Ground Clearance
Ground Clearance

Segini Ground Clearance Mobil Yang Aman Biar Nyaman

15 Mar 2023 | 11:00 WIB

Buat Sahabat yang punya kendaraan pasti udah nggak asing lagi dong kalau denger kata Ground Clearance. Tapi sebenernya Sahabat paham dengan jelas nggak sih apa itu Ground Clearance? Biar makin paham, yuk kita sama-sama bahas tentang Ground Clearance Mobil. 


Segini Ground Clearance Mobil Yang Aman Biar Nyaman



Mengenal Ground Clearance Mobil

Ground clearance merupakan jarak antara tanah atau permukaan aspal dengan titik terendah mobil. Titik terendah yang dimaksud bukanlah body atau footstep (pijakan kaki), namun kolong mobil. Secara umum, setiap mobil sudah diatur dari pabrikan agar memiliki jarak yang disesuaikan dengan knalpot atau center muffler. Jadi seharusnya kolong mobil tidak akan bertabrakan dengan aspal atau polisi tidur.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena jarak kolong mobil dan jalanan akan berpengaruh terhadap performa. Jika jaraknya terlalu tipis maka bagian kolong mobil akan membentur polisi tidur atau tanjakan. Bisa juga mobil berisiko kemasukan air banjir jika ground clearance-nya rendah.

Jarak tersebut nantinya akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan serta performa dari mobil tersebut saat dikendarai. Lalu, bagaimana sebenarnya mengukur jarak tersebut? Berapa ukuran standarnya agar kendaraan Sahabat nyaman saat dikendarai? Tapi sebelum sampai ke pengukuran Ground Clearance, mari kita ketahui terlebih dahulu pentingnya ground clearance.

Pentingnya Ground Clearance pada Mobil


1. Untuk Menghindari Air Masuk ke Dalam Mesin Mobil

Tinggi ground clearance yang cukup rendah dapat memunculkan potensi mesin mobil kemasukan air saat melewati jalan yang banjir atau tergenang air. Masuknya air ke dalam mesin mobil dapat melalui bagian filter udara atau sistem pelumasan. Kondisi seperti itu biasa disebut sebagai persoalan water hammer yang dapat berakibat rusaknya mesin mobil Sahabat.

Saat melewati jalanan yang banjir atau saat menerjang jalanan yang berarus air tinggi, potensi knalpot mobil untuk kemasukan air pun akan menjadi lebih tinggi jika ground clearance terlalu rendah. Perlu Sahabat ingat, bahwa biaya untuk perbaikan tersebut tidaklah mudah karena harus mengganti beberapa komponen seperti bagian stang piston yang kemasukan air.

2. Agar Nyaman dan Aman saat Melewati Jalanan dengan Berbagai Medan

Salah satu kelebihan ataupun keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengendarai mobil yang memiliki ground clearance yang cukup tinggi adalah mampu untuk berjalan di kondisi jalanan seperti apapun.

Dengan tingginya jarak antara ground clearance dengan permukaan jalanan membuat mobil Sahabat akan mampu bergerak dengan lebih fleksibel, terlebih saat melewati medan yang kurang rata sekalipun. Dengan begitu, komponen-komponen lain mobil Sahabat pun akan lebih terjaga keawetannya karena tidak adanya benturan yang terlalu keras dengan bagian permukaan jalan yang dilewati.

Kategori Ground Clearance di Pasar Mobil Indonesia


1. Ground Clearance Rendah (170-180 mm)

Kategori yang pertama merupakan tipe-tipe mobil dengan ukuran ground clearance yang rendah. Untuk kategori yang pertama ini, jarak terendah ke permukaan jalannya berkisar antara 170 hingga 180 mm. Tipe mobil yang masuk ke dalam kategori ini contohnya seperti mobil Toyota Agya, Toyota All New Sienta, Daihatsu Sirion, Nissan March, dan Kia Picanto.

Ukuran tersebut dianggap merupakan ukuran ground clearance yang ideal untuk penggunaan mobil dalam kota. Namun, tetap perlu diperhatikan saat melintasi jalanan yang tidak rata, bergelombang, atau bahkan berlubang. Pengendara diharapkan agar tetap berhati-hati agar tidak terjadi gesekan yang terlalu besar antara kolong mobil dengan bagian permukaan jalan yang dapat menyebabkan kerusakan pada body atau kolong mobil.

Sahabat  juga harus waspada saat berkendara di jalanan yang tergenang air. Untuk kategori yang pertama ini, batas maksimal untuk genangan air yang masih aman untuk Sahabat lewati adalah sekitar 20 hingga 25 cm. Sebisa mungkin hindari untuk melalui jalan yang memiliki genangan air lebih tinggi dari ukuran tersebut.

2. Ground Clearance Sedang (190 - 200 mm)

Kategori yang kedua merupakan mobil-mobil dengan ukuran ground clearance sedang yang berkisar antara 190 hingga 200 mm. Salah satu mobil yang masuk ke dalam kategori ground clearance sedang adalah mobil Toyota Avanza yang merupakan mobil MPV paling laris di Indonesia.

Dengan ukuran ground clearance sedang, Toyota Avanza dinilai sangat ideal untuk dikendarai di jalanan perkotaan Indonesia. Dengan ukuran ground clearance sedang, Sahabat tak perlu khawatir jika harus melewati jalan dengan kondisi medan yang tidak rata, bergelombang, ataupun berlubang sekalipun.

Mobil seperti Toyota Avanza sendiri aman dikendarai untuk melewati jalanan yang tergenang air atau banjir. Yang harus diperhatikan adalah ukuran ketinggian genangan air yang dilewati agar tidak melebihi jarak yang direkomendasikan, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm.

3. Ground Clearance Tinggi (Lebih dari 200 mm)

Kategori yang terakhir adalah tipe ataupun jenis mobil yang memiliki ukuran ground clearance yang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk kategori ini biasanya digolongkan untuk kendaraan yang memiliki ground clearance melebihi 220 mm, seperti contohnya Toyota All New Rush, Mitsubishi Pajero Sport, Honda BR-V. 

Jika dilihat dari ukuran tersebut, mobil ini memang didesain untuk melintasi jalanan dengan permukaan yang ekstrim seperti jalur perbukitan ataupun pegunungan. Tipe mobil ini juga cocok bagi Sahabat yang memiliki keperluan untuk mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah yang lumayan banyak, karena dengan ukuran ground clearance yang tinggi, gesekan bagian bawah mobil dengan permukaan jalan akan dapat dihindari.


Itu dia hal seputar Ground Clearance yang wajib Sahabat ketahui agar tidak salah dalam membeli mobil SUV. Kenali juga medan setempat Sahabat supaya tidak salah dalam memilih mobil yang tepat. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 15 Mar 2023 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilgroundclearance
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family