil menjadi daya tarik booth Saber Great of Indonesia. Motif batik Hokokai yang  menjadi wujud akulturasi budaya Indonesia dan Jepang juga terwujud pada motif gaun batik karya  Shizka Prive.  

"Berlangsungnya movement Saber Great of Indonesia sekaligus menunjukkan hasil kreasi orang  Indonesia ke publik Jepang. Kita semua tentunya berupaya mendorong pelaku industri modifikasi agar  bisa mengimbangi kualitas produk luar negeri,"ungkap Vincent. 

Movement Saber Great of Indonesia Tuai Sorotan di Jepang, Tingkatkan Daya Saing Industri  Modifikasi dan Aftermarket di Kancah Internasional


Pencapaian tersebut, lanjut Vincent memicu industri modifikasi dan aftermarket Indonesia untuk  melanjutkan movement Saber Great of Indonesia dengan skala dan produk yang lebih besar. Sehingga  lebih banyak memberikan kesempatan modifikator dan produsen aftermarket lokal untuk  mempromosikan produknya lebih luas. 

"Rata-rata para audiens terpukau dengan mobil modifikasi Lancer Evo IX MR. Bahkan, ada yang punya  mobil serupa mengaku amaze dengan perwakilan mobil modifikasi dari Indonesia. Kami juga antusias  bisa berdiskusi bersama para pelaku industri modifikasi di Jepang," tambah Vincent 

"Harapannya kami (Saber Industries) dan semua karya modifikasi Indonesia bisa menembus pasar  internasional. Dalam waktu dekat, Saber Industries juga akan merilis kaca film dan terus melakukan riset  sebelum hadirkan produk-produk inovatif lainnya,"lengkap Vincent.  

Stimulus dari movement Saber Great of Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan potensi pengembangan produk modifikasi agar bisa menjawab perubahan tren terkini. Sehingga, tidak hanya  memberikan peluang bagi anak bangsa agar semakin kreatif dan inovatif. Namun juga, terciptanya  lapangan pekerjaan dan produk-produk berkualitas. 

"Kesempatan ini juga menjadi ajang berbagi ilmu dan edukasi seputar produk-produk modifikasi  terbaru. Membuktikkan bahwa industri modifikasi dan aftermarket Indonesia sanggup menghadirkan  produk yang mengacu pada tampilan, aspek fungsional, dan kenyamanan,"tandas Andre.  

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 21 Feb 2024 | 10:25 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

NMAAGreatsabermodifikasijepang
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family