Pelajari Kelebihan Kelebihan Mobil Manual Dan Mobil Matic
Pelajari Kelebihan Kelebihan Mobil Manual Dan Mobil Matic

Sahabat Garasi Pilih Tim Mobil Manual Atau Mobil Matic?

23 Mei 2023 | 10:00 WIB

Memiliki mobil pribadi untuk digunakan beraktivitas sehari-hari tentu akan sangat nyaman. Jika Sahabat ingin memilih mobil dengan transmisi manual maupun matic itu tergantung kebutuhan dan selera. Namun demikian, di antara kebutuhan dan selera itu tentu ada yang paling tepat. Apakah mobil manual atau mobil matic yang lebih cocok untuk Sahabat.


Kedua transmisi itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dengan budget yang terbatas, Sahabat pasti pernah bertanya-tanya, lebih baik pilih mobil manual atau mobil matic. Untuk dapat mengambil keputusan yang baik maka sudah seharusnya Sahabat mencari informasi tentang mobil yang diinginkan. Kamu dapat pertimbangkan perbedaan dari kedua jenis tersebut.


Pelajari Kelebihan Mobil Manual Dan Mobil Matic

Pelajari Kelebihan Mobil Manual Dan Mobil Matic


1. Sistem Transmisi yang Berbeda


Bagi yang belum tahu, mobil dengan transmisi manual umumnya memiliki enam jenis gigi percepatan, lima untuk melaju ke depan dan satu untuk berjalan ke belakang. Sedangkan mobil bertransmisi matic memiliki cara kerja yang lebih sederhana. Transmisi matic dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu semi otomatis dan otomatis. Mobil semi matic, pada umumnya seperti transmisi manual dan perpindahan gigi masih dilakukan oleh pengemudi, namun tanpa menggunakan kopling.  Pada mobil matic, gigi berpindah secara otomatis tanpa perlu campur tangan pengemudi.


Mobil Manual Lebih Murah Dan Irit Ketimbang Mobil Matic

Pertimbangkan Jenis Mobil Yang Sesuai Dengan Kebutuhan


2. Kenyamanan Saat Berkendara


Dari segi kenyamanan, baik penumpang maupun pengemudi sebenarnya tidak terlalu mencolok perbedaannya. Hal ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, lebih nyaman matic ataupun manual. Contohnya, kebanyakan orang yang berada di kota besar dan sering macet, lebih senang menggunakan mobil matic, karena lebih praktis dan tidak melelahkan. Contoh lainnya, jika sering berada di jalan menanjak, kebanyakan lebih memilih menggunakan mobil bertransmisi manual dengan alasan lebih kuat untuk melalui jalan yang menanjak.


3. Konsumsi Bahan Bakar


Sebagian orang mengira bahwa mobil matic lebih hemat bahan bakar, justru itu yang salah. Mobil matic memiliki putaran transmisi yang lebih berat untuk melaju lebih cepat. Sedangkan mobil manual yang memiliki jumlah gigi yang banyak dapat membuat kerja mesin lebih efisien saat melaju kencang.


4. Akselerasi Mobil


Nah, dari segi akselerasi mobil bertransmisi manual lebih unggul dibandingkan mobil matic. Hal ini dikarenakan transmisi matic tidak seresponsif transmisi manual. Dalam segi transmisinya mobil matic lebih berat dan rumit sehingga dalam segi akselerasi diungguli oleh mobil manual.


Pilih Layanan Jasa Servis Hanya Di www.Garasi.id

Pilih Layanan Jasa Servis Hanya Di www.Garasi.id


5. Biaya Perawatan Mobil


Dalam pembiayaan perawatan, mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Ini disebabkan oleh mahalnya komponen dan suku cadang dari mobil matic. Apalagi jika Sahabat mengendarai mobil matic secara asal-asalan, itu akan merusak transmisi dan harus membongkar secara keseluruhan dengan biaya yang tidak sedikit.


Sebenarnya kalau dilihat dari perawatan, tidak beda jauh dengan mobil manual. Tetap perlu ganti komponen secara berkala dan oli transmisi. Jadi kalau dalam hal biaya perawatan, tidak beda jauh. Supaya tidak rusak serta keluar biaya banyak, maka rawatlah transmisi mobil kamu dengan benar. Lakukan servis rutin untuk memperpanjang usia mobil matic.


6. Keamanan Dalam Berkendara


Segi keamanan sama-sama memiliki plus dan minus. Pada mobil matic, pengendara akan cepat merasa bosan dan hilang fokus sehingga beresiko mengantuk. Pada mobil manual, pengendara akan mudah merasa lelah karena harus bekerja ekstra dan beresiko hilang konsentrasi. Sehingga, semua itu kembali lagi pada kondisi pengendara yang harus tetap berkonsentrasi dalam mengemudi. Oleh karena itu, jika bosan atau mengantuk, lebih baik berhenti sejenak untuk beristirahat demi keamanan bersama.


Lakukan Servis Berkala Agar Berkendara makin Tenang dan Aman

Lakukan Servis Berkala Agar Berkendara makin Tenang dan Aman


Sistem transmisi yang begitu fundamental harus selalu dirawat kondisinya agar mobil bisa melaju dengan optimal. Adapun bengkel spesialis transmisi mobil yang bisa Sahabat pilih untuk melakukan perawatan hingga perbaikan mobil seputar transmisi. Kunjungi www.Garasi.id untuk layanan lainnya yaitu jasa servis berkala, ganti oli, spooring, balancing, perawatan AC, interior serta eksterior. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Nah, setelah mengetahui perbedaannya, kamu pilih tim mobil manual atau tim mobil matic nih? Nyalakan mobilmu dan kendarai dengan bangga Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 23 Mei 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalamobilmanualmobilmatic
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family