Sebelum Membuka Pintu, Perhatikan Posisi Samping Mobil
Sebelum Membuka Pintu, Perhatikan Posisi Samping Mobil

Sembarangan Buka Pintu Mobil, Nahas Akibatnya!

08 Okt 2023 | 10:00 WIB

Sahabat sebagai pemilik mobil, termasuk penumpang yang didalamnya wajib mengetahui cara membuka pintu mobil yang aman agar terhindar dari kecelakaan dan juga modus kejahatan di jalan raya.


Karena, tidak sedikit kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh hal yang dianggap sepele, yaitu pengemudi atau penumpang yang hendak keluar saat membuka pintu mobil. Ya, membuka pintu sejatinya hal biasa yang dapat dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang tua atau Sahabat sendiri. 


Hati-Hati Ketika Membuka Pintu Mobil

Hati-Hati Ketika Membuka Pintu Mobil


Ingat Sahabat, selalu perhatikan kondisi di area luar sekitar mobil jika ingin membuka pintu. Apalagi di jalan raya, bukan tak mungkin membuka pintu justru jadi bencana, karena jadi penyebab kecelakaan. Bila perlu, kamu membantu beri peringatan ke penumpang sebelum membuka pintu mobil.


Untuk menghindari kejadian nahas seperti itu, Sahabat bisa ikuti cara membuka pintu mobil yang aman agar tidak tertabrak kendaraan lain dari samping mapun belakang mobil berikut ini.


Waspada Kendaraan dari Samping Mobil

Waspada Kendaraan dari Samping Mobil


  • Perhatikan Kondisi Sekitar

Ketika Sahabat hendak masuk dan keluar mobil, sudah seharusnya kamu melihat kondisi sekitar sebelum membukanya. Jika berada di dalam mobil, kamu juga jangan hanya mengecek melalui kaca spion, tetapi juga bisa langsung menengok kepala kebelakang dengan tujuan memeriksa setiap sisi yang tak terlihat di kaca spion. Menengok ke luar mobil sebenarnya memiliki fungsi tambahan yakni memastikan di sekitar mobil tidak ada orang yang punya niat kejahatan.


Akibat Sembarangan Buka Pintu, Mobil Bisa Penyok

Akibat Sembarangan Buka Pintu, Mobil Bisa Penyok


  • Buka Pintu Mobil Perlahan

Membuka pintu mobil memang sangat mudah dan biasa dilakukan penumpang. Akan tetapi, jika hendak membuka pintu, sebaiknya tak perlu terburu-buru. Ada baiknya ketika membuka pintu, maka bukalah pintu sedikit dulu, sembari memastikan kondisi sekitar aman. Dengan membuka sedikit pintu membuat orang lain yang ada di belakang mengetahui serta antisipasi bahwa ada seseorang yang akan keluar dari mobil.


  • Saling Memberi Tahu Kondisi di Luar Mobil

Ketika bepergian bersama keluarga, teman atau kerabat, maka saat hendak keluar mobil setidaknya saling memberi tahu. Paling tidak Sahabat atau siapapun yang masih berada di dalam mobil, menginformasikan kondisi di luar.


Jangan pernah langsung membuka pintu mobil meski kondisi jalan sedang sepi dan aman, termasuk ketika buru-buru. Lakukan langkah ini dengan tetap menengok ke belakang dan depan untuk memastikan kondisi aman.


Cek Kondisi Belakang Mobil

Cek Kondisi Samping Mobil


  • Pastikan Mobil Berhenti di Tempat Aman

Sebelum membuka pintu, sebaiknya Sahabat pastikan mobil berhenti di tempat aman, jangan di tempat terlalu ramai lalu lintas atau sempit. Jika terlalu ramai, tentu bisa sangat berbahaya karena ada kendaraan bermotor melintas. Sedangkan jika terlalu sempit, maka selain akan sulit membuka pintu, hal itu justru membuat pintu mobil jadi cepat lecet karena berbenturan.


  • Buka Pintu Saat Kondisi di Luar Aman

Jika Sahabat sudah keluar karena kondisi aman, tidak ada salahnya untuk membantu membukakan pintu untuk penumpang, baik itu teman, keluarga, orang tua dan anak. Tetap waspada ketika membukakan pintu, setidaknya kamu juga harus tetap berhati-hati dan melihat kondisi sekitar. 


Buka Pintu Mobil Dengan Tenang

Buka Pintu Mobil Dengan Tenang


  • Tetap Memegang Pintu Mobil

Saat hendak keluar, sebaiknya pintu jangan langsung dibuka secara lebar dengan cara didorong. Sebaliknya Sahabat tetap memegang pintu dengan tangan. Hal ini dilakukan agar kita tetap waspada dari resiko tiba-tiba ada kendaraan yang lewat dan ngebut, sehingga kamu bisa langsung menutupnya. Selain itu, hal ini juga bisa menghindari dari upaya kejahatan dan menghindari pintu dari resiko rusak.


Demikian Sahabat, cara menghindarai kejadian nahas saat membuka pintu mobil agar tidak celaka. Meski dalam kondisi aman sekali pun, jangan melepas pintu seketika dibuka. Momentum yang dihasilkan dari gerakan pintu bisa berakibat fatal jika menabrak orang atau benda lain di sekitar mobil. Segeralah tutup pintu sesaat setelah kamu keluar.


Sembarangan Buka Pintu Mobil, Nahas Akibatnya!


Sahabat juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review, dan Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di website serta mobile www.Garasi.id. Nikmati juga Promo Terbaik Jasa Servis dari bengkel terpercaya yang cocok untuk mobil kesayangan kamu.


Kebahagiaan adalah saat berkendara bersama keluarga tercinta dengan aman. Selamat berkendara Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 10 Okt 2023 | 22:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikpintumobilbukapintupintutertabrakterhindarkecelakaanartikelotomotifservismobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family