Sejarah Suzuki Karimun
Sejarah Suzuki Karimun

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

15 Agt 2022 | 13:42 WIB

Suzuki Karimun nama mobil yang sudah sangat familiar di Indonesia. Eksistensinya belum pudar, sejak generasi pertamanya mengaspal di Tanah Air pada medio 1998 sampai sekarang.

Namun pernahkah terbesit di benak, apa arti Karimun sebenarnya? Mengingat usia mobil mungil ini sudah menginjak ke-20 tahun di Indonesia. Ternyata sesuai namanya, Karimun merujuk pada nama kepulauan di Indonesia, yang letaknya berada di Laut Jawa dan termasuk ke dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

"Pertama kali diluncurkan pada 1998, kami memilih Karimun karena terinspirasi nama kepulauan di Tanah Air yang terkenal keindahannya," ujar Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama dalam siaran digital, Sabtu (10/10) melansir dari Kumparan.com.

Nama Suzuki Karimun juga spesial hanya untuk pasar Indonesia. Sebab, di luar negeri seperti di Jepang dan India menggunakan nama Wagon R. Karimun Wagon R buatan Indonesia juga diekspor ke Pakistan, menjadikannya salah satu mobil perkotaan yang terlaris. Mobil mungil ini menjadi model dengan jumlah ekspor terbanyak kedua setelah Ertiga sepanjang 2019 lalu.

Generasi Karimun dari masa ke masa

Salah satu yang cukup menarik untuk dibahas tentunya terkait spesifikasi yang ditawarkan. Selain sejarah Suzuki Karimun memang punya nilai histori yang menarik. City car andalan Suzuki ini dibekali mesin berkode F10A yang dikenal bandel. Mesin ini juga tersemat pada Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter yang sudah teruji ketangguhannya di Indonesia.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Di atas kertas mesin itu memiliki kubikasi 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 55 Hp dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.ertama kali dijajakan di Indonesia, mobil ini hanya tersedia dalam satu tipe saja. Banderol yang ditawarkan kala itu sebesar Rp 69.750.000 (on the road Jakarta).

Melihat tingginya animo terhadap produk ini, pihak pabrikan di tahun 2003 menawarkan Suzuki Karimun dalam dua tipe, yaitu DX dan GX. Pada tipe GX yang merupakan model tertinggi sudah dilengkapi roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Untuk interiornya sudah tersedia jam digital, laci dibawah penumpang depan, dan kantung di panel pintu depan. Dalam perjalanan sejarah Suzuki Karimun kotak ini sempat mengalami dua kali penyegaran yakni di tahun 2001 dan 2004. Dua tahun pasca facelift, generasi pertama Suzuki Karimun pun berakhir di tahun 2006.

Karimun Estilo

Pasca Karimun generasi pertama berhenti produksi. City car ini digantikan oleh Karimun Estilo yang dirancang dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India. Langkah sejarah Suzuki Karimun kembali terukir di tahun 2007, di mana Suzuki Karimun Estilo hadir di Indonesia, dan menjadi generasi kedua dari produk mobil perkotaan pabrikan berlogo ‘S’ itu.

Secara tampilan Suzuki Karimun Estilo punya desain yang cukup berbeda dibandingkan dengan generasi terdahulu. Jantung mekanis yang ditawarkan pun turut mendapatkan sentuhan baru. Untuk Karimun Estilo desain eksterior terlihat lebih membulat, sementara untuk jantung mekanisnya mengandalkan mesin berkode F10J, berkapasitas 1.100 cc.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Bila diperhatikan kesan boxy pada Suzuki Karimun seakan sirna pada Karimun Estilo. Tampilannya kala itu cukup menarik bagi masyarakat. Eksterior Karimun Estilo terlihat lebih modern, dibandingkan generasi terdahulu. Jantung pacu Suzuki Karimun Estilo berkapasitas 1.100 cc 16 valve injection dan microprocessor 32 bit dengan tenaga sebesar 65 PS.

Untuk urusan mesin, Suzuki kala itu sudah cukup dikenal melahirkan banyak produk yang punya konsumsi bahan bakar yang efisien. Ini juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Estilo. Mobil Suzuki sudah cukup terkenal sebagai produsen yang banyak melahirkan mobil-mobil terbaik dan hemat bahan bakar dan keunggulan ini juga hadir di Estilo.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Tenaga dari mesin tersebut hanya disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan saja. Tujuannya agar mobil ini bisa bersaing dengan mobil perkotaan lainnya, khususnya pada sisi harga yang ditawarkan. Kiprahnya di kancah industri otomotif Tanah Air sendiri cukup diperhitungkan.  Karimun Estilo menjadi salah satu pilihan city car yang menjanjikan tenaga yang responsif dan hemat bahan bakar.

Namun sayang, kala itu tak banyak fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur yang tersedia antara lain power window untuk semua kaca jendelanya, AC dilengkapi penghangat kabin, power steering elektrik, dan pengaturan arah sorot lampu depan.

New Karimun Estilo

Memasuki tahun 2009, Sejarah Suzuki Karimun kembali terukir. Di mana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan generasi teranyar dari Karimun Estilo. Produk ini mengusung mesin lebih kecil ketimbang pendahulunya, yakni 998 cc tiga silinder, namun tenaga yang disemburkan jauh lebih besar. Pasalnya, Estilo baru itu menggunakan mesin K10B dengan teknologi Double OverHead Camshaft (DOHC) injeksi. Mesin ini tenaga 68 PS dengan torsi 90 Nm.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Di produk ini, Suzuki menambahkan Smart Distributor-less Ignition (SDLi) yaitu pengapian tanpa distributor sehingga pengabutan berjalan lebih sempurna. Terkait perubahan eksterior, New Suzuki Karimun Estilo mendapatkan sentuhan baru pada bagian gril, bumper depan, dan sedikit memperbesar bodi. Terkait fitur yang ditawarkan tidak banyak mengalami ubahan.

Suzuki Karimun Wagon

Seiring perkembangan zaman, Karimun berganti konsep pada generasi ketiganya. Diluncurkan pada tahun 2013, Karimun akhirnya masuk ke dalam skema LCGC alias mobil murah ramah lingkungan. Saat itu Mumun resmi bernama Suzuki Karimun Wagon R.

Karimun LCGC ini punya mesin yang efisien. Hingga kini, penjualan Suzuki Karimun Wagon R juga tergolong baik bila dibandingkan dengan para kompetitornya. Wagon R ditunjang dengan beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup modern. Karimun Wagon R memiliki kabin dengan rancangan yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Selama ini mobil LCGC selalu identik dengan ruang kabin yang sempit, lain halnya dengan Suzuki Karimun Wagon R. Rancangan kursi belakang juga bisa mengakomodir pengguna untuk mengangkut penumpang atau sebagai ruang penyimpanan tambahan. Meskipun terlihat mungil, tapi Suzuki Karimun masih cukup nyaman. Desain dasbor dirancang sederhana, namun tetap eye catching dengan komposisi fabric bercorak warna kalem yang elegan. Panel instrumen di dasbor dilengkapi dengan panel cluster meter yang terlihat sportif.

Sejarah Nama Suzuki Karimun. Mengadopsi Nama Pulau di Indonesia

Fitur penunjang yang fungsional telah tersedia seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar dan luas mengakomodir kebutuhan. Untuk sektor jantung mekanis mengandalkan mesin K10B berkapasitas 998cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga memuntahkan 68 tenaga kuda dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 15 Agt 2022 | 13:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

suzukikarimunsejarahsuzukikarimunkarimungarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family