Semua Jenis Pasar Otomotif Memiliki Komunitas Hobi
Semua Jenis Pasar Otomotif Memiliki Komunitas Hobi

Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?

06 Jul 2023 | 17:53 WIB

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia otomotif, sudah banyak pecinta otomotif serta komunitas mobil mengikuti perkembangan dengan aliran-aliran modifikasi mobil. Bagi Sahabat pecinta mobil, mungkin sering mendengar istilah JDM, EDM dan USDM. Istilah ini sering ditemukan dalam kompetisi modifikasi mobil secara keseluruhan, biasanya istilah ini masuk juga dalam kategori-kategori khusus yang menghargai aspek-aspek tertentu dalam modifikasi, seperti kategori mobil vintage, mobil sport dan mobil audio terbaik.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


Bagi sebagian modifikator, perbedaan antara JDM, EDM dan USDM mungkin tidak terlalu signifikan. Namun, bagi yang benar-benar memperhatikan detail, perbedaan ini bisa menjadi sangat penting dalam memilih mobil impian untuk dimodifikasi. Mungkin Sahabat masih bingung dalam memodifikasi, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu kemana arah modifikasi yang sesuai dengan minat Sahabat. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan saja, bisa-bisa jadi salah jalur dan menyesal dalam memodifikasi mobil kesayangan.


Nah Sahabat, saat ini ada beberapa aliran modifikasi yang populer di Indonesia. Ini bisa jadi referensi kamu dalam memodifikasi mobil biar makin kece dan keren. Apakah aliran ini cocok dengan kepribadian dan mobil kesayangan kamu?


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


JDM (Japanese Domestic Market)

Mobil-mobil JDM memang diproduksi dan dirancang khusus untuk pasar negeri Jepang. Di Indonesia sudah banyak pengendara atau bahkan Sahabat sendiri memiliki mobil produk Jepang. Mobil-mobil JDM lebih terkenal serta identik dengan mobil sport dan custom.  


Minat dan kecintaan penggemar mobil JDM berasal dari jenis mobil yang eksotis dan unik dari pasar domestik. Modifikasi jenis JDM masih merupakan tren yang populer di seluruh dunia dan terus mempengaruhi industri mobil. Lalu, apa saja kelebihan dari JDM. Sahabat bisa simak dibawah ini.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


  • Performa mobil JDM lebih baik dan tangguh dalam kondisi balapan atau di jalan raya. Sahabat pasti tahu, biasanya mobil JDM memiliki mesin yang lebih kuat, responsif, lincah dan dilengkapi dengan sistem suspensi yang lebih baik.


  • Teknologi yang lebih inovatif dan spesifik dilakukan untuk memperbaiki kinerja kendaraan. Produsen JDM sangat berfokus pada peningkatan kinerja mobil dan terus mengembangkan teknologi terbaru untuk mencapai tujuan. Sehingga, mobil JDM dianggap lebih unggul dalam hal inovasi dan teknologi.


  • Bahan-bahan yang lebih berkualitas dan tahan lama. Produsen mobil JDM sangat memperhatikan kualitas bahan yang digunakan pada mobil. Biasanya lebih tahan lama dan berkualitas tinggi, sehingga menjadikan mobil JDM lebih awet dan dapat bertahan lama.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


EDM (European Domestic Market)

Jenis mobil EDM memiliki kelebihan lebih mengarah ke mobil mewah dan elegan. Meskipun dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil biasa. namun harga yang mahal menjadi hal yang cukup signifikan. Nah, kenapa masih banyak peminat mobil EDM? atau Sahabat sendiri juga sudah memilikinya? mari kita simak keunggulannya sebagai berikut.


  • Desain yang lebih elegan dan mewah. EDM terkenal dengan desainnya yang elegan dan mewah, sehingga lebih cocok bagi modifikator yang ingin tampil bergaya dan eksklusif. Mobil EDM terkesan lebih elegan dan bergaya tinggi.


  • Fasilitas keamanan yang lebih canggih dan modern. Produsen EDM seringkali lebih memperhatikan aspek teknologi keamanan pada mobil, sehingga lebih aman dan nyaman digunakan bagi pengendaranya. Mobil EDM dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang lebih canggih dan modern, seperti sensor parkir, sistem pengereman anti-lock, hingga kamera belakang.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


  • Cocok untuk dipakai sehari-hari dan berkendara dalam kota. Selain memiliki desain yang elegan dan mewah, mobil EDM juga memiliki kemampuan berkendara yang nyaman dalam kondisi jalan padat dan kecepatan rendah. Meskipun mobil EDM mungkin kurang responsif dan tahan terhadap kondisi jalan yang ekstrim, namun mobil tersebut lebih cocok digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.


USDM (United States Domestic Market)

Mobil-mobil USDM atau biasa disebut juga American Style memiliki ciri khas yang terlihat pada tampilan eksterior dan bodi,  rata-rata memiliki part bumper sedikit lebih besar dan berpenampilan elegan. Gaya modifikasi ini inspirasinya datang dari spek mobil-mobil di Amerika Serikat. 


Lalu, bagaimana Sahabat bisa mengenal dan apa saja karakter yang menarik mobil bergaya USDM?


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


  • Mobil modifikasi USDM terlihat dari warna bumper mobil  berbeda dengan bodi, sehingga terkesan belum dicat seperti mobil termurah. Tapi tak hanya beda warna, lapisan cat yang belum selesai ini memiliki tekstur kasar berbintik seperti permukaan kulit jeruk. Tekstur ini sengaja diciptakan dengan teknik penyemprotan cat, memperbesar spray angin lalu dilapis vernis. Warna yang dipakai biasanya abu-abu atau hitam, sama seperti beberapa mobil spek Amerika. Perbedaan warna ini juga bisa diperoleh dengan stiker warna hitam doff untuk melapisi bumper.


  • Hood-bra adalah salah satu aksesori wajib USDM, pelapis kap mesin yang dibuat dari kulit. Fungsinya untuk melindungi bagian depan mobil dari kerikil saat mobil berjalan. Saat ini, hoodbra banyak dibuat secara custom sebagai pelengkap modifikasi.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


  • Bagian paling khas dan populer dari USDM atau modifikasi American Style, detail intersection lamp. Intersection lamp merupakan lampu kuning yang dipasang di bagian samping bumper depan atau menyatu di headlamp atau stop lamp. Produk aftermarketnya biasa dikenal sebagai headlamp atau stop lamp USDM. Biasanya, lampu ini akan berfungsi bersamaan dengan hidupnya lampu isyarat belok atau sein. Tapi modulnya diaktifkan bukan untuk membuatnya berkedip, intersection lamp menyala kuning namun tidak berkedip.


Saat ini sudah banyak kompetisi modifikasi mobil, banyak penggemar otomotif yang tertarik untuk memodifikasi mobil JDM, EDM dan USDM untuk meningkatkan kinerja atau penampilan mobil. Ketiganya memiliki karakteristik serta keunikan masing-masing yang membuatnya menjadi idaman sekaligus diinginkan dengan ciri khas tersendiri.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


Mobil JDM, EDM dan USDM memiliki gaya dan karakter yang berbeda. Pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing individu. Jika Sahabat ingin mobil yang unik dan berbeda dari yang lain, maka mobil JDM, EDM atau USDM mungkin menjadi pilihan yang tepat.


Kendaraan JDM, EDM dan USDM sangat populer di kalangan anak muda dan kolektor kendaraan. Kendaraan ini ditawarkan dalam berbagai gaya, jenis, dan merek yang menarik bagi para penggemar otomotif. Ingat Sahabat, teruslah belajar dan mengeksplorasi dunia otomotif yang penuh dengan keunikan dan keindahan.


Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil JDM, EDM atau USDM?


Jangan lupa Sahabat, untuk mengunjungi www.Garasi.id serta Kumpulan Artikel Tips, Event, Review, Komunitas dan Berita Otomotif Terupdate untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


Modifikasi mobil impian pasti menambah kesenangan dan kepuasan dalam hidup. Selamat memodifikasi mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Agt 2023 | 11:19 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifhobimodifikasimobiljdmedmusdmkomunitaskompetisi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family