Perawatan Rem Hidrolik Menjadi Kunci Untuk Menjaga Performa Mobil Dalam Kondisi Prima
Perawatan Rem Hidrolik Menjadi Kunci Untuk Menjaga Performa Mobil Dalam Kondisi Prima

Sepelekan Perawatan Rem Mobil , Celaka Akibatnya

30 Des 2023 | 21:00 WIB

Rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Komponen ini berfungsi untuk menahan kecepatan sehingga mobil bisa melambat atau bahkan berhenti. Perlu Sahabat ketahui dalam mobil, terdapat tiga jenis rem yaitu rem mekanik, rem angin dan rem hidrolik.


Rem hidrolik merupakan jenis sistem pengereman yang menggunakan tekanan minyak dari tuas rem untuk mendorong piston. Pengoperasian rem hidrolik cukup mudah digunakan karena hanya membutuhkan satu jari saja. Kelebihan ini pastinya membuat sistem pengereman menjadi lebih mudah dilakukan serta membuat tangan tidak cepat lelah. Sistem ini pastinya juga sangat membantu khususnya saat Sahabat berkendara di medan yang berbatu atau terjal.


Meski mudah digunakan, akan tetapi sistem ini juga memiliki kekurangan terutama dalam hal perawatannya. Sangat berbahaya ketika Sahabat berkendara dengan mobil kesayangan tiba-tiba rem tidak pakem seperti biasanya, akibatnya bisa terjadi kecelakaan dengan pengendara lain. 


Lakukan Perawatan Agar Daya Pengereman Lebih Maksimal atau Pakem

Lakukan Perawatan Agar Daya Pengereman Lebih Maksimal atau Pakem


Sahabat juga harus rutin mengecek rem mobil secara berkala serta membutuhkan alat khusus untuk perawatannya. Bagaimana Sahabat, hari ini kamu sudah servis rem hidrolik mobil di bengkel langganan kamu belum? Dalam proses sistem kerjanya, rem hidrolik terdiri dari berbagai komponen yang saling terhubung satu sama lain. Berikut komponen utama pada sistem pengereman hidrolik mobil, antara lain:


  • Pedal Rem atau Tuas Rem

Sahabat pasti sering menemui pedal rem atau tuas rem yang disebut juga sebagai input device. Hal ini karena pedal rem berfungsi sebagai input yang digunakan untuk mengetahui kapan waktunya rem akan aktif dan kapan rem akan non aktif. Singkatnya, saat pedal rem ditekan maka rem tersebut akan aktif. Dalam hal ini pedal bertugas untuk memasukkan daya tekan yang dari pengemudi agar sistem hidrolik rem dapat bergerak.


Setiap Bagian Memiliki Peran Penting Dalam Menjaga Kinerja Sistem Pengereman

Setiap Bagian Memiliki Peran Penting Dalam Menjaga Kinerja Sistem Pengereman


  • Master Silinder

Master silinder merupakan komponen rem hidrolik yang berfungsi untuk mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik ya Sahabat. Pengubahan ini berguna karena prinsip kerja sistem hidrolik ini adalah dengan menggunakan tekanan yang berasal dari fluida. Selanjutnya energi gerak yang berasal dari pedal akan ditransfer ke tekanan hidrolik oleh master silinder tersebut.


Master silinder sendiri terdiri dari tabung dan piston. Piston pada bagian ini terhubung dengan pedal rem yang kemudian akan bergerak bolak balik di dalam tabung. Gerakan piston inilah yang akan mempengaruhi ruang di dalam tabung sehingga jika di dalam tabung terdapat fluida maka tekanan tersebut akan berubah mengikuti gerakan dari piston.


Pastikan Minyak Rem Sudah Terisi Cukup

Pastikan Minyak Rem Sudah Terisi Cukup


  • Reservoir Tank

Reservoir tank merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan cadangan minyak rem atau fluida untuk dimanfaatkan sebagai penyalur tenaga. Cara kerjanya berfungsi untuk menghindari risiko masuk angin yang menyebabkan rem blong.


Masuk angin sendiri merupakan istilah untuk menyebut dimana terdapat udara yang masuk ke dalam sistem hidrolik. Ketika udara dikompresi maka tekanan fluida akan meningkat sehingga menyebabkan rem ngempos saat ditekan.


  • Pipa Hidrolik

Pipa atau selang hidrolik merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya fluida atau minyak rem yang bertekanan. Tekanan fluida hidrolik biasanya cukup tinggi sehingga pipa hidrolik ini harus dibuat dari bahan yang khusus.


Pada sistem pengereman, biasanya terdapat dua jenis pipa yaitu pipa logam dan pipa elastis. Normalnya, pipa hidrolik ini terbuat dari bahan logam sehingga tidak mudah ditekuk karena tekanan fluida di dalam selang cukup tinggi.


Terhindar Dari Potensi Bahaya Saat Harus Rem Mendadak

Terhindar Dari Potensi Bahaya Saat Harus Rem Mendadak


  • Caliper / Actuator Rem

Caliper atau actuator rem berfungsi untuk mengubah kembali energi bertekanan fluida menjadi bentuk gerakan mekanis. Hal ini bertujuan agar energi bisa digunakan untuk menggerakkan kampas rem sehingga bisa menekan piringan rem.


Pada mobil keluaran terbaru, hampir semua sistem pengereman telah menggunakan prinsip hidrolik sebagai penggeraknya. Sistem pengereman jenis ini lebih mudah digunakan sehingga memberikan keamanan yang lebih maksimal.


Meskipun begitu, Sahabat tetap perlu rutin merawat sistem rem hidrolik ini agar semua komponennya bisa bekerja dengan optimal. Dengan cara ini, proses pengereman juga dapat berjalan dengan lebih maksimal. Namun yang terpenting adalah sebelum Sahabat mulai berkendara, pastikan kamu telah servis rem mobil kesayangan kamu secara berkala.


Sepelekan Perawatan Rem Mobil , Celaka Akibatnya


Garasi.id setiap bulannya selalu memberikan promo terbaik serta peduli kebutuhan Sahabat dalam perawatan mobil. Kamu bisa nikmati Promo GASPOL yang berikan diskon hingga 90% untuk servis berkala, ganti oli, servis AC, spooring & balancing dan masih banyak lagi sesuai kota tercinta kamu masing-masing dibawah ini.



Promo ini berlaku sampai dengan 31 Januari 2024. Syarat dan ketentuan berlaku. Jika terdapat kendala, Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Pastikan selalu melakukan servis rem mobil secara rutin agar daya pengereman mobil kesayangan Sahabat lebih maksimal dan tetap nyaman saat dikendarai.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Jan 2024 | 11:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikremmobilremhidrolikservisremoliremkomponenremperawatanremperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family