Jaga Kondisi Rem Mobil Agar Tetap Prima
Jaga Kondisi Rem Mobil Agar Tetap Prima

Segera Periksa! Saat Rem Mobil Bunyi Berdecit

05 Jul 2023 | 09:32 WIB

Sistem rem dalam sebuah kendaraan merupakan salah satu sistem aspek keselamatan kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan laju sebuah kendaraan. Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak bisa beragam. Ketika rem mobil Sahabat mengeluarkan suara yang tidak biasa, ini adalah peringatan bahwa salah satu sistem keselamatan paling kritis mobil kamu bermasalah. Maka dari itu jangan mengabaikannya karena bisa berakibat fatal, rem blong dan kecelakaan akibat tabrakan beruntun.


Terlebih lagi, saat terdengar bunyi berdecit yang berlebihan saat mengerem. Penting bagi Sahabat untuk mengetahui hal penyebab terjadinya bunyi tersebut. Jika dibiarkan, pastinya akan mengancam para pengendara lain maupun Sahabat sendiri. Kemungkinan penyebab rem yang bunyi bisa saja berasal dari komponen pengereman yang bekerja kurang optimal, sehingga daya pengereman pada kendaraan berkurang.


Perawatan Pada Sistem Rem Wajib Dilakukan Secara Rutin

Perawatan Pada Sistem Rem Wajib Dilakukan Secara Rutin


Namun, ada beberapa penyebab lain rem mobil yang berdecit saat diinjak, Sahabat bisa cek informasi lengkapnya dibawah ini.


Kampas rem berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat putaran piringan cakram ataupun tromol pada roda mobil. Semakin banyak kita menggunakan mobil, pastinya kampas rem akan semakin menipis dan cepat habis.


Jika kampas rem habis, maka rem tersebut akan bergesekan secara langsung dengan disk brake, sehingga daya pengereman berkurang dan menimbulkan bunyi pada rem. Jika kampas rem habis, Sahabat harus cepat mengganti kampas rem yang tipis atau habis dengan kampas rem yang baru.


  • Kotoran Pada Permukaan Rem

Kotoran yang biasanya menempel pada permukaan rem ialah berupa debu ataupun tanah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, maka kotoran yang berada pada permukaan mesin antara kampas rem dan cakram akan otomatis menimbulkan bunyi saat kita sedang menginjak rem. Oleh sebab itu Sahabat, segera bersihkan debu yang menempel pada area piringan cakram tersebut, sehingga kampas rem dapat kembali bekerja secara optimal.


Jangan Abaikan Keselamatan Berkendara

Jangan Abaikan Keselamatan Berkendara


  • Kurangnya Pelumas Pada Pedal Rem

Penyebab rem mobil bunyi lainnya diakibatkan karena pedal rem yang kekurangan pelumas, sehingga mengeluarkan bunyi saat rem diinjak. Bahkan suara bunyi rem tidak hanya terdengar dari luar saja, bahkan terdengar suara rem bunyi dari dalam kabin.


  • Terkena Tetesan Oli

Jika piringan cakram terkena oli, maka akan membuat rem kurang pakem karena piringan cakram dan kampas rem yang lebih licin. Tetesan oli pada piringan cakram tersebut, akan menyebabkan rem mobil bunyi saat diinjak. Baiknya Sahabat cek terlebih dahulu dengan membersihkan tetesan oli tersebut agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.


  • Terkena Percikan Air

Penyebab terakhir terjadinya rem mobil bunyi adalah terkenanya percikan air pada piringan cakram. Untuk penyebab yang satu ini, Sahabat tidak perlu khawatir karena suara tersebut akan hilang dengan sendirinya dengan kita melakukan pengereman saat mengendarai mobil.


Ganti Kampas Rem Sesuai Standar Mobil

Ganti Kampas Rem Sesuai Standar Mobil


Cara Mengatasi Rem Berdecit Pada Mobil

Pada umumnya penyebab utama bunyi pada rem adalah kondisi kampas rem. Ada baiknya Sahabat periksa terlebih dahulu kondisi kampas rem mobil. Jika kampas rem menipis dan mau habis, langsung ganti kampas rem dengan yang baru.


Harga kampas rem dibanderol dengan harga terjangkau. Tetapi jika kampas rem masih tebal kamu harus membersihkan dengan Brake Cleaner. Cairan ini dapat membersihkan oli dan air yang menempel pada permukaan kampas rem. Hal ini dapat membuat rem kembali bekerja secara optimal.


Bersihkan Menggunakan Cairan Brake Cleaner

Bersihkan Menggunakan Cairan Brake Cleaner


Selain itu kita juga dapat mengamplas kampas rem agar permukaan kampas rem lebih kasar sehingga tidak menimbulkan sleep dan bunyi saat sedang rem. Kemudian bersihkan juga piringan cakram atau tromol dengan cairan Brake Cleaner agar tidak adanya kotoran dan oli yang menempel.


Saatnya membawa ke bengkel agar mekanik memeriksa mobil kesayangan Sahabat. Bunyi rem yang konstan dapat menjadi tanda bahwa rem perlu dilumasi, atau dapat menjadi peringatan bahwa komponen sistem rem aus atau perlu diservis.


Pilih Bengkel Spesialis Kaki-Kaki Mobil

Pilih Bengkel Spesialis Kaki-Kaki Mobil


Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id dan pilih layanan jasa terbaik untuk servis kaki-kaki, servis rem, spooring, balancing 4 roda serta pembelian ban mobil baru sesuai area terdekat bengkel kesayangan Sahabat.


Jabodetabek

  • Bengkel Bos berikan jasa servis rem 4 roda, spooring, balancing dan ban mobil.
  • Nawilis berikan jasa paket re-matching-anti getar, spooring dan paket nitrogen.
  • Speeds Tire Centre berikan jasa spooring, bongkar pasang engkel serta tambal dan ganti pentil karet.
  • SCW Otomotif Jakarta berikan jasa paket balancing+gratis angin nitrogen.


Jawa Barat

  • Cahaya Agung berikan jasa paket spooring, balancing dan servis rem.
  • Automaster berikan jasa servis rem 4 roda, paket spooring balancing, brake parts cleaner, kuras dan isi nitrogen.


Jawa Tengah

  • Monte Carlo berikan jasa spooring, balancing dan cek kaki-kaki mobil.


Jawa Timur

  • Harris Mobil berikan jasa paket rem dan paket spooring.
  • Bengkel B&S berikan jasa servis rem, spooring balancing+pengecekan kaki-kaki, ban mobil, kuras dan isi nitrogen.
  • Mardiono berikan jasa servis spooring, balancing dan isi nitrogen.


E-commerce Terbaik Garasi.id

E-commerce Terbaik Garasi.id


Banyak kentungan jika Sahabat bertransaksi di www.Garasi.id yaitu promo potongan harga jasa servis hingga pembayaran yang mudah dan aman dengan fitur QRIS. Jika ada kendala, Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Syarat dan ketentuan berlaku.


Kebahagiaan adalah disaat mengendarai mobil dengan nyaman dan tenang. Selamat servis kaki-kaki mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Okt 2023 | 17:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifremmobilserviskakikakispooringbalancingbanmobilservisberkalaperawatanmobilsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family