Hindari Berkendara Jika Ban Mobil Kempes
Hindari Berkendara Jika Ban Mobil Kempes

Sangat Berbahaya! Hindari Berkendara Jika Ban Mobil Kempes

16 Sep 2023 | 23:52 WIB

Mengendarai mobil kesayangan memang harus didukung oleh kondisi pengemudi yang prima serta kondisi mobil yang baik. Jika Sahabat mengabaikan akan hal tersebut resiko gangguan di tengah perjalanan atau kecelakaan mungkin saja akan dialami.


Salah satu contohnya adalah ketika Sahabat mengemudi dalam kondisi ban mobil kempes. Mengemudi dalam keadaan ini sangatlah beresiko tinggi dan seharusnya tidak boleh dianggap sepele. Karena ukuran tekanan angin pada ban mobil merupakan salah satu hal yang ini penting sekali bagi kenyamanan berkendara. 


Bahaya Melakukan Perjalanan Dengan Kondisi Ban Mobil Kempes

Bahaya Melakukan Perjalanan Dengan Kondisi Ban Mobil Kempes


Perlu Sahabat ketahui, untuk pengecekan atau pengisian tekanan angin ban mobil ini tidak harus dilakukan setiap hari. Pasalnya, kalau memang kondisi ban dan velg mobil dalam keadaan baik, maka pengurangan tekanan anginnya bisa berlangsung sangat lambat.


Ban mobil yang kempes atau kehabisan angin memang sangat membahayakan bagi Sahabat saat mengendarai mobil kesayangan. Kenapa demikian? Nah, Sahabat bisa simak bahaya berkendara dengan kondisi ban kempes dibawah ini.


Ban Mobil Kempes Bisa Berpotensi Kecelakaan

Ban Mobil Kempes Bisa Berpotensi Kecelakaan


1. Rawan Terhadap Kecelakaan

Hal pertama yang sudah jelas terjadi ketika melakukan penjalanan menggunakan mobil dengan kondisi ban kempes ialah rawan terjadi kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh laju mobil yang tidak stabil dan oleng ketika dikendarai dengan keadaan ban kempes.


Sahabat pun akan kesusahan dalam mengendalikan mobil apabila dikendarai dengan keadaan kempes. Apalagi ketika membawa mobil dalam keadaan jalan yang tidak datar seperti menurun bahkan menanjak. Hal seperti inilah yang menjadi pemicu terjadinya sebuah kecelakaan dan bisa melibatkan kendaraan lain.


Ban Mobil Bisa Retak dan Sobek

Ban Mobil Bisa Retak dan Sobek


2. Ban Mobil Dapat Meletus Seketika

Ingat Sahabat, bahwa ban yang meletus tak hanya dipengaruhi oleh tekanan angin yang berlebihan, namun juga dipicu oleh tekanan angin pada ban mobil yang kurang. Ban yang kempes bisa membuat permukaan ban menjadi retak, bolong, dan rusak.


Jika ini dibiarkan terus-menerus tanpa perbaikan, maka ban mudah meletus. Selain itu ketika Sahabat tetap mengemudi ban dalam kondisi kempes akan membuat ban meletus yang mengakibatkan resiko kecelakaan. Tentu saja ban yang rusak akan membuat perjalanan kamu menjadi terganggu.


Pastikan Ban Serep Dalam Kondisi Baik

Pastikan Ban Serep Dalam Kondisi Baik


3. Pemakaian BBM Lebih Boros

Apakah Sahabat menyadari ban kempes pada mobil juga menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan bahan bakar? Hal ini karena tekanan angin yang kurang membuat mobil bekerja dua kali lebih besar dari keadaan normal sehingga membutuhkan dua kali penggunaan bahan bakar. 


Ban yang kempes akan membuat tapak ban mengalami perubahan yang dampaknya akan mempengaruhi energi yang membuat mesin bekerja keras dengan konsumsi bahan bakar berlebih. Ban juga akan cepat naik suhunya menjadi lebih panas.


Perhatikan Tekanan Angin Ban Mobil

Perhatikan Tekanan Angin Ban Mobil


4. Kemudi Mobil Sulit Dikendalikan

Ban yang kempes akan membuat mobil sulit dikendalikan karena kondisi yang tidak stabil dan seimbang, akibatnya mengendarai mobil jadi sulit dikontrol dan menjadi tidak nyaman.


Bila mobil sulit dikendalikan saat sedang berjalan maka laju menjadi terganggu. Bahkan jika Sahabat nekat memacu mobil yang kempes dengan kecepatan sedang maupun tinggi bisa terjadi resiko kecelakaan.


Waspada Modus Kejahatan di Jalan Raya

Waspada Modus Kejahatan di Jalan Raya


5. Rawan Tindak Kejahatan

Kondisi lain yang tidak Sahabat sadari ketika mengendarai mobil dengan keadaan ban kempes ialah tindak kejahatan. Memang hal ini terkesan sedikit mustahil, namun di kota besar banyak modus kejahatan yang dilakukan dengan mengempeskan ban mobil. Sehingga memicu kamu untuk membawa mobil dengan lambat sehingga mudah di hadang. Tujuan lainnya ialah agar kamu melakukan pemberhentian dengan sengaja di tempat sepi, sehingga pelaku kejahatan lebih mudah melakukan aksi.


Itulah Sahabat, bahaya yang dapat terjadi apabila berkendara dengan kondisi ban mobil kempes. Oleh sebab itu, pastikanlah kamu melakukan perjalanan menggunakan mobil dengan kondisi ban yang baik agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.


Sangat Berbahaya! Hindari Berkendara Jika Ban Mobil Kempes


Sahabat bisa mengantisipasi jika ban mobil bocor terjadi di masa depan, kamu bisa menggunakan layanan terpercaya Asisten Darurat - Layanan Darurat Mobil / Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Garasi.id. Manfaatkan layanan Asisten Darurat yang memberikan ketenangan dan kenyamanan saat berkendara yang kamu alami karena kejadian tidak terduga seperti ban mobil kempes atau bocor.


Kunjungi www.Garasi.id untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Tim customer servis Clara dari Garasi.id akan membantu layanan 24 jam jika Sahabat mengalami kendala darurat.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Okt 2023 | 12:30 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbanmobilbankempesbanbocorbanpecahbanmeledakborosbensinisianginservisban
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family