Ganti Oli Berkala
Ganti Oli Berkala

Segudang Manfaat Ganti Oli Secara Berkala

09 Nov 2022 | 13:39 WIB

Sahabat Garasi, merawat mobil bukan hanya rutin mencuci bagian eksterior saja, namun perlu juga diperhatikan tentang bagaimana cara mengganti oli mobil secara berkala agar mobil kesayangan kalian tidak rusak.


Segudang Manfaat Ganti Oli Secara Berkala


 

Mengapa mengganti oli mesin sangat penting pada interval waktu yang tepat? Sebab mengganti oli mesin secara teratur adalah perawatan rutin kendaraan yang paling penting. Penggantian oli mesin secara teratur atau terjadwal dengan baik sangat penting dalam menjaga mobil Anda berjalan dengan baik. Dengan mengganti oli mempunyai peluang besar untuk memeriksa area lain dari kendaraan juga. 

 

1. Mengganti oli mesin membuat mesin mobil Anda bersih.

 

Ketika oli mengalir ke mesin dari area lain, kotoran dan partikel lain akan mulai menumpuk di dalamnya. Jika Anda tidak mengganti oli mesin pada interval yang tepat, lumpur atau endapan debu akan mulai menumpuk di mesin mobil. Dengan mengganti oli mesin mobil serta mengganti filter oli secara tepat waktu akan mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang mengendap sebelum partikel berbahaya ini merusak mesin.

 

2. Umur mesin akan jauh lebih lama dengan mengganti oli secara rutin.

 

Sahabat, Oli merupakan sumber kehidupan kendaraan Anda. Oli melumasi dan melindungi mesin dan banyak bagian penting di dalam mesin dari keausan dan kerusakan. Masalahnya, minyak menjadi kotor. Dengan memastikan bahwa oli dan filter mobil diganti sesuai dengan spesifikasi buku manual service, Anda akan menjaga mesin mobil bersih dan terlindungi, serta menghemat waktu, uang dan tekanan. Pergantian oli terjadwal secara teratur adalah investasi yang membantu memastikan bahwa Anda akan berkendaraan di dalam kendaraan selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

3. Mengganti oli mesin melindungi suku cadang mesin lainnya.

 

Apa yang sebenarnya dilakukan oli di dalam mesin? Di dalam mesin ada banyak bagian penting yang membuat mesin mobil Anda berjalan seperti poros engkol dan batang penghubung. Batang ini mengontrol bagian piston mesin Anda. ada juga bagian lain yang disebut camshaft yang membantu membuka dan menutup katup buang kendaraan. Dengan mengganti oli di mesin kendaraan sangat penting untuk menjaga komponen-komponen ini bergerak dan berjalan dengan baik.


Segudang Manfaat Ganti Oli Secara Berkala


 

4. Tarikan gas terasa lebih baik atau terasa enteng.

 

Bagaimana cara kerjanya? Total jarak tempuh per galon dipengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk lingkungan, medan, kebiasaan berkendara, dan perawatan kendaraan. Tanpa perawatan yang tepat semua kotoran akan menumpuk di dalam mesin mobil sehingga menyebabkan gesekan. Gesekan adalah musuh kinerja mesin dan penghematan bahan bakar. Memastikan bahwa mesin mobil selalu memiliki oli yang bersih di dalamnya akan membantu mengurangi gesekan, memungkinkan mesin mobil berjalan lebih efisien dengan jarak tempuh terbaik.

 

5. Lulus uji emisi kendaraan dan ikut menjaga lingkungan sekitar.

 

Lulus uji emisi, itu adalah cara untuk mengetahui berapa banyak partikel hidrokarbon yang disemprotkan ke atmosfer. Jika oli tidak diganti secara teratur, oli kotor menyebabkan penumpukan hidrokarbon di dalam area kotak engkol mesin. Ini kemudian terbakar, menyebabkan lebih banyak hidrokarbon dilepaskan ke udara melalui knalpot kendaraan dan menyebabkan lingkungan tercemar. Maka dengan mengganti oli secara rutin Anda akan lulus uji emisi dan ikut dalam menjaga pelestarian lingkungan yang lebih baik.

 

6. Mengganti oli secara rutin membantu performa mesin yang lebih baik.

Seiring waktu, oli lama rusak karena terpapar panas. Ini menyebabkan kehilangan kemampuannya melumasi dinding silinder mesin. Lumpur atau kerak-kerak pada mesin akan mulai menumpuk di area yang menghalangi aliran ke bagian-bagian yang perlu dilumasi. Fungsi oli lainnya adalah untuk menarik panas dari bagian-bagian mesin. Jika mesin diselimuti kerak atau kotoran-kotoran yang mengendap pada akhirnya mesin akan berjalan kurang efisien dan menyebabkan performa mesin menurun.

 

Nah itu tadi sederet manfaat rutin ganti oli secara berkala agar mobil kalian tetap awet. Jika Sahabat membutuhkan perawatan mobil lainnya, bisa cek di website kami di www.garasi.id .

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Nov 2022 | 13:39 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidcaramengatasigantioliservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family