Mobil Toyota Supra
Mobil Toyota Supra

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

06 Nov 2019 | 11:32 WIB
BAGIKAN

Tahun ini merupakan tahun dimana dunia otomotif diramaikan oleh munculnya mobil-mobil klasik yang memiliki tenaga buas. Sulit dipungkiri jika era mobil sport Japan Domestic Market (JDM) era’80 – ’90an tak lekang dimakan zaman. Sebut saja Honda NSX, Mazda RX-7, Nissan 300ZX, Mitsubishi 3000GT, Nissan Skyline GT-R hingga mobil Toyota Supra, semuanya bahkan menjadi idola hingga zaman now. 
Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Apalagi setelah Nissan menghidupkan kembali GTR dan Honda menghadirkan NSX, rasanya saat ini adalah waktu yang tepat bagi Toyota untuk kembali menghidupkan salah satu model mobil yang memiliki sejarah paling kental, Toyota Supra. Nah, kali ini Garasi akan membahas tentang sejarah mobil Toyota yaitu Toyota Supra dari awal mulai terbentuk hingga menjadi model Toyota GR Supra.



Sejarah mobil Toyota GR Supra

Sejarah mobil Toyota Supra berawal di tahun 1978 silam dimana untuk pertama kalinya model Mark I atau MK I ini lahir di Jepang. Basis model mobil Toyota Supra yang akhirnya menjadi Toyota GR Supra sekarang merupakan pengembangan dari sebuah model mobil sport coupe Toyota Celica Liftback. Mobil Toyota Celica Liftback sendiri adalah model mobil bergaya fastback coupe yang diproduksi dari tahun 1978 hingga 1981 dan mulai di ekspor keluar Jepang pada tahun 1979 untuk generasi pertamanya.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Kehadiran generasi pertama mobil Toyota Supra, masih menjadi satu keluarga dengan Toyota Celica yang dinamai Toyota Celica Supra atau Celica XX. Ada tiga jenis mesin yang saat itu digunakan mobil Toyota Supra berkode sasis A40, M-EU 1.998 cc, 4M-E 2.563 cc dan 5M-E 2.759 cc. Ketiganya hadir dalam konfigurasi piston enam silinder segaris. Selama tiga tahun sejak kemunculannya, Toyota melakukan perubahan dan pengembangan kembali terhadap model Toyota Supra MK I sehingga lahirlah Toyota Supra MK II Celica XX dengan kode sasis A60.



Toyota Supra MK II

Hadirnya mobil Toyota Supra MK II dengan kode sasis A60 terbilang sangat sukses. Model mobil tersebut diakui oleh pasar global seperti di Benua Eropa serta Inggris Raya karena berhasil meraih gelar di ajang US Grand Prix pada tahun 1979 dan British Saloon Car Championship.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Mesin bertenaga induksi diperkenalkan pertama kali pada mobil Toyota Supra Mark II atau MK II lewat M-TEU 1.998 cc Turbocharger dan M-TE 1.998 cc Turbocharger. Empat lainnya 1G-EU dan 1G-GEU 1.998 cc serta 5M-E dan 5M-GE 2.759 cc hadir dengan Normally Aspirated (N/A) enam silinder segaris.




Toyota Supra MK III

Berpisahnya mobil Toyota Supra dari keluarga Celica sempat menjadikan generasi ketiga Supra ini hadir terlambat di pasar. Toyota melakukan peremajaan kembali pada mobil Toyota Supra dengan kode sasis A60 ini. Berbeda dengan model sebelumnya, ubahan paling mencolok pada model MK III bisa dilihat dari lampu utamanya yang menggunakan model pop up. Kala itu, model lampu pop up bisa dikatakan hal yang wajib ada di setiap mobil sport.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Namun saat itu, Toyota Supra benar-benar menjadi model sports baru di jajaran mobil Toyota. Apalagi, Toyota Supra mempertahankan sistem penggerak roda belakang, sementara Celica menjadi mobil berpenggerak roda depan. Di balik kap mesinnya, mobil Toyota Supra tetap menggunakan mesin 6-silinder segaris, kali ini dengan kapasitas 3,0 liter yang mampu mencurahkan tenaga hingga 200 hp dan torsi 266 Nm.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Mobil Toyota Supra Turbo diperkenalkan pada tahun 1987 sudah memiliki intercooled, turbo dengan mesin 6-silinder 3.0 liter bertenaga 230 tenaga kuda. Supra Turbo juga sudah memiliki pendingin oli mesin dan spoiler belakang yang terintegrasi, limited slip differential (LSD), TEMS, Anti-Lock Braking System (ABS). Tetapi pada tahun ini hanya 1000 model yang diproduksi. Tidak banyak perubahan sampai dikeluarkannya Supra Mark IV tahun 1992.



The ‘Real’ Toyota Supra

Mobil Toyota Supra generasi ke-4 atau MK IV ini menjadi Supra yang paling dikenang sepanjang masa. Dengan performa dan ketenarannya baik di ajang balap maupun layar perak, Supra MK IV menjadi salah satu mobil sport Toyota yang paling populer. Para insinyur di Toyota memang fokus untuk menjadikan Supra ini sebagai mobil sport yang hebat, tak heran jika dari sisi bobot, Supra ini bahkan lebih ringan hingga 100 kg dibandingkan model sebelumnya.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Bahkan Toyota mengupgrade mesin Supra dengan meningkatkan keluaran daya sampai 320 hp pada 5600 rpm. Mobil Toyota Supra Mark IV (A80) dipersenjatai oleh mesin andalan Toyota 2JZ-GE yang menyemburkan daya sebesar 220 hp di 5800 RPM dengan dua pilihan transmisi manual 6 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan. Supra Mark IV juga diproduksi dengan pilihan mesin Twin Turbo yaitu Toyota 2JZ-GTE yang bisa menyemburkan daya sebesar 276 hp.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Varian turbocharged bisa mencapai 0-100 km/h dalam 4,6. detik dan 13,1 detik pada jarak 402 m dengan kecepatan puncak 175 km/h. Versi turbo memiliki top speed 285 km/h, tapi mobil dibatasi hanya 180 km/h di Jepang dan 250 km/h di tempat lain. Mesin twin turbo pada mobil Toyota Supra berfungsi secara sequential yaitu turbo pertama akan bekerja pada RPM yang rendah dan turbo kedua bekerja pada rpm tinggi jadi tenaga yang dikeluarkan lebih efisien.

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Namun, sayangnya, Toyota harus menyuntik mati mobil Toyota Supra pada tahun 2002 dikarenakan peraturan emisi gas buang. Banyak sekali para pecinta otomotif yang berduka karena mereka tidak akan bisa melihat lagi perkembangan selanjutnya dari model mobil legendaris tersebut.

Toyota GR Supra

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Setelah hampir 1 dekade lebih banyak desas desus mobil Toyota Supra akan dkembangkan lagi, pada tahun 2019 akhirnya lahirlah sebuah mobil legendaris yang sudah mendapatkan teknologi terkini, Toyota GR Supra. Di Indonesia sendiri, mobil Toyota GR Supra dipajang di salah satu gelaran otomotif internasional GIIAS 2019. 

Dilihat dari segi desain, bagian atap dari mobil Toyota GR Supra mengingatkan pada mobil sport tradisional Toyota 2000 GT. Toyota sendiri mengklaim desain atap tersebut dinamakan Double Bubble Roof yang mampu mengurangi gesekan udara sehingga akselerasi dan performa mobil menjadi lebih mumpuni. Di bagian kokpit sendiri, Toyota merancang mobil Toyota GR Supra dengan konsep driver’s oriented dimana kenyamanan pengendara adalah hal yang diutamakan. 

Sejarah Mobil Toyota GR Supra. Akankah Menjadi Legenda?

Sesuai tradisi dari generasi ke generasi, mobil Toyota GR Supra masih menggunakan mesin penggerak roda belakang. Hal itu ternyata tidak ingin Toyota hilangkan agar para penggemar Supra masih dapat merasakan esensi historis dari mobil legendaris ini. Khusus untuk generasi kelima, Toyota Supra 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga yaitu mesin 3.000 cc 6 silinder segaris Twin Scroll Turbocharger dan dua lainnya menerapkan 2.000 cc turbo.

Nah, soal harga, buat mendapatkan mobil ini kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam karena mobil Toyota GR Supra dibanderol dengan mencapai hampir 2 miliar OTR Jakarta.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 07 Nov 2019 | 17:02 WIB
BAGIKAN